OLEH:
NAMA :
DEVY INTAN PUJIAWATI, S. Pd
NIM : 147855040
KELAS :
B
2014
A. PENDAHULUAN
Udang-undang
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 angka 14
menyatakan bahwa, Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang
ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun, yang dilakukan
melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan
perkembangan jasmani dan rohani, agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki
pendidikan lebih lanjut. Sementara itu, pasal 28 menyatakan bahwa (1)
Pendidikan anak usia dini diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar. (2)
Pendidikan anak usia dini dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan,
formal, non-formal, dan/ atau informal. (3) Pendidikan anak usia dini pada
jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-kanak (TK), Raudhatul Athfal
(RA), atau bentuk lain yang sederajat. (4) Pendidikan anak usia dini pada jalur
pendidikan non-formal berbentuk Kelompok Bermain (KIB), Taman Penitipan Anak
(TPA), atau bentuk lain yang sederajat. (5) Pendidikan anak usia dini pada
jalur pendidikan informal berbentuk pendidikan keluarga atau pendidikan yang
diselenggarakan oleh lingkungan.
Dilihat dari segmentasi usia
Pendidikan Taman Kanak-Kanak, sesuai dengan pasal 1 ayat 4 Peraturan Pemerintah
Republik Indonesia No. 17 tahun 2010, secara spesifik menangani anak-anak usia
4-6 tahun. Disamping itu Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun
2009, tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, telah memberikan
rambu-rambu penyelenggaraan pendidikan anak usia dini agar sejalan dengan
standar pelayanan minimum yang diamanatkan undang-undang, termasuk didalamnya
penyelenggaraan Pendidikan Taman Kanak-kanak. Dalam tataran teknis, rambu-rambu
yang diuraikan pada Permendiknas tersebut perlu diuraikan lebih lanjut, agar
lebih mudah dipahami dan diimplementasikan dalam penyelenggaraan Pendidikan di
Taman Kanak-kanak. Terlebih lagi sebagai satuan pendidikan anak usia dini pada
jalur formal, Pendidikan Taman Kanak-kanak perlu didukung oleh berbagai standar
pelayanan untuk lebih menjamin penyelenggaraan pendidikan sejalan dengan
rambu-rambu yang ditetapkan, termasuk didalamnya pemberian contoh, formulasi,
serta hal-hal lain yang relevan dengan karakteristik penyelenggaraan Pendidikan
di Taman Kanak-kanak. Berdasarkan pertimbangan di tersebut, dipandang perlu
mendirikan Taman Kanak-Kanak Intan Kasih yang merupakan tempat pendidikan bagi
anak usia dini.
B.
TUJUAN
Adapun
tujuan dari pelaksanaan Taman Kanak-Kanak “ INTAN KASIH” ialah :
1. Meningkatkan
kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan bagi anak usia dini.
2.
Membimbing dan
mengarahkan agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal.
3.
Membantu meletakkan
dasar kearah perkembangan sikap pengetahuan ketrampilan dan daya cipta anak
dalam pertumbuhan serta perkembangan anak berikutnya.
C.
VISI
”MENYIAPKAN GENERASI YANG BERIMAN DAN BERTAQWA, BERBUDI PEKERTI LUHUR,
PRIMA DALAM KWALITAS, UNGGUL DALAM PRESTASI DAN SANTUN DALAM BERBUDAYA”.
D.
MISI
1. Memberikan
pelayanan sesuai dengan kebutuhan anak
2.
Mengembangkan ketrampilan yang dimiliki anak
3. Memberikan,
menciptakan, dan menumbuhkan kecintaan anak pada pembiasaan
ajaran agama.
4.
Meletakkan dasar kearah perkembangan
sikap pengetahuan ketrampilan dan daya cipta anak dalam pertumbuhan serta
perkembangan anak berikutnya.
E.
LOKASI
TK “INTAN KASIH” bertempat di Jl.
Purubaya II blok A no 24 Magetan, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan. Tlp
(0351) 893688. Kode Pos 63313
F.
LUAS TANAH
Gedung Tanam Kanak-Kanak “INTAN KASIH”
dibangun diatas tanah bersertifikat seluas + 4500 m2 serta
luas bangunannya 1.050 m2
G.
SARANA DAN PRASARANA
1. Prasarana/
Fasilitas
a. Luas Tanah : 4.500 m2
b. Luas Bangunan : 1.050 m2
c. Luas Halaman Bermain : 50 m2 d. Status Pemilikan Tanah : Sendiri
e. 2 Ruang kelas
f. Ruang bermain didalam
h. 3 Ruang tidur anak
a. Luas Tanah : 4.500 m2
b. Luas Bangunan : 1.050 m2
c. Luas Halaman Bermain : 50 m2 d. Status Pemilikan Tanah : Sendiri
e. 2 Ruang kelas
f. Ruang bermain didalam
h. 3 Ruang tidur anak
i. 1 Ruang Kantor
j. 4 Ruang Kamar mandi
k. Ruang bermain di luar
l. 1 Ruang dapur
m. 1 Ruang Pos satpam
n. Taman
p. Tempat orang tua menunggu
2. Sarana
Pendidikan :
2.1
Inventaris
No
|
Nama Barang
|
Banyak
|
1.
2.
3.
|
Kursi 4
Kelas(A1, A2, B1, B2)
@ 20
Kursi.
Meja 4
Kelas(A1, A2, B1, B2)
@ 20 Meja.
Meja
kepala sekolah, guru, dll
|
80 Kursi
80 Meja
9 Meja
|
2.2 APE
Indoor
No
|
Nama Barang
|
Banyak
|
1.
|
Macam-macam balok
|
6 pack
|
2.
|
Miniatur Hewan
|
15 buah
|
3.
|
Miniatur Buah-buahan
|
17 buah
|
4.
|
Miniatur Perabotan rumah
|
5 pack
|
5.
|
Miniatur Perabotan dapur
|
7 pack
|
6.
|
Miniatur Alat pertukangan
|
8 pack
|
7.
|
Alat-alat kesenian
|
10 pack
|
8.
|
Clay
|
50 buah
|
9.
|
Lego (besar, sedang, kecil)
|
20 pack
|
10.
|
Puzzle (Hewan, Buah-buahan, Rumah, Boneka, Kartun,
dll)
|
24 buah
|
11.
|
Macam-macam boneka (Boneka tangan, Boneka Jari)
|
14 buah
|
12.
|
Panggung boneka
|
4 buah
|
13.
|
Bentuk-bentuk geometri
|
10 buah
|
14.
|
Origami
|
40 pack
|
Out Door
No.
|
Nama Barang
|
Banyak
|
1.
|
Seluncuran
|
1 buah
|
2.
|
Ayunan
|
1 buah
|
3.
|
Jungkat-jungkit
|
1 buah
|
4.
|
Bak Pasir
|
1 buah
|
5.
|
Putaran
|
1 buah
|
6.
|
Ban
|
5 buah
|
7.
|
Panjat-panjatan
|
1 buah
|
8.
|
Alat permainan di taman
|
8 buah
|
H. JADWAL
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAMAN KANAK-KANAK
“INTAN KASIH”
JL. PURUBAYA II NO 24 KECAMATAN
MAGETAN KABUPATEN MAGETAN
Telp. (0351) 893688/
085648877346. Kode Pos 63313
JADWAL KEGIATAN
No
|
Hari
|
Waktu Pembelajaran
|
Waktu Extra
|
Keterangan
|
Guru Extra
|
1
|
Senin
|
07.30 – 10.30 WIB
|
10.30 –
11.30 WIB
|
Extra Drum
Dand
|
Didik D
W.,S.Pd
|
2
|
Selasa
|
07.30 – 10.30 WIB
|
10.30 –
11.30 WIB
|
Extra Tari |
Intan Sari.,S.Sn |
3
|
Rabu
|
07.30 – 10.30 WIB
|
10.30 –
11.30 WIB
|
Extra Baca
Tulis Al-Quran (Muslim)
Persekutuan
doa (non Muslim)
|
Heru
S.,S.Ag
|
4
|
Kamis
|
07.30 – 10.30 WIB
|
10.30 – 11.30
WIB
|
Extra Calistung
(baca, tulis, hitung)
|
Mira Ika., S.Pd
|
5
|
Jumat
|
07.30 – 10.30 WIB
|
10.30 –
11.30 WIB
|
Extra
Menggambar
|
Nikma
P,.S.Sn
|
6
|
Sabtu
|
07.30 – 10.30 WIB
|
10.30 –
11.30 WIB
|
Extra
Bahasa Inggris
|
Fitri
R,.S.Pd
|
Keterangan :
1.
Extra Drum
Band
Diadakan
mengingat drum band sebagai wadah penyaluran bakat minat serta multiple intelegensi
anak dalam kecerdasan musicalnya. Dalam extra drum band anak di ajarkan tata
cara bermain drum band, mengenali nada-nada, serta tampil dalam parade drum
band.
2.
Extra Tari
Diadakan
mengingat tari sebagai wadah penyaluran bakat minat serta multiple intelegensi
anak dalam kecerdasan kinestheticnya. Dalam extra tari anak di ajarkan menari
dengan gemulai, mengetahui gerakan-gerakan tari, serta irama dan gerak yang ada
di dalam tarian.
3.
Extra Baca
Tulis Al-quran
Diadakan
mengingat baca tulis Al-quran sebagai wadah penyaluran bakat minat serta multiple
intelegensi anak dalam kecerdasan spiritualnya bagi anak-anak muslim. Dalam
extra baca tulis Al-quran anak di ajarkan mengenali huruf-huruf hijaiah serta
menulis huruf hijaiyah.
Persekutuan doa
Diadakan
mengingat persekutuan doa sebagai wadah penyaluran bakat minat serta multiple
intelegensi anak dalam kecerdasan spiritualnya bagi anak-anak non muslim. Dalam
persekutuan doa anak diberi siraman rohani oleh pendeta.
4.
Extra
Calistung (baca, tulis, hitung)
Diadakan
mengingat calistung sebagai wadah penyaluran bakat minat serta multiple
intelegensi anak dalam kecerdaasan linguistic (membaca dan menulis) dan
kecerdasan logical matematichnya (menghitung). Dalam extra baca, tulis, hitung
anak diajarkan untuk membaca kata kemudian kalimat. Anak juga diajarkan cara
menulis kata dan kalimat tersebut. Anakpun juga diajarkan mengenai menghitung
angka sederhana.
5. Extra Menggambar
Diadakan
mengingat Extra menggambar sebagai wadah penyaluran bakat minat serta mengembangkan
kemampuan seninya. Dalam extra menggambar anak diajarkan untuk mengambar yang
benar, serta diajarkan percampuran warna (degradasi warna).
6. Extra Bahasa Inggris
Diadakan
mengingat Extra bahasa inggris sebagai wadah penyaluran bakat minat serta mengembangkan
kemampuan berbahasa anak. Dalam extra bahasa Inggris anak diajarkan untuk
mengingat vocabulary bahasa Inggris sederhana.
I. KURIKULUM
Kurikulum di TK INTAN KASIH menggunakan kurikulum 2010
(Terlampir)
J. RENCANA MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN BCCT
Model pemnbelajaran anak usia dini melalui
pendekatan BCCT(beyond centers and circle times= sistem sentra saat lingkaran)
dengan menggunakan empat pijakan antara lain; pijakan lingkungan main, pijakan
sebelum main, pijakan selama main, dan pijakan setelah main.
Pendekatan pembelajaran yang dalam proses
pembelajarannya dilakukan di dalam “lingkaran” (circle times) dan sentra bermain. Lingkaran adalah saat dimana
guru duduk bersama anak dengan posisi melingkar untuk memberikan pijakan kepada
anak yang dilakukan sebelum dan sesudah bermain. Sentra bermain adalah zona
atau area bermain anak yang dilengkapi dengan seperangkat alat bermain yang
berfungsi sebagai pijakan lingkungan yang diperlukan untuk mengembangkan
seluruh potensi dasar anak didik dalam berbagai aspek perkembangan secara
seimbang. Setiap sentra mendukung perkembangan anak dalam tiga jenis bermain
yaitu bermain sensorimotor atau fungsional, bermain peran dan bermain
konstruktif (membangun pemikiran anak).
Bermain sensorimotor adalah menangkap
rangsangan melalui penginderaan dan menghasilkan gerakan sebagai reaksinya.
Anak TK belajar melalui panca inderanya dan melalui hubungan fisik dengan
lingkungan mereka. Misalnya menakar air, meremas kertas bekas, menggunting, dan
lain-lain. Bermain peran terdiri dari bermain peran makro (besar) dan bermain
peran mikro/kecil (bermain simbolik, pura-pura, fantasi, imajinasi, atau
bermain drama). Anak bermain dengan benda untuk membantu menghadirkan konsep
yang telah dimiliknya.
Bermain konstruktif menunjukkan kemampuan
anak untuk mewujudkan pikiran, ide, dan gagasannya menjadi sebuah karya nyata.
Ada dua jenis bermain konstruktif, yaitu bermain konstruktif sifat cair (air,
pasir, spidol, dan lain-lain) dan bermain konstruktif terstruktur (balok-balok,
lego, dan lain-lain).
Sentra Bermain yang ada di TK INTAN KASIH terdiri
dari :
a. Sentra Bahan Alam dan Sains
Bahan-bahan yang diperlukan di sentra ini
adalah daun, ranting, kayu, pasir, air, batu, biji-bijian, dan lain-lain. Alat
yang digunakan diantaranya sekop, saringan, corong, ember, dan lain-lain.
b. Sentra Balok
Sentra balok berisi berbagai macam balok
dalam berbagai bentuk, ukuran, warna dan tekstur. Disini anak belajar banyak
hal dengan cara menyusun/menggunakan balok, mengembangkan kemampuan logika
matematika/berhitung permulaan, kemampuan berpikir dan memecahkan masalah.
c. Sentra Seni
Bahan-bahan yang diperlukan di sentra ini
adalah kertas, cat air, krayon, spidol, gunting, kapur, tanah liat, pasir,
lilin, kain, daun, potongan-potongan bahan/gambar. Sentra seni memfasilitasi
anak untuk memperluas pengalaman yang dimiliki anak ke dalam karya nyata (hasil
karya) melalui metode proyek.
d. Sentra Bermain Peran
Sentra bermain peran terdiri dari; sentra
bermain peran makro dapat menggunakan anak sebagai model. Sentra bermain peran
mikro misalnya menggunakan boneka, maket meja-kursi, rumah-rumahan dan
sebagainya.
e. Sentra Persiapan
Bahan yang ada pada sentra ini adalah
buku-buku, kartu kata, kartu huruf, kartu angka dan bahan-bahan untuk kegiatan
menyimak, bercakap dan persiapan menulis serta berhitung. Kegiatan yang
dilaksanakan adalah persiapan membaca permulaan, menulis permulaan serta
berhitung permulaan. Mendorong kemampuan intelektual anak, gerakan otot halus,
koordinasi mata-tangan, belajar keterampilan sosial (berbagi, bernegosiasi dan
memecahkan masalah).
f. Sentra Agama
Bahan-bahan yang disiapkan adalah berbagai
maket tempat ibadah, perlengkapan ibadah, gambar-gambar, buku-buku cerita
keagamaan, dan sebagainya. Kegiatan yang dilaksanakan adalah menanamkan
nilai-nilai kehidupan beragama, keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha
Esa.
g. Sentra Musik
Bahan yang dibutuhkan pada sentra musik,
misalnya botol beling/kaca, tempurung kelapa, rebana, tutup botol, triangle,
dan lain-lain. Sentra musik memfasilitasi anak untuk memperluas pengalamannya
dalam menggunakan gagasan mereka melalui olah tubuh, bermain musik dan lagu
yang dapat memperluas pengalaman dan pengetahuan anak tentang irama, birama
(ketukan), dan mengenal berbagai bunyi-bunyian dengan menggunakan alat-alat
musik yang mendukung, misalnya pianika, piano, rebana, dan lain-lain.
K. Pengelolaan
Kelas
Pengelolaan kelas di TK INTAN KASIH
melalui model pembelajaran sentra meliputi pengelolaan secara klasikal,
kelompok, dan individual. Pada saat kegiatan pembukaan, saat kegiatan penutup,
dan saat makan bersama, guru menggunakan pengelolaan secara klasikal, tetapi
pada saat kegiatan inti menggunakan pengelolaan secara kelompok atau
individual. Untuk itu, hal-hal yang dilakukan oleh guru adalah sebagai berikut
:
1. Sentra bermain dirancang dan
direncanakan, sehingga semua peserta didik dapat mengikuti kegiatan untuk
mencapai tahap perkembangan.
2. Kegiatan pembelajaran dilengkapi dengan
sentra-sentra yang diperlukan hari itu
3. Jumlah dari kegiatan dan ragam
kesempatan masing-masing sentra sesuai dengan kegiatan yang dilakukan dan
jumlah anak
4. Ada kesesuaian antara pijakan, sentra,
dan alat yang akan dipergunakan dalam pembelajaran.
Langkah-Langkah Kegiatan di TK INTAN KASIH
a. Penataan Lingkungan Bermain
Guru menempatkan
alat dan bahan bermain yang akan digunakan yang mencerminkan rencana
pembelajaran yang telah dibuat sehingga tujuan anak selama bermain dengan alat
tersebut dapat dicapai.
b. Kegiatan Sebelum Masuk Kelas/Penyambutan Anak
(10 menit)
Guru menyambut
kedatangan anak dengan tegur sapa senyum dan salam. Kondisi awal yang harus
diketahui guru dari peserta didik saat datang adalah ekspresif emosi yang
menunjukkan rasa nyaman berada di sekolah. Bila kondisi ekspresif emosi anak
saat datang menunjukkan kesedihan/murung, maka guru perlu menetralisir emosi
anak terlebih dahulu dengan kegiatan transisi, seperti membaca buku cerita, puzzle, dan sebagainya.
c. Pembukaan/Pengalaman Gerakan Kasar (20 menit)
Guru menyiapkan
seluruh anak dalam lingkaran. Kegiatan pembuka dapat berupa gerak musik,
permainan, dan jurnal, dan sebagainya.
Anak dikondisikan duduk melingkar (circle time). Dalam setiap kelompok
melakukan kegiatan berdoa, diskusi tema, membacakan buku cerita yang
berhubungan dengan tema pada hari itu.
d. Transisi (10 menit)
Selesai pembukaan,
anak-anak diberi waktu untuk “pendinginan” dengan cara bernyanyi dalam lingkaran,
atau membuat permainan tebak-tebakan. Tujuannya agar anak kembali tenang.
Setelah tenang, anak secara bergiliran dipersilahkan untuk minum atau ke kamar
kecil. Gunakan kesempatan ini untuk melatih kebersihan diri anak. Kegiatannya
dapat berupa cuci tangan, cuci muka, cuci kaki maupun buang air kecil.
e. Kegiatan Inti (90 menit)
1. Pijakan pengalaman sebelum bermain (15 menit)
Guru dan anak duduk melingkar,
guru memberi salam pada anak-anak, menanyakan kabar anak-anak, dan dilanjutkan
dengan kegiatan :
a. Guru
meminta anak untuk memperhatikan siapa teman mereka yang tidak hadir. Minta
anak mengambil “nametag” dan
menempelkan ke papan absen, atau membalik, atau menunjukkan.
b. Berdoa
bersama, anak secara bergilir memimpin doa.
c. Guru
menyampaikan teman hari ini dan dikaitkan dengan kehidupan anak.
d. Guru
membacakan buku yang terkait dengan tema. Setelah selesai, guru menanyakan
kembali isi cerita.
e. Guru
mengaitkan isi cerita dengan kegiatan bermain yang akan dilakukan anak.
f. Guru
mengenalkan semua tempat dan alat bermain yang sudah disiapkan.
g. Dalam
memberi pijakan, guru harus mengaitkan kemampuan apa yang diharapkan muncul
pada anak, sesuai rencana pembelajaran yang telah disusun.
h. Guru
menyampaikan bagaimana aturan bermain (digali dari anak), memilih teman
bermain, memilih alat bermain, cara menggunakan alat-alat, kapan memulai dan
mengakhiri bermain, serta merapikan kembali alat yang sudah dimainkan.
i. Guru
mengatur teman lain dengan memberi kesempatan kepada anak untuk memilih teman
mainnya.
j. Setelah
anak siap bermain, guru mempersalahkan anak untuk mulai bermain.
2. Pijakan
Pengalaman Selama Bermain (60 menit)
a. Guru
mengamati dan memastikan semua anak melakukan kegiatan bermain
b. Memberi
contoh cara bermain pada anak yang belum bisa menggunakan bahan/alat
c. Memberi
dukungan berupa pernyataan positif tentang pekerjaan yang dilakukan anak
d. Memancing
dengan pertanyaan terbuka untuk memperluas cara bermain anak. Pertanyaan
terbuka artinya pertanyaan yang tidak cukup dengan dijawab ya atau tidak saja,
tetapi banyak kemungkinan jawaban yang dapat diberikan anak
e. Memberikan
bantuan pada anak yang membutuhkan
f. Mendorong
anak untuk mencoba dengan cara lain, sehingga anak memiliki pengalaman bermain
yang kaya
g. Mencatat
yang dilakukan anak (jenis bermain, tahap perkembangan, tahap sosial)
h. Mengumpulkan
hasil kerja anak. Jangan lupa mencatat nama dan tangga di lembar kerja anak
i. Bila
waktu tinggal 5 menit, guru memberitahukan pada anak-anak untuk bersiap-siap
menyelesaikan kegiatan mainnya
3. Pijakan
Pengalaman Setelah Bermain (15 menit)
Apabila waktu bermain selesai,
guru memberitahukan saatnya membereskan alat dan bahan yang sudah digunakan
dengan melibatkan anak-anak
f. Makan Bersama (10 menit)
1. Di TK INTAN KASIH selalu mengusahakan setiap
pertemuan ada kegiatan makan bersama. Jenis makanan berupa kue atau makanan
lainnya yang disiapkan sekolah atau yang dibawa oleh masing-masing anak.
2. Sebelum
makan bersama, guru mengecek apakah ada anak yang tidak membawa makanan. Jika
ada tanyakan siapa yang mau berbagi makanan pada temannya.
3. Guru
memberitahukan jenis makanan yang baik dan kurang baik.
4. Guru
menjadikan waktu makan bersama sebagai pembiasaan tata cara makan yang baik
(adab makan).
5. Guru
di TK INTAN KASIH juga melibatkan anak untuk membereskan bekas makanan dan
membuang bungkus makanan ke tempat sampah.
g. Kegiatan Penutup (10 menit)
1. Setelah semua anak berkumpul membentuk
lingkaran, guru mengajak anak menyanyi atau membaca puisi.
2. Guru
memberi kesempatan kepada anak secara bergiliran untuk memimpin doa penutup.
3. Untuk
menghindari berebut saat pulang, digunakan urutan berdasarkan warna baju, usia,
atau cara lain untuk keluar dan bersalaman lebih dahulu.
3. Penilaian
Selama kegiatan belajar mengajar
berlangsung, guru di TK INTAN KASIH mencatat segala hal yang terjadi, baik
terhadap program kegiatan maupun terhadap perkembangan peserta didik. Segala
catatan guru digunakan sebagai bahan masukan bagi keperluan penilaian. Setiap
semester, hasil laporan perkembangan anak dilaporkan kepada orang tua secara
lisan dan tertulis berupa rapor dalam bentuk narasi.
b. Contoh
pelaksanaan model pembelajaran berdasarkan sentra di TK INTAN KASIH
1. Contoh
perputaran sentra yang akan dimasuki peserta didik pada sebuah TK
Jika dalam sebuah TK memiliki 3
kelompok belajar yang diberi nama-nama warna dasar, misalnya kelompok A ada 2
kelompok A Merah, kelompok A Kuning, dan kelompok B Biru. TK tersebut dalam
contoh memiliki 3 sentra sebagai pusat belajar, seperti sentra bahan alam,
sentra bermain peran makro, dan sentra balok, maka guru dapat membuat jadual
perputaran sentra yang dibuka dalam 1 hari sesuai kondisi di TK tersebut.
Contoh jadwal dimaksud adalah seperti dibawah ini :
Tabel Jadwal Pembelajaran di TK Menurut
Kelompok Belajar dan Sentra
Hari
|
Sentra Bahan Alam
|
Sentra Bermain Peran Makro
|
Sentra Balok
|
Senin
|
A. Merah
|
B. Biru
|
A. Kuning
|
Selasa
|
A. Kuning
|
A. Merah
|
B. Biru
|
Rabu
|
B. Biru
|
A. Kuning
|
A. Merah
|
Kamis
|
A. Merah
|
B. Biru
|
A.
Kuning
|
Jum’at
|
A. Kuning
|
A. Merah
|
B. Biru
|
Sabtu
|
B. Biru
|
A. Kuning
|
A. Merah
|
Keterangan :
Selama 1 minggu efektif setiap kelompok mengalami 2 x bermain di
setiap sentra.
ALOKASI WAKTU
DALAM 1 HARI
TK INTAN KASIH
NO
|
ALOKASI WAKTU
|
KEGIATAN
|
1.
|
07.30-07.40 WIB
|
Kegiatan Sebelum
Masuk Kelas/Penyambutan Anak
|
2.
|
07.40-08.00 WIB
|
Pembukaan/Pengalaman
Gerakan Kasar
|
3.
|
08.00-08.10 WIB
|
Transisi
|
4.
|
08.10-09.40 WIB
|
Kegiatan Inti
|
5.
|
09.40-09.50 WIB
|
Makan Bersama
|
6.
|
09.50-10.00 WIB
|
Kegiatan Penutup
|
Magetan,
Kepala TK INTAN KASIH
(Devy Intan Pujiawati, S.Pd)
TEMA
SEMESTER 1 TK INTN KASIH
NOMOR
|
TEMA/SUB
TEMA
|
ALOKASI
WAKTU
|
1
|
AKU
- Mengenal
diriku
- Mengenal
ciri-ciriku
- Macam-macan
indera
|
3
Minggu
|
2
|
LINGKUNGANKU
- Anggota
keluarga
- Kebiasaan
dalam keluarga
- Tata
tertib dalam keluarga
- Rumah
|
4
Minggu
|
3
|
KEBUTUHANKU
- Makanan
- Minuman
- Pakaian
- Kebersihan
|
4
Minggu
|
4
|
BINATANG
- Binatang
di darat
- Binatng
di udara
- Binatang
di air
|
3
Minggu
|
5
|
TANAMAN
- Macam-macam
tanaman
- Fungsi
tanaman
- Cara
memelihara tanaman
|
3
Minggu
|
|
Jumlah
|
17
Minggu
|
Magetan,
Kepala TK INTAN KASIH
(Devy Intan Pujiawati, S.Pd)
TEMA
SEMESTER II TK INTAN KASIH
NOMOR
|
TEMA/SUB
TEMA
|
ALOKASI
WAKTU
|
1
|
REKREASI
- Macam-macam kendaraan
- Kendaraan
darat, laut, udara
- Tempat
rekreasi
- Pesisir
dan pegunungan
|
4
Minggu
|
2
|
PEKERJAAN
- Macam-macam
pekerjaan
- Polisi
dan tentara
- Petani
dan pedagang
- Tukang
sampah
|
3
Minggu
|
3
|
AIR,
UDARA, API
- Air
dan udara
- Sumber-sumber
api
|
2
Minggu
|
4
|
KOMUNIKASI
- Macam-macam
alat komunikasi
- Pos
koran dan majalah
|
2
Minggu
|
5
|
TANAH
AIR
- Lambang,
bendera, nama negara
- Lagu
kebangsaan dan wajib
- Hari
besar nasional
|
3
Minggu
|
6
|
ALAM
SEMESTA
- Matahari,
bulan, dan bintang
- Bumi
dan langit
- Gejala
alam
|
3
Minggu
|
|
Jumlah
|
17
Minggu
|
Magetan,
Kepala TK INTAN KASIH
(Devy Intan Pujiawati, S.Pd)
L. RENCANA MENU
MAKAN BERSAMA
TANGGAL
|
MAKANAN
|
MINUMAN
|
1 Juli 2015
|
Roti bakar
isi madu
|
Jus
apel
|
2 Juli 2015
|
Crakers
gandum
|
Jus
jeruk
|
3
Juli 2015
|
Kue lapis
legit
|
Air
mineral
|
4 Juli 2015
|
Kue kukus
|
Jus
melon
|
5 Juli 2015
|
Kue donat
|
Teh
hangat
|
6 Juli 2015
|
Kolak
ubi
|
Jus
alpukat
|
7 Juli 2015
|
Kue
brownish
|
Susu
sapi
|
8 Juli 2015
|
Puding
melon
|
Jus
jambu
|
9 Juli 2015
|
Pisang
goreng
|
Es
buah
|
10 Juli 2015
|
Kue
padang bulan
|
Es
oyen
|
11 Juli 2015
|
Kue
serabi
|
Susu
kedelai
|
12 Juli 2015
|
Kolak
pisang
|
Es
degan
|
13 Juli 2015
|
Crakers
cokelat
|
Teh
hijau
|
14 Juli 2015
|
Roti
bakar
|
Es
camcau
|
15 Juli 2015
|
Sandwich
ayam
|
Teh
hangat
|
16 Juli 2015
|
Kue
pelangi
|
Susu
kambing
|
17 Juli 2015
|
Burger
sapi
|
Jus
wortel
|
18 Juli 2015
|
Puding
jambu merah
|
Jus
tomat
|
19Juli 2015
|
Kue
donat
|
Jus
semangka
|
20 Juli 2015
|
Crakers
vanila
|
Susu
sapi
|
21 Juli 2015
|
Kue
lapis legit
|
Jus
belimbing
|
22 Juli 2015
|
Pizza
sosis
|
Jus
strawberry
|
23 Juli 2015
|
Kue
serabi
|
Air
mineral
|
24 Juli 2015
|
Puding
kiwi
|
Jus
anggur
|
25 Juli 2015
|
Burger
ayam
|
Jus
semangka
|
26 Juli 2015
|
Salad
buah
|
Es
mega mendung
|
27 Juli 2015
|
Kolak
nangka
|
Susu
kedelai
|
28 Juli 2015
|
Roti
bakar keju
|
Es
kacang hijau
|
29 Juli 2015
|
Kue
molen
|
Es
kelapa muda
|
30 Juli 2015
|
Kue
padang bulan
|
Jus
sirsak
|
31 Juli 2015
|
Kue
pelangi
|
Susu
sapi
|
Keterangan :
*) Jadwal makan bersama di berikan kepada
orang tua sebulan sekali.
**) Apabila anak tidak suka dengan menu makanan
harap di sampaikan kepada
guru atau membawa bekal dari rumah.
Magetan,
Kepala TK INTAN KASIH
(Devy Intan Pujiawati, S.Pd)
M. SASARAN PENDIRIAN TK
Sasaran
utama dari pendirian TK ini adalah seluruh anak usia dini warga sekitar tempat pendirian
TK INTAN KASIH.
N. PELAYANAN YANG
DIBERIKAN
1.
LAYANAN
PENDIDIKAN
·
Ruang belajar yang
nyaman, sejuk, dan menyenangkan.
·
Peralatan mainan yang
menunjang 9 kecerdasan anak ( fisik motorik, linguistik/bahasa, seni, moral
agama, sosial, kognitif, dll)
·
VCD, TV, Radio,
komputer, drum band, rebana, dan CD lagu-lagu anak.
·
Adanya kelas bakat dan
seni
·
Ruang bermain,ruang
kelas, dan ruang untuk anak yang sakit, ruang makan, ruang serbaguna, dan ruang
Kamar Mandi/WC.
·
Sarana dan prasarana
permainan outdoor dan indoor.
·
Alat penunjang kegiatan
pembelajaran(gambar-gambar, hasil-hasil karya anak).
2.
LAYANAN
KESEHATAN DAN GIZI
·
Bekerjasama dengan
posyandu tiap satu bulan sekali.
·
Pemeriksaan gigi secara
rutin tiap 3 bulan sekali.
·
Pemberian vitamin tiap
3 bulan sekali.
·
Pemberian menu makanan
yang bergizi dan menu berganti setiap hari.
·
Ruang khusus diberikan
pada anak yang sakit parah dan bekerjasama dengan dokter spesialis anak dan
psikolog anak.
·
Pemeriksaan berat badan
dan tinggi badan setiap 2 minggu sekali.
·
Olahraga dilaksanakan
tiap 1 minggu sekali.
O. ADMINISTRASI TK INTAN
KASIH
1.
ADMINISTRASI
KETENAGAKERJAAN
a.
GURU
·
Kualifikasi Tenaga
Pendidik :
-
Pendidikan terakhir
minimal D4/S1
·
Kompetensi :
-
Memiliki kompetensi
kepribadian yang baik.
-
Memiliki
Keprofesionalan.
-
Memiliki kompetensi
pedagogik.
-
Memiliki kompetensi
sosial.
b. Guru Pendamping.
·
Kualifikasi :
-
Lulusan D2 PGTK/SMA dan
memiliki sertifikat pelatihan PAUD.
·
Kompetensi :
-
Memiliki kompetensi
kepribadian yang baik.
-
Memiliki
keprofesionalan.
-
Memilki jiwa pedagogik.
-
Memiliki kompetensi
kesosialan yang tinggi.
c.
Pengasuh
·
Kualifikasi :
-
Lulusan SMA sederajat.
·
Kompetensi :
-
Memahami dasar-dasar
pengasuh
-
Terampil melaksanakan
pengasuhan
-
Bersikap dan
berperilaku yang patut di contoh anak.
d.
Pengelola
·
Kualifikasi :
-
Lulusan SMA dan
memiliki sertifikat pelatihan PAUD.
·
Kompetensi :
-
Memilki kompetensi
kepribadian.
-
Adanya keprofesionalan
kerja
-
Kemampuan manajerial
yang baik.
-
Memiliki kompetensi
sosial.
2.
ADMINISTRASI
KEUANGAN
URAIAN
BIAYA
|
REGULER
|
Biaya
Pendaftaran
|
Rp.
200.000,-
|
Dana
Partisipasi pengembangan
|
Rp.
600.000,-
|
Biaya
buku dan peralatan belajar
|
Rp.
500.000,-
|
SPP
Bulan Pertama
|
Rp.
200.000,-
|
JUMLAH
|
Rp. 1. 500.000,-
|
P.
SUSUNAN KEPENGURUSAN
PENANGGUNG JAWAB
Dra. Winda Wirasti M.Psi
|
PEMBINA
Novia
Yuli M.Pd
|
KEPALA
Devy
Intan Pujiawati, S.Pd
|
SEKERTARIS
Lya Rizcy Amylia,
S.Pd
|
BENDAHARA
Linda Rizca Amylia, S.Pd
|
GURU
Fitri Freeanti, S.Pd
|
Fanti Rohmawati, S.Pd
|
Nonike Rose Sodikin, S.Pd
|
Dian Fitriana, S.Pd
|
1. Didik D
W.,S.Pd
2. Intan
Sari.,S.Sn
3. Heru
S.,S.Ag
4. Mira Ika., S.Pd
5. Nikma
P,.S.Sn
6.
Fitri R,.S.Pd
|
Q.
RINCIAN TUGAS
No
|
Tugas
|
Rincian Tugas
|
Nama
|
Pendidikan
|
1
|
Penanggungjawab
|
Bertanggungjawab
atas semua keberlangsungan pelaksanaan program
|
Dra.
Winda Wirasti M.Psi
|
S2
|
2
|
Pembina
|
Memberikan
arahan tentang program serta pelaksanaan TK INTAN KASIH
|
Novia
Yuli M.Pd
|
S2
|
3
|
Kepala
|
a. Memanajemen
TK INTAN KASIH
b. Melakukan
pengontrolan Kegiatan TK INTAN KASIH
|
Devy
Intan Pujiawati, S.Pd
|
S1
|
4
|
Bendahara
|
a. Bersama
dengan kepala merencanakan anggaran TK INTAN KASIH
b. Mengatur
keuangan
|
Linda
Rizca Amylia, S.Pd
|
SMA
|
5
|
Sekertaris
|
a. Mengatur
dan memanajemen surat yang keluar masuk
b. Menyimpan
semua dokumen
|
Lya
Rizcy Amylia, S.Pd
|
SMA
|
6
|
Pendidik
|
a. Melakukan
pengajaran TK INTAN KASIH
b. Membuat
kurikulum
c. Melaksanakan
kurikulum
|
-
Fanti Rohmawati, S.Pd
-
Fitri Freeanti, S.Pd
-
Nonike Rose Sodikin,
S.Pd
-
Dian Fitriana, S.Pd
|
S1
S1
S1
S1
|
7.
|
Pendidik
Extra
|
a.
Mengajar extra
|
-
Didik D W.,S.Pd
-
Intan Sari.,S.Sn
-
Heru S.,S.Ag
-
Mira Ika., S.Pd
-
Nikma P,.S.Sn
-
Fitri R,.S.Pd
|
S1
S1
S1
S1
S1
S1
|
R.
RENCANA ANGGARAN DANA
NO
|
KETERANGAN
|
DEBET
(Rp)
|
KREDIT
(Rp)
|
1
2
|
Dana Percontohan
Managemen Pendidikan
a. Konsumsi
2 x rapat koordinasi 9 orang @ Rp 20.000
b. Pembuatan
penyusunan proposal 7 orang @ Rp 30.000
c. Pembuatan
kurikulum pembelajaran 7 orang @ Rp 50.000
d. Konsumsi
rapat evaluasi progam 7 orang @ Rp 20.000
|
56.850.000,-
|
360.000
210.000
350.000
140.000
140.000
|
|
Total Managemen Pendidikan
|
|
1.200.000
|
3
|
ATK Peserta Didik
a. Pembelian
3 Rim kertas F4 80 gram @ Rp 50.000
b. Pembelian
4 tinta warna 3 botol @ Rp 30.000
c. Pembelian
Lakban 3 buah lakban @ Rp 15.000
d. Pembelian
kertas lipat untuk 30 anak @ Rp 8.000
e. Buku
kotak 30 buah @ Rp 5.000
f. Krayon
warna 30 buah @ Rp 12.000
g. Pensil
30 buah @ 2.000
h. Buku
gambar 30 buah @ Rp 5.000
|
|
150.000
360.000
45.000
240.000
150.000
360.000
60.000
150.000
|
|
Total ATK Peserta Didik
|
|
1.515.000
|
4
|
Penyelengaraan
Pendidikan
a. Transportasi
pembelajaran di luar kelas 12 x @ Rp 150.000
b. Pemeriksaan
dokter 12 x @ Rp 200.000
c. Pembelian
makan siang 30 anak @ Rp 5.000 selama 240 hari
d. Pembelian
snack 30 anak @ Rp 3.000 selama 240 hari
e. Konsultan
psikologi anak 24 x @ Rp 100.000
|
|
1.800.000
2.400.000
3.900.000
2.160.000
2.400.000
|
|
Total Penyelengaraan Pendidikan
|
|
12.660.000
|
5
|
Pengadaan Sarana dan Prsarana
a. Pembelian
balok pembangunan
b. Pembelian
permainan indoor
c. Pembelian
kasur UKS
d. Pembelian
puzzle 15 anak kotak @ Rp 50.000
e. Pembelian
puzzel 15 anak @ Rp 10.000
f. Pembelian
Main Peran
g. Pembelian
Karpet
h. Pembelian
4 Ac angin @ Rp 800.000
i.
Pembelian meja dan
kursi belajar 15 anak @ Rp 100.000
j.
Pembelian drum band
k. Pembelian
rebana
|
|
1.000.000
3.000.000
1.500.000
775.000
150.000
300.000
500.000
3.200.000
1.500.000
8.000.000
3.000.000
|
|
Total Pengadaan Sarana dan Prsarana
|
|
22.925.000
|
6
|
Peningkatan Kompetensi Pendidik
a. Outbond
Intan Kasih
b. Perencangan
Rencana Kegiatan TK INTAN KASIH
c. Seminar
7 Bunda sebanyak 6 x @ Rp 100.000
d. Pelatihan
B.Inggris 7 bunda @ Rp 150.000
|
|
1.000.000
1.500.000
4.200.000
1.050.000
|
|
Total Peningkatan Kompetensi Pendidik
|
|
7.750.000
|
7
|
Insentif Pendidik/Pengelola
a. Insentif
pengelola 6 bulan @ Rp 300.000
b.
Insentif 6 pendidik
selama 6 bulan @ Rp 250.000
|
|
1.800.000
9.000.000
|
|
Total Insentif Pendidik/Pengelola
|
|
10.800.000
|
|
Total Keseluruhan
|
|
56.850.000,-
|
S. DENAH
RUANGAN TK INTAN KASIH
DENAH
RUANGAN TK INTAN KASIH
Jl Purubaya II Blok A No 24 Magetan
S 1 S 2 S 3 S 4 S 5 S 6 S 7
R. TU
K1
K2 K3 K4
R.
M
A
K
A
N
|
KOLAM IKAN
|
KOLAM
T. BERMAIN OUT DOOR
|
*T*A*M*A*N* GUDANG
KETERANGAN
:
S 1:
Sentra Persiapan S 5 : Sentra Bermain Peran K 2
: Kamar Mandi Putri
S 2: Sentra Bahan Alam
dan Sains S 6 : Sentra Agama
K 3 : Kamar Mandi Putra
S 3: Sentra Balok S 7 : Sentra Musik
K 4 : Kamar Mandi Putra
S
4: Sentra Seni K 1 : Kamar Mandi Putri : Tempat Tunggu Orangtua
T.
DENAH LOKASI TPA INTAN
KASIH
Stadion Kota
MAGETAN
****************
|
DENAH
LOKASI TK INTAN
KASIH
Jl Purubaya II Blok A No 24 Magetan
TK INTAN KASIH DINKES K.PDAM K. PLNSAMSAT RSUD Bank BRI Kantor Pos
TERMINALSMK BPN JL Gubernur POLSEK JL A.YANI
POLSEK
MASJID AGUNG
toko buku
Pendopo Jalan A Yani STADION
Toko Toko Toko Toko Toko MAGETAN
Toko
DINAS TOKO
LAP
Toko Pendidikan BUNGA FUTSAL
Toko
RUMAH WARGA
U.
BROSUR TPA INTAN KASIH
(Halaman Depan)
(Halaman Belakang)
LOWONGAN PEKERJAAN BAGI GURU, GURU PENDAMPING, DAN GURU EXTRA
V. FORMULIR
PENDAFTARAN
FORMULIR
PENDAFTARAN
No :
DATA
PESERTA DIDIK
|
1.
Nama :
2.
Tempat, tgl lahir :
3.
Anak ke :
4.
Riwayat persalinan :
5.
Riwayat kesehatan :
a. Golongan
darah :
b. Penyakit
berat yang diderita :
c. Penyakit
yang sering diderita :
d. Kelainan :
e. Kebiasaan
anak :
|
DATA
ORANG TUA
|
1.
Nama Ayah :
Alamat rumah :
Alamat kantor :
Telpon yang bisa
dihubungi :
2.
Nama Ibu :
Alamat rumah :
Alamat kantor :
Telpon yang bisa
dihubungi :
Mengetahui
Magetan,
Kepala TK INTAN KASIH Orangtua
Peserta didik
|
Persyaratan
pendaftaran :
-
Menyerahkan
fotocopy KTP orangtua(Ayah dan Ibu) masing-
masing 1 lbr
-
Menyerahkan
fotocopy KK 1 lbr
-
Menyerahkan
fotocopy Akta Kelahiran 2 lbr
-
Membayar
biaya pendaftaran
-
Mengisi
surat pernyataan
SURAT
PERNYATAAN
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama :…………………………………… ………L/P
Alamat : ………………………………………………
Telpon yang dapat dihubungi : ………………………………………………
Sebagai
orangtua dari anak yang tersebut dibawah ini menyatakan bersedia menyekolahkan
anak saya :
Nama : ………………………………………………
Umur : …....…………………………………………
Jenis kelamin : ………………………....................................
Ke Taman
Kanak-Kanak Intan Kasih………………………….. Magetan dan mematuhi semua aturan dan
kewajiban yang berlaku.
Magetan,
Yang
menyatakan
(……………………..………….)
W. Daftar
Hadir Peserta Didik
DAFTAR HADIR PESERTA DIDIK
TK INTAN KASIH
KELAS :
GURU KELAS :
NO
|
NAMA
|
TANGGAL
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
||
KM
|
JM
|
SB
|
AH
|
SN
|
SLS
|
RB
|
KM
|
JM
|
SB
|
AH
|
SN
|
SL
|
RB
|
KM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Magetan,
Kepala TK INTAN KASIH
(Devy Intan Pujiawati, S.Pd)
X.
KARTU
PEMBAYARAN IURAN
(Depan)
KARTU PEMBAYARAN IURAN
NAMA :
KELAS :
TAHUN
AJARAN :
JL. PURUBAYA II NO 24
KECAMATAN MAGETAN
KABUPATEN MAGETAN
TELP (0351) 893688 /
085648877346 KODE POS 63313
(Isi)
TAHUN
PELAJARAN :
IURAN BULAN
|
TANGGAL PEMBAYARAN
|
BESAR IURAN
|
TANDA
TANGAN PETUGAS
|
JANUARI
|
|
|
|
FEBRUARI
|
|
|
|
MARET
|
|
|
|
APRIL
|
|
|
|
MEI
|
|
|
|
JUNI
|
|
|
|
JULI
|
|
|
|
AGUSTUS
|
|
|
|
SEPTEMBER
|
|
|
|
OKTOBER
|
|
|
|
NOVEMBER
|
|
|
|
DESEMBER
|
|
|
|
Keterangan: Pembayaran
SPP paling lambat tanggal 10 di bulan yang bersangkutan
Magetan,
Kepala
Sekolah TK INTAN KASIH
Z.PENUTUP
Demikian
proposal pendirian program Taman Kanak-Kanak INTAN KASIH. Besar harapan kami
dalam terwujudnya pendirian program ini Taman Kanak-Kanak INTAN KASIH , untuk
dapat dijadikan sebagai tempat belajar bagi anak-anak usia dini. Atas perhatian
dan bantuannya, kami haturkan terimakasih.
Kepala
Kepala
TPA “INTAN KASIH” Sekertaris
(Devy Intan Pujiawati, S.Pd) (Lya
Rizcy Amylia, S.Pd)
Mengetahui,
Ketua Yayasan TPA “INTAN KASIH”
(Dra. Winda Wirasti M.Psi)
LAMPIRAN
Proposal lengkap bisa di emilkan bun ???
BalasHapusProposal lengkap bisa di emilkan bun ???
BalasHapussetuju saya dukung demi anak indonesia yang cerdas
BalasHapusAssalamualaikum Bunda, Proposal bagus dan lengkap, kami sangat terinspirasi dan kalo boleh kami mohon dikirim ke e mail kami yp.alqurandarussalam@gmail.com, sebagai acuan kami rencana mendirikan taman pendidikan anak usia dini, sebelumnya kami ucapkan terima kasih.
BalasHapusterimakasih bunda..gkapproposal yang bagus, mohon berkenan mengirimkan proposal lengkap nya ke email kami. terimakasih
BalasHapusProposal sangat bagus dan lengkap , boleh minta di kirim ke alamat email saya untuk bahan pembelajaran perkuliahan.. Terimakasih
BalasHapustrima kasih,butuh untuk referensi pendirikan TK
BalasHapussemoga sukses yah bu, ini contoh proposal paud sangat membantu sata bu. terimakasih Bu.
BalasHapusSemoga sukses buk.....semoga ilmu yang ibuk dapat bisa ibuk bagi pula ke kami. Sehingga kami bisa seperti ibuk juga.buk BLH kah saya minta proposal yg lengkap buk untuk bahan kuliah saya..... terimakasih byk buk dari vebi
BalasHapusProposal ini sangat menginspirasi,
BalasHapusBarangkali kalo berkenan apakah boleh minta format document nya kak bisa minta?