Sabtu, 07 Februari 2015

PROPOSAL PENDIRIAN TK








OLEH:
                                    NAMA           :  DEVY INTAN PUJIAWATI, S. Pd
                                    NIM                :  147855040
                                    KELAS          :  B 2014








A.    PENDAHULUAN
      Udang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 angka 14 menyatakan bahwa, Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun, yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani, agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Sementara itu, pasal 28 menyatakan bahwa (1) Pendidikan anak usia dini diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar. (2) Pendidikan anak usia dini dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan, formal, non-formal, dan/ atau informal. (3) Pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-kanak (TK), Raudhatul Athfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat. (4) Pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan non-formal berbentuk Kelompok Bermain (KIB), Taman Penitipan Anak (TPA), atau bentuk lain yang sederajat. (5) Pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan informal berbentuk pendidikan keluarga atau pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan.
Dilihat dari segmentasi usia Pendidikan Taman Kanak-Kanak, sesuai dengan pasal 1 ayat 4 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 17 tahun 2010, secara spesifik menangani anak-anak usia 4-6 tahun. Disamping itu Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009, tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, telah memberikan rambu-rambu penyelenggaraan pendidikan anak usia dini agar sejalan dengan standar pelayanan minimum yang diamanatkan undang-undang, termasuk didalamnya penyelenggaraan Pendidikan Taman Kanak-kanak. Dalam tataran teknis, rambu-rambu yang diuraikan pada Permendiknas tersebut perlu diuraikan lebih lanjut, agar lebih mudah dipahami dan diimplementasikan dalam penyelenggaraan Pendidikan di Taman Kanak-kanak. Terlebih lagi sebagai satuan pendidikan anak usia dini pada jalur formal, Pendidikan Taman Kanak-kanak perlu didukung oleh berbagai standar pelayanan untuk lebih menjamin penyelenggaraan pendidikan sejalan dengan rambu-rambu yang ditetapkan, termasuk didalamnya pemberian contoh, formulasi, serta hal-hal lain yang relevan dengan karakteristik penyelenggaraan Pendidikan di Taman Kanak-kanak. Berdasarkan pertimbangan di tersebut, dipandang perlu mendirikan Taman Kanak-Kanak Intan Kasih yang merupakan tempat pendidikan bagi anak usia dini.
B.     TUJUAN
            Adapun tujuan dari pelaksanaan Taman Kanak-Kanak “ INTAN KASIH” ialah :
1.      Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan bagi anak usia dini.
2.      Membimbing dan mengarahkan agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal.
3.      Membantu meletakkan dasar kearah perkembangan sikap pengetahuan ketrampilan dan daya cipta anak dalam pertumbuhan serta perkembangan anak berikutnya.
C.     VISI
”MENYIAPKAN GENERASI YANG BERIMAN DAN BERTAQWA, BERBUDI PEKERTI LUHUR, PRIMA DALAM KWALITAS, UNGGUL DALAM PRESTASI DAN SANTUN DALAM BERBUDAYA”.
D.    MISI
1. Memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan anak
2. Mengembangkan ketrampilan yang dimiliki anak
3. Memberikan, menciptakan, dan menumbuhkan kecintaan anak pada pembiasaan
   ajaran agama.
4.      Meletakkan dasar kearah perkembangan sikap pengetahuan ketrampilan dan daya cipta anak dalam pertumbuhan serta perkembangan anak berikutnya.
E.     LOKASI
TK “INTAN KASIH” bertempat di Jl. Purubaya II blok A no 24 Magetan, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan. Tlp (0351) 893688. Kode Pos 63313
F.      LUAS TANAH
Gedung Tanam Kanak-Kanak “INTAN KASIH” dibangun diatas tanah bersertifikat seluas + 4500 m2 serta luas bangunannya 1.050 m2


G.    SARANA DAN PRASARANA
1.  Prasarana/ Fasilitas              
a. Luas Tanah
                             : 4.500 m2
b. Luas Bangunan
                        : 1.050 m2
c. Luas Halaman Bermain
           : 50 m2                                                                                                                           d. Status Pemilikan Tanah           : Sendiri
e. 2 Ruang kelas
                            
f. Ruang bermain
didalam             
h. 3 Ruang tidur anak
i.  1 Ruang Kantor                                                                 
j.  4 Ruang Kamar mandi                                                                                                                   k. Ruang bermain di luar                                                                                                                       l.  1 Ruang dapur                                                                                                                                         m. 1 Ruang Pos satpam                                                                                                                                  n. Taman                                                                                                                                                     p. Tempat orang tua menunggu   
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           
2. Sarana Pendidikan :
2.1 Inventaris
No
Nama Barang
Banyak
1.

2.

3.
Kursi 4 Kelas(A1, A2, B1, B2)
@ 20 Kursi.
Meja 4 Kelas(A1, A2, B1, B2)
@ 20 Meja.
Meja kepala sekolah, guru, dll
80 Kursi

80 Meja

9 Meja

2.2 APE
Indoor                                                         
No
Nama Barang
Banyak
1.
Macam-macam balok
6 pack
2.
Miniatur Hewan
15 buah
3.
Miniatur Buah-buahan
17 buah
4.
Miniatur Perabotan rumah
5 pack
5.
Miniatur Perabotan dapur
7 pack
6.
Miniatur Alat pertukangan
8 pack
7.
Alat-alat kesenian
10 pack
8.
Clay
50 buah
9.
Lego (besar, sedang, kecil)
20 pack
10.
Puzzle (Hewan, Buah-buahan, Rumah, Boneka, Kartun, dll)
24 buah
11.
Macam-macam boneka (Boneka tangan, Boneka Jari)
14 buah
12.
Panggung boneka
4 buah
13.
Bentuk-bentuk geometri
10 buah
14.
Origami
40 pack


Out Door
No.
Nama Barang
Banyak
1.
Seluncuran
1 buah
2.
Ayunan
1 buah
3.
Jungkat-jungkit
1 buah
4.
Bak Pasir
1 buah
5.
Putaran
1 buah
6.
Ban
5 buah
7.
Panjat-panjatan
1 buah
8.
Alat permainan di taman
8 buah












H.    JADWAL KEGIATAN PEMBELAJARAN
                                       TAMAN KANAK-KANAK
                                              “INTAN KASIH”
             JL. PURUBAYA II NO 24 KECAMATAN MAGETAN   KABUPATEN MAGETAN
Telp. (0351) 893688/ 085648877346. Kode Pos 63313
                             
JADWAL KEGIATAN
No
Hari
Waktu Pembelajaran
Waktu Extra
Keterangan

Guru Extra
1
Senin
07.30 – 10.30 WIB
10.30 – 11.30 WIB
Extra Drum Dand
Didik D W.,S.Pd
2
Selasa
07.30 – 10.30 WIB
10.30 – 11.30 WIB

Extra Tari


Intan Sari.,S.Sn

3
Rabu
07.30 – 10.30 WIB
10.30 – 11.30 WIB

Extra Baca Tulis Al-Quran (Muslim)
Persekutuan doa (non Muslim)
Heru S.,S.Ag
4
Kamis
07.30 – 10.30 WIB
10.30 – 11.30 WIB
Extra Calistung
(baca, tulis, hitung)
Mira Ika., S.Pd
5
Jumat
07.30 – 10.30 WIB
10.30 – 11.30 WIB
Extra Menggambar
Nikma P,.S.Sn
6
Sabtu
07.30 – 10.30 WIB
10.30 – 11.30 WIB
Extra Bahasa Inggris
Fitri R,.S.Pd

Keterangan :
1.      Extra Drum Band
Diadakan mengingat drum band sebagai wadah penyaluran bakat minat serta multiple intelegensi anak dalam kecerdasan musicalnya. Dalam extra drum band anak di ajarkan tata cara bermain drum band, mengenali nada-nada, serta tampil dalam parade drum band.
2.      Extra Tari
Diadakan mengingat tari sebagai wadah penyaluran bakat minat serta multiple intelegensi anak dalam kecerdasan kinestheticnya. Dalam extra tari anak di ajarkan menari dengan gemulai, mengetahui gerakan-gerakan tari, serta irama dan gerak yang ada di dalam tarian.
3.      Extra Baca Tulis Al-quran
Diadakan mengingat baca tulis Al-quran sebagai wadah penyaluran bakat minat serta multiple intelegensi anak dalam kecerdasan spiritualnya bagi anak-anak muslim. Dalam extra baca tulis Al-quran anak di ajarkan mengenali huruf-huruf hijaiah serta menulis huruf hijaiyah.
Persekutuan doa      
Diadakan mengingat persekutuan doa sebagai wadah penyaluran bakat minat serta multiple intelegensi anak dalam kecerdasan spiritualnya bagi anak-anak non muslim. Dalam persekutuan doa anak diberi siraman rohani oleh pendeta.
4.      Extra Calistung (baca, tulis, hitung)
Diadakan mengingat calistung sebagai wadah penyaluran bakat minat serta multiple intelegensi anak dalam kecerdaasan linguistic (membaca dan menulis) dan kecerdasan logical matematichnya (menghitung). Dalam extra baca, tulis, hitung anak diajarkan untuk membaca kata kemudian kalimat. Anak juga diajarkan cara menulis kata dan kalimat tersebut. Anakpun juga diajarkan mengenai menghitung angka sederhana.
5.      Extra Menggambar
Diadakan mengingat Extra menggambar sebagai wadah penyaluran bakat minat serta mengembangkan kemampuan seninya. Dalam extra menggambar anak diajarkan untuk mengambar yang benar, serta diajarkan percampuran warna (degradasi warna).
6.      Extra Bahasa Inggris
Diadakan mengingat Extra bahasa inggris sebagai wadah penyaluran bakat minat serta mengembangkan kemampuan berbahasa anak. Dalam extra bahasa Inggris anak diajarkan untuk mengingat vocabulary bahasa Inggris sederhana.            
I.       KURIKULUM
Kurikulum di TK INTAN KASIH menggunakan kurikulum 2010
(Terlampir)
J.       RENCANA MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN BCCT
    Model pemnbelajaran anak usia dini melalui pendekatan BCCT(beyond centers and circle times= sistem sentra saat lingkaran) dengan menggunakan empat pijakan antara lain; pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan selama main, dan pijakan setelah main.
    Pendekatan pembelajaran yang dalam proses pembelajarannya dilakukan di dalam “lingkaran” (circle times) dan sentra bermain. Lingkaran adalah saat dimana guru duduk bersama anak dengan posisi melingkar untuk memberikan pijakan kepada anak yang dilakukan sebelum dan sesudah bermain. Sentra bermain adalah zona atau area bermain anak yang dilengkapi dengan seperangkat alat bermain yang berfungsi sebagai pijakan lingkungan yang diperlukan untuk mengembangkan seluruh potensi dasar anak didik dalam berbagai aspek perkembangan secara seimbang. Setiap sentra mendukung perkembangan anak dalam tiga jenis bermain yaitu bermain sensorimotor atau fungsional, bermain peran dan bermain konstruktif (membangun pemikiran anak).
    Bermain sensorimotor adalah menangkap rangsangan melalui penginderaan dan menghasilkan gerakan sebagai reaksinya. Anak TK belajar melalui panca inderanya dan melalui hubungan fisik dengan lingkungan mereka. Misalnya menakar air, meremas kertas bekas, menggunting, dan lain-lain. Bermain peran terdiri dari bermain peran makro (besar) dan bermain peran mikro/kecil (bermain simbolik, pura-pura, fantasi, imajinasi, atau bermain drama). Anak bermain dengan benda untuk membantu menghadirkan konsep yang telah dimiliknya.
    Bermain konstruktif menunjukkan kemampuan anak untuk mewujudkan pikiran, ide, dan gagasannya menjadi sebuah karya nyata. Ada dua jenis bermain konstruktif, yaitu bermain konstruktif sifat cair (air, pasir, spidol, dan lain-lain) dan bermain konstruktif terstruktur (balok-balok, lego, dan lain-lain).
Sentra Bermain yang ada di TK INTAN KASIH terdiri dari :
a.  Sentra Bahan Alam dan Sains
     Bahan-bahan yang diperlukan di sentra ini adalah daun, ranting, kayu, pasir, air, batu, biji-bijian, dan lain-lain. Alat yang digunakan diantaranya sekop, saringan, corong, ember, dan lain-lain.
b.  Sentra Balok
     Sentra balok berisi berbagai macam balok dalam berbagai bentuk, ukuran, warna dan tekstur. Disini anak belajar banyak hal dengan cara menyusun/menggunakan balok, mengembangkan kemampuan logika matematika/berhitung permulaan, kemampuan berpikir dan memecahkan masalah.


c.  Sentra Seni
     Bahan-bahan yang diperlukan di sentra ini adalah kertas, cat air, krayon, spidol, gunting, kapur, tanah liat, pasir, lilin, kain, daun, potongan-potongan bahan/gambar. Sentra seni memfasilitasi anak untuk memperluas pengalaman yang dimiliki anak ke dalam karya nyata (hasil karya) melalui metode proyek.
d.  Sentra Bermain Peran
     Sentra bermain peran terdiri dari; sentra bermain peran makro dapat menggunakan anak sebagai model. Sentra bermain peran mikro misalnya menggunakan boneka, maket meja-kursi, rumah-rumahan dan sebagainya.
e.  Sentra Persiapan
     Bahan yang ada pada sentra ini adalah buku-buku, kartu kata, kartu huruf, kartu angka dan bahan-bahan untuk kegiatan menyimak, bercakap dan persiapan menulis serta berhitung. Kegiatan yang dilaksanakan adalah persiapan membaca permulaan, menulis permulaan serta berhitung permulaan. Mendorong kemampuan intelektual anak, gerakan otot halus, koordinasi mata-tangan, belajar keterampilan sosial (berbagi, bernegosiasi dan memecahkan masalah).
f.  Sentra Agama
     Bahan-bahan yang disiapkan adalah berbagai maket tempat ibadah, perlengkapan ibadah, gambar-gambar, buku-buku cerita keagamaan, dan sebagainya. Kegiatan yang dilaksanakan adalah menanamkan nilai-nilai kehidupan beragama, keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
g.  Sentra Musik
     Bahan yang dibutuhkan pada sentra musik, misalnya botol beling/kaca, tempurung kelapa, rebana, tutup botol, triangle, dan lain-lain. Sentra musik memfasilitasi anak untuk memperluas pengalamannya dalam menggunakan gagasan mereka melalui olah tubuh, bermain musik dan lagu yang dapat memperluas pengalaman dan pengetahuan anak tentang irama, birama (ketukan), dan mengenal berbagai bunyi-bunyian dengan menggunakan alat-alat musik yang mendukung, misalnya pianika, piano, rebana, dan lain-lain.
K.  Pengelolaan Kelas
          Pengelolaan kelas di TK INTAN KASIH melalui model pembelajaran sentra meliputi pengelolaan secara klasikal, kelompok, dan individual. Pada saat kegiatan pembukaan, saat kegiatan penutup, dan saat makan bersama, guru menggunakan pengelolaan secara klasikal, tetapi pada saat kegiatan inti menggunakan pengelolaan secara kelompok atau individual. Untuk itu, hal-hal yang dilakukan oleh guru adalah sebagai berikut :
     1. Sentra bermain dirancang dan direncanakan, sehingga semua peserta didik dapat mengikuti kegiatan untuk mencapai tahap perkembangan.
     2. Kegiatan pembelajaran dilengkapi dengan sentra-sentra yang diperlukan hari itu
     3. Jumlah dari kegiatan dan ragam kesempatan masing-masing sentra sesuai dengan kegiatan yang dilakukan dan jumlah anak
     4. Ada kesesuaian antara pijakan, sentra, dan alat yang akan dipergunakan dalam pembelajaran.
Langkah-Langkah Kegiatan di TK INTAN KASIH
     a.  Penataan Lingkungan Bermain
          Guru menempatkan alat dan bahan bermain yang akan digunakan yang mencerminkan rencana pembelajaran yang telah dibuat sehingga tujuan anak selama bermain dengan alat tersebut dapat dicapai.
     b.  Kegiatan Sebelum Masuk Kelas/Penyambutan Anak (10 menit)
          Guru menyambut kedatangan anak dengan tegur sapa senyum dan salam. Kondisi awal yang harus diketahui guru dari peserta didik saat datang adalah ekspresif emosi yang menunjukkan rasa nyaman berada di sekolah. Bila kondisi ekspresif emosi anak saat datang menunjukkan kesedihan/murung, maka guru perlu menetralisir emosi anak terlebih dahulu dengan kegiatan transisi, seperti membaca buku cerita, puzzle, dan sebagainya.
     c.  Pembukaan/Pengalaman Gerakan Kasar (20 menit)
          Guru menyiapkan seluruh anak dalam lingkaran. Kegiatan pembuka dapat berupa gerak musik, permainan, dan jurnal, dan sebagainya.
          Anak dikondisikan duduk melingkar (circle time). Dalam setiap kelompok melakukan kegiatan berdoa, diskusi tema, membacakan buku cerita yang berhubungan dengan tema pada hari itu.
     d.  Transisi (10 menit)
          Selesai pembukaan, anak-anak diberi waktu untuk “pendinginan” dengan cara bernyanyi dalam lingkaran, atau membuat permainan tebak-tebakan. Tujuannya agar anak kembali tenang. Setelah tenang, anak secara bergiliran dipersilahkan untuk minum atau ke kamar kecil. Gunakan kesempatan ini untuk melatih kebersihan diri anak. Kegiatannya dapat berupa cuci tangan, cuci muka, cuci kaki maupun buang air kecil.
     e.  Kegiatan Inti (90 menit)
          1.  Pijakan pengalaman sebelum bermain (15 menit)
              Guru dan anak duduk melingkar, guru memberi salam pada anak-anak, menanyakan kabar anak-anak, dan dilanjutkan dengan kegiatan :
              a.  Guru meminta anak untuk memperhatikan siapa teman mereka yang tidak hadir. Minta anak mengambil “nametag” dan menempelkan ke papan absen, atau membalik, atau menunjukkan.
              b.  Berdoa bersama, anak secara bergilir memimpin doa.
              c.  Guru menyampaikan teman hari ini dan dikaitkan dengan kehidupan anak.
              d.  Guru membacakan buku yang terkait dengan tema. Setelah selesai, guru menanyakan kembali isi cerita.
              e.  Guru mengaitkan isi cerita dengan kegiatan bermain yang akan dilakukan anak.
              f.  Guru mengenalkan semua tempat dan alat bermain yang sudah disiapkan.
              g.  Dalam memberi pijakan, guru harus mengaitkan kemampuan apa yang diharapkan muncul pada anak, sesuai rencana pembelajaran yang telah disusun.                        
              h.  Guru menyampaikan bagaimana aturan bermain (digali dari anak), memilih teman bermain, memilih alat bermain, cara menggunakan alat-alat, kapan memulai dan mengakhiri bermain, serta merapikan kembali alat yang sudah dimainkan.
              i.   Guru mengatur teman lain dengan memberi kesempatan kepada anak untuk memilih teman mainnya.
              j.   Setelah anak siap bermain, guru mempersalahkan anak untuk mulai bermain.
          2.  Pijakan Pengalaman Selama Bermain (60 menit)
              a.  Guru mengamati dan memastikan semua anak melakukan kegiatan bermain
              b.  Memberi contoh cara bermain pada anak yang belum bisa menggunakan bahan/alat
              c.  Memberi dukungan berupa pernyataan positif tentang pekerjaan yang dilakukan anak
              d.  Memancing dengan pertanyaan terbuka untuk memperluas cara bermain anak. Pertanyaan terbuka artinya pertanyaan yang tidak cukup dengan dijawab ya atau tidak saja, tetapi banyak kemungkinan jawaban yang dapat diberikan anak
              e.  Memberikan bantuan pada anak yang membutuhkan
              f.  Mendorong anak untuk mencoba dengan cara lain, sehingga anak memiliki pengalaman bermain yang kaya
              g.  Mencatat yang dilakukan anak (jenis bermain, tahap perkembangan, tahap sosial)
              h.  Mengumpulkan hasil kerja anak. Jangan lupa mencatat nama dan tangga di lembar kerja anak
              i.   Bila waktu tinggal 5 menit, guru memberitahukan pada anak-anak untuk bersiap-siap menyelesaikan kegiatan mainnya
          3.  Pijakan Pengalaman Setelah Bermain (15 menit)
              Apabila waktu bermain selesai, guru memberitahukan saatnya membereskan alat dan bahan yang sudah digunakan dengan melibatkan anak-anak
     f.  Makan Bersama (10 menit)
          1.  Di TK INTAN KASIH selalu mengusahakan setiap pertemuan ada kegiatan makan bersama. Jenis makanan berupa kue atau makanan lainnya yang disiapkan sekolah atau yang dibawa oleh masing-masing anak.
          2.  Sebelum makan bersama, guru mengecek apakah ada anak yang tidak membawa makanan. Jika ada tanyakan siapa yang mau berbagi makanan pada temannya.
          3.  Guru memberitahukan jenis makanan yang baik dan kurang baik.
          4.  Guru menjadikan waktu makan bersama sebagai pembiasaan tata cara makan yang baik (adab makan).
          5.  Guru di TK INTAN KASIH juga melibatkan anak untuk membereskan bekas makanan dan membuang bungkus makanan ke tempat sampah.
     g.  Kegiatan Penutup (10 menit)
          1.  Setelah semua anak berkumpul membentuk lingkaran, guru mengajak anak menyanyi atau membaca puisi.
          2.  Guru memberi kesempatan kepada anak secara bergiliran untuk memimpin doa penutup.
          3.  Untuk menghindari berebut saat pulang, digunakan urutan berdasarkan warna baju, usia, atau cara lain untuk keluar dan bersalaman lebih dahulu.
3.  Penilaian
          Selama kegiatan belajar mengajar berlangsung, guru di TK INTAN KASIH mencatat segala hal yang terjadi, baik terhadap program kegiatan maupun terhadap perkembangan peserta didik. Segala catatan guru digunakan sebagai bahan masukan bagi keperluan penilaian. Setiap semester, hasil laporan perkembangan anak dilaporkan kepada orang tua secara lisan dan tertulis berupa rapor dalam bentuk narasi.
     b.  Contoh pelaksanaan model pembelajaran berdasarkan sentra di TK INTAN KASIH
          1.  Contoh perputaran sentra yang akan dimasuki peserta didik pada sebuah TK
              Jika dalam sebuah TK memiliki 3 kelompok belajar yang diberi nama-nama warna dasar, misalnya kelompok A ada 2 kelompok A Merah, kelompok A Kuning, dan kelompok B Biru. TK tersebut dalam contoh memiliki 3 sentra sebagai pusat belajar, seperti sentra bahan alam, sentra bermain peran makro, dan sentra balok, maka guru dapat membuat jadual perputaran sentra yang dibuka dalam 1 hari sesuai kondisi di TK tersebut. Contoh jadwal dimaksud adalah seperti dibawah ini :
Tabel Jadwal Pembelajaran di TK Menurut Kelompok Belajar dan Sentra
Hari
Sentra Bahan Alam
Sentra Bermain Peran Makro
Sentra Balok
Senin
A. Merah
B. Biru
A. Kuning
Selasa
A. Kuning
A. Merah
B. Biru
Rabu
B. Biru
          A. Kuning
A. Merah
Kamis
A. Merah
 B. Biru
    A. Kuning
Jum’at
A. Kuning
A. Merah
B. Biru
Sabtu
B. Biru
A. Kuning
A. Merah
       Keterangan :
       Selama 1 minggu efektif setiap kelompok mengalami 2 x bermain di
       setiap sentra.




ALOKASI WAKTU DALAM 1 HARI
TK INTAN KASIH
NO
ALOKASI WAKTU
KEGIATAN
1.
07.30-07.40 WIB
Kegiatan Sebelum Masuk Kelas/Penyambutan Anak
2.
07.40-08.00 WIB
Pembukaan/Pengalaman Gerakan Kasar
3.
08.00-08.10 WIB
Transisi
4.
08.10-09.40 WIB
Kegiatan Inti
5.
09.40-09.50 WIB
Makan Bersama
6.
09.50-10.00 WIB
Kegiatan Penutup

                                                       Magetan,
                                                                                      Kepala TK INTAN KASIH
                  

                                                                                (Devy Intan Pujiawati, S.Pd)




TEMA SEMESTER 1 TK INTN KASIH
NOMOR
TEMA/SUB TEMA
ALOKASI WAKTU
1
AKU
-     Mengenal diriku
-     Mengenal ciri-ciriku
-     Macam-macan indera
3 Minggu
2
LINGKUNGANKU
-     Anggota keluarga
-     Kebiasaan dalam keluarga
-     Tata tertib dalam keluarga
-     Rumah
4 Minggu
3
KEBUTUHANKU
-     Makanan
-     Minuman
-     Pakaian
-     Kebersihan
4 Minggu
4
BINATANG
-     Binatang di darat
-     Binatng di udara
-     Binatang di air
3 Minggu
5
TANAMAN
-     Macam-macam tanaman
-     Fungsi tanaman
-     Cara memelihara tanaman
3 Minggu

Jumlah
17 Minggu
                                                                                                                            
                                                     Magetan,
                                                                                      Kepala TK INTAN KASIH
                  

                                                                                (Devy Intan Pujiawati, S.Pd)


TEMA SEMESTER II TK INTAN KASIH
NOMOR
TEMA/SUB TEMA
ALOKASI WAKTU
1
REKREASI
-      Macam-macam kendaraan
-     Kendaraan darat, laut, udara
-     Tempat rekreasi
-     Pesisir dan pegunungan
4 Minggu
2
PEKERJAAN
-     Macam-macam pekerjaan
-     Polisi dan tentara
-     Petani dan pedagang
-     Tukang sampah
3 Minggu
3
AIR, UDARA, API
-     Air dan udara
-     Sumber-sumber api
2 Minggu
4
KOMUNIKASI
-     Macam-macam alat komunikasi
-     Pos koran dan majalah
2 Minggu
5
TANAH AIR
-     Lambang, bendera, nama negara
-     Lagu kebangsaan dan wajib
-     Hari besar nasional
3 Minggu
6
ALAM SEMESTA
-     Matahari, bulan, dan bintang
-     Bumi dan langit
-     Gejala alam
3 Minggu

Jumlah
17 Minggu

                                                     Magetan,
                                                                                      Kepala TK INTAN KASIH
                  

                                                                                (Devy Intan Pujiawati, S.Pd)

L.     RENCANA MENU MAKAN BERSAMA
TANGGAL
MAKANAN
MINUMAN
1 Juli 2015
Roti bakar isi madu
Jus apel
2 Juli 2015
Crakers gandum
Jus jeruk
3 Juli 2015
Kue lapis legit
Air mineral
4 Juli 2015
Kue kukus
Jus melon
5 Juli 2015
Kue donat
Teh hangat
6 Juli 2015
Kolak ubi
Jus alpukat
7 Juli 2015
Kue brownish
Susu sapi
8 Juli 2015
Puding melon
Jus jambu
9 Juli 2015
Pisang goreng
Es buah
10 Juli 2015
Kue padang bulan
Es oyen
11 Juli 2015
Kue serabi
Susu kedelai
12 Juli 2015
Kolak pisang
Es degan
13 Juli 2015
Crakers cokelat
Teh hijau
14 Juli 2015
Roti bakar
Es camcau
15 Juli 2015
Sandwich ayam
Teh hangat
16 Juli 2015
Kue pelangi
Susu kambing
17 Juli 2015
Burger sapi
Jus wortel
18 Juli 2015
Puding jambu merah
Jus tomat
19Juli 2015
Kue donat
Jus semangka
20 Juli 2015
Crakers vanila
Susu sapi
21 Juli 2015
Kue lapis legit
Jus belimbing
22 Juli 2015
Pizza sosis
Jus strawberry
23 Juli 2015
Kue serabi
Air mineral
24 Juli 2015
Puding kiwi
Jus anggur
25 Juli 2015
Burger ayam
Jus semangka
26 Juli 2015
Salad buah
Es mega mendung
27 Juli 2015
Kolak nangka
Susu kedelai
28 Juli 2015
Roti bakar keju
Es kacang hijau
29 Juli 2015
Kue molen
Es kelapa muda
30 Juli 2015
Kue padang bulan
Jus sirsak
31 Juli 2015
Kue pelangi
Susu sapi
Keterangan :
*)    Jadwal makan bersama di berikan kepada orang tua sebulan sekali.
**)  Apabila anak tidak suka dengan menu makanan harap di sampaikan kepada  
       guru atau  membawa bekal dari rumah.

                                                       Magetan,
                                                                                  Kepala TK INTAN KASIH
                  

                                                                                (Devy Intan Pujiawati, S.Pd)

M.   SASARAN PENDIRIAN TK
Sasaran utama dari pendirian TK ini adalah seluruh anak usia dini warga sekitar tempat pendirian TK INTAN KASIH.
N.    PELAYANAN YANG DIBERIKAN
1.                   LAYANAN PENDIDIKAN
·         Ruang belajar yang nyaman, sejuk, dan menyenangkan.
·         Peralatan mainan yang menunjang 9 kecerdasan anak ( fisik motorik, linguistik/bahasa, seni, moral agama, sosial, kognitif, dll)
·         VCD, TV, Radio, komputer, drum band, rebana, dan CD lagu-lagu anak.
·         Adanya kelas bakat dan seni
·         Ruang bermain,ruang kelas, dan ruang untuk anak yang sakit, ruang makan, ruang serbaguna, dan ruang Kamar Mandi/WC.
·         Sarana dan prasarana permainan outdoor dan indoor.
·         Alat penunjang kegiatan pembelajaran(gambar-gambar, hasil-hasil karya anak).
2.                   LAYANAN KESEHATAN DAN GIZI
·         Bekerjasama dengan posyandu tiap satu bulan sekali.
·         Pemeriksaan gigi secara rutin tiap 3 bulan sekali.
·         Pemberian vitamin tiap 3 bulan sekali.
·         Pemberian menu makanan yang bergizi dan menu berganti setiap hari.
·         Ruang khusus diberikan pada anak yang sakit parah dan bekerjasama dengan dokter spesialis anak dan psikolog anak.
·         Pemeriksaan berat badan dan tinggi badan setiap 2 minggu sekali.
·         Olahraga dilaksanakan tiap 1 minggu sekali.
O.       ADMINISTRASI TK INTAN KASIH
1.    ADMINISTRASI KETENAGAKERJAAN
a.      GURU
·         Kualifikasi Tenaga Pendidik :
-          Pendidikan terakhir minimal D4/S1
·         Kompetensi :
-          Memiliki kompetensi kepribadian yang baik.
-          Memiliki Keprofesionalan.
-          Memiliki kompetensi pedagogik.
-          Memiliki kompetensi sosial.
b.      Guru Pendamping.
·         Kualifikasi :
-          Lulusan D2 PGTK/SMA dan memiliki sertifikat pelatihan PAUD.
·         Kompetensi :
-          Memiliki kompetensi kepribadian yang baik.
-          Memiliki keprofesionalan.
-          Memilki jiwa pedagogik.
-          Memiliki kompetensi kesosialan yang tinggi.
c.       Pengasuh
·         Kualifikasi :
-          Lulusan SMA sederajat.
·         Kompetensi :
-          Memahami dasar-dasar pengasuh
-          Terampil melaksanakan pengasuhan
-          Bersikap dan berperilaku yang patut di contoh anak.
d.      Pengelola
·         Kualifikasi :
-          Lulusan SMA dan memiliki sertifikat pelatihan PAUD.
·         Kompetensi :
-          Memilki kompetensi kepribadian.
-          Adanya keprofesionalan kerja
-          Kemampuan manajerial yang baik.
-          Memiliki kompetensi sosial.

2.         ADMINISTRASI KEUANGAN

URAIAN BIAYA
REGULER
Biaya Pendaftaran
Rp. 200.000,-
Dana Partisipasi pengembangan
Rp. 600.000,-
Biaya buku dan peralatan belajar
Rp. 500.000,-
SPP Bulan Pertama
Rp. 200.000,-
JUMLAH
Rp. 1. 500.000,-







P.      SUSUNAN KEPENGURUSAN
PENANGGUNG JAWAB
Dra. Winda Wirasti M.Psi

PEMBINA
Novia Yuli M.Pd


 


KEPALA
Devy Intan Pujiawati, S.Pd

 

SEKERTARIS
Lya Rizcy Amylia, S.Pd

BENDAHARA
Linda Rizca Amylia, S.Pd


                                                                         GURU
Fitri Freeanti, S.Pd
Fanti Rohmawati, S.Pd
Nonike Rose Sodikin, S.Pd
Dian Fitriana, S.Pd
   
1.       Didik D W.,S.Pd
2.       Intan Sari.,S.Sn
3.       Heru S.,S.Ag
4.       Mira Ika., S.Pd
5.       Nikma P,.S.Sn
6.       Fitri R,.S.Pd
   GURU EXTRA


Q.    RINCIAN TUGAS
No
Tugas
Rincian Tugas
Nama
Pendidikan
1
Penanggungjawab
Bertanggungjawab atas semua keberlangsungan pelaksanaan program
Dra. Winda Wirasti M.Psi

S2
2
Pembina
Memberikan arahan tentang program serta pelaksanaan TK INTAN KASIH
Novia Yuli M.Pd
S2
3
Kepala
a.       Memanajemen TK INTAN KASIH
b.      Melakukan pengontrolan Kegiatan TK INTAN KASIH
Devy Intan Pujiawati, S.Pd
S1
4
Bendahara
a.       Bersama dengan kepala merencanakan anggaran TK INTAN KASIH
b.      Mengatur keuangan
Linda Rizca Amylia, S.Pd
SMA
5
Sekertaris
a.       Mengatur dan memanajemen surat yang keluar masuk
b.      Menyimpan semua dokumen
Lya Rizcy Amylia, S.Pd
SMA
6
Pendidik
a.       Melakukan pengajaran TK INTAN KASIH
b.      Membuat kurikulum
c.       Melaksanakan kurikulum
-          Fanti Rohmawati, S.Pd
-          Fitri Freeanti, S.Pd
-          Nonike Rose Sodikin, S.Pd
-          Dian Fitriana, S.Pd
S1


S1


S1



S1
7.
Pendidik Extra
a.       Mengajar extra
-          Didik D W.,S.Pd
-          Intan Sari.,S.Sn
-          Heru S.,S.Ag
-          Mira Ika., S.Pd
-          Nikma P,.S.Sn
-          Fitri R,.S.Pd
S1

S1

S1

S1

S1

S1

R.     RENCANA ANGGARAN DANA

NO
KETERANGAN
DEBET
(Rp)
KREDIT
(Rp)
1

2
Dana Percontohan

Managemen Pendidikan
a.      Konsumsi 2 x rapat koordinasi 9 orang @ Rp 20.000
b.      Pembuatan penyusunan proposal 7 orang @ Rp 30.000
c.      Pembuatan kurikulum pembelajaran 7 orang @ Rp 50.000
d.     Konsumsi rapat evaluasi progam 7 orang @ Rp 20.000
56.850.000,-





360.000

210.000

350.000

140.000

140.000

Total Managemen Pendidikan

1.200.000
3
ATK Peserta Didik
a.      Pembelian 3 Rim kertas F4 80 gram @ Rp 50.000
b.      Pembelian 4 tinta warna 3 botol @ Rp 30.000
c.      Pembelian Lakban 3 buah lakban @ Rp 15.000
d.     Pembelian kertas lipat untuk 30 anak @ Rp 8.000
e.      Buku kotak 30 buah @ Rp 5.000
f.       Krayon warna 30 buah @ Rp 12.000
g.      Pensil 30 buah @ 2.000
h.      Buku gambar 30 buah @ Rp 5.000


150.000

360.000

45.000

240.000

150.000
360.000

60.000
150.000

Total ATK Peserta Didik

1.515.000
4
Penyelengaraan Pendidikan
a.      Transportasi pembelajaran di luar kelas 12 x @ Rp 150.000
b.      Pemeriksaan dokter 12 x @ Rp 200.000
c.      Pembelian makan siang 30 anak @ Rp 5.000 selama 240 hari
d.     Pembelian snack 30 anak @ Rp 3.000 selama 240 hari
e.      Konsultan psikologi anak 24 x @ Rp 100.000


1.800.000

2.400.000

3.900.000

2.160.000

2.400.000

Total Penyelengaraan Pendidikan

12.660.000
5
Pengadaan Sarana dan Prsarana
a.      Pembelian balok pembangunan
b.      Pembelian permainan indoor
c.      Pembelian kasur UKS
d.     Pembelian puzzle 15 anak kotak @ Rp 50.000
e.      Pembelian puzzel 15 anak @ Rp 10.000
f.       Pembelian Main Peran
g.      Pembelian Karpet
h.      Pembelian 4 Ac  angin @ Rp 800.000
i.        Pembelian meja dan kursi belajar 15 anak @ Rp 100.000
j.        Pembelian drum band
k.      Pembelian rebana


1.000.000
3.000.000
1.500.000
775.000

150.000

300.000
500.000
3.200.000

1.500.000



8.000.000
3.000.000

Total Pengadaan Sarana dan Prsarana

22.925.000
6
Peningkatan Kompetensi Pendidik
a.      Outbond Intan Kasih
b.      Perencangan Rencana Kegiatan TK INTAN KASIH
c.      Seminar 7 Bunda sebanyak 6 x @ Rp 100.000
d.     Pelatihan B.Inggris 7 bunda @ Rp 150.000


1.000.000
1.500.000

4.200.000

1.050.000

Total Peningkatan Kompetensi Pendidik

7.750.000
7
Insentif Pendidik/Pengelola
a.      Insentif pengelola 6 bulan @ Rp 300.000
b.     Insentif 6 pendidik selama 6 bulan @ Rp 250.000


1.800.000

9.000.000

Total Insentif Pendidik/Pengelola

10.800.000

Total Keseluruhan

56.850.000,-
















S.      DENAH RUANGAN TK INTAN KASIH

DENAH RUANGAN TK INTAN KASIH
           Jl Purubaya II Blok A No 24 Magetan


                                      S 1               S 2           S 3            S 4              S 5           S 6            S 7                                     
                  R. TU                                                                       K1       K2       K3     K4
R.
M
A
K
A
N
KOLAM IKAN
                                                     
KOLAM                                                                                                       
    T.  BERMAIN OUT DOOR

 


               *T*A*M*A*N*                                                                              GUDANG
KETERANGAN :
S 1: Sentra Persiapan                                       S 5 : Sentra Bermain Peran      K 2 : Kamar Mandi Putri
S 2: Sentra Bahan Alam dan Sains      S 6 : Sentra Agama             K 3 : Kamar Mandi Putra
S 3: Sentra Balok                             S 7 : Sentra Musik                K 4 : Kamar Mandi Putra
S 4: Sentra Seni                                K 1 : Kamar Mandi Putri                  : Tempat Tunggu Orangtua
T.      DENAH LOKASI TPA INTAN KASIH
Stadion Kota
MAGETAN
****************
DENAH
LOKASI TK INTAN KASIH
          Jl Purubaya II Blok A No 24 Magetan


TK INTAN KASIH                DINKES K.PDAM K. PLNSAMSAT       RSUD    Bank BRI  Kantor Pos               
                             TERMINALSMK BPN                                                  JL Gubernur                                POLSEK                                              JL A.YANI                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     POLSEK                                                                                                  MASJID AGUNG
                  toko buku                                                                        
Pendopo                                         Jalan A Yani                                          STADION 
                    
                       Toko  Toko   Toko    Toko  Toko                                                                                           MAGETAN
  Toko                                                     DINAS      TOKO    LAP
Toko                                                                                          Pendidikan    BUNGA      FUTSAL
 Toko
RUMAH WARGA


U.     BROSUR TPA INTAN KASIH
(Halaman Depan)
 

















(Halaman Belakang)







LOWONGAN PEKERJAAN BAGI GURU, GURU PENDAMPING, DAN GURU EXTRA



V.    FORMULIR PENDAFTARAN
       FORMULIR PENDAFTARAN
   No :
DATA PESERTA DIDIK

1.      Nama                                                :
2.      Tempat, tgl lahir                               :
3.      Anak ke                                            :
4.      Riwayat persalinan                           :
5.      Riwayat kesehatan                           :
a.       Golongan darah                         :
b.      Penyakit berat yang diderita      :
c.       Penyakit yang sering diderita    :
d.      Kelainan                                    :
e.       Kebiasaan anak                         :

DATA ORANG TUA

1.      Nama Ayah                                     :
Alamat rumah                                 :
Alamat kantor                                 :
Telpon yang bisa dihubungi           :
2.      Nama Ibu                                        :
Alamat rumah                                 :
Alamat kantor                                 :
               Telpon yang bisa dihubungi        :

                      Mengetahui                                                Magetan,
        Kepala TK INTAN KASIH                          Orangtua Peserta didik







                Persyaratan pendaftaran :
-                       Menyerahkan fotocopy KTP orangtua(Ayah dan Ibu) masing-
masing 1 lbr
-                       Menyerahkan fotocopy KK 1 lbr
-                       Menyerahkan fotocopy Akta Kelahiran 2 lbr
-                       Membayar biaya pendaftaran
-                       Mengisi surat pernyataan
SURAT PERNYATAAN


Yang bertanda tangan di bawah ini :
              Nama                                                 :…………………………………… ………L/P
              Alamat                                   : ………………………………………………
              Telpon yang dapat dihubungi : ………………………………………………

Sebagai orangtua dari anak yang tersebut dibawah ini menyatakan bersedia menyekolahkan anak saya :
              Nama                                                 : ………………………………………………
              Umur                                      : …....…………………………………………
              Jenis kelamin                         : ………………………....................................

Ke Taman Kanak-Kanak Intan Kasih………………………….. Magetan dan mematuhi semua aturan dan kewajiban yang berlaku.


                                                                                                Magetan,
                                                                                                Yang menyatakan



                                                                                                                      (……………………..………….)







W.   Daftar Hadir Peserta Didik
DAFTAR HADIR PESERTA DIDIK
TK INTAN KASIH

KELAS                           :
GURU KELAS   :
NO
NAMA
TANGGAL
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
KM
JM
SB
AH
SN
SLS
RB
KM
JM
SB
AH
SN
SL
RB
KM
1
















2
















3
















4
















5
















6
















7
















8
















9
















10
















11
















12
















13
















14

















dst















JUMLAH
















                                                 Magetan,
                                                                                      Kepala TK INTAN KASIH
                  

                                                                                (Devy Intan Pujiawati, S.Pd)


X.    KARTU PEMBAYARAN IURAN
(Depan)



       KARTU PEMBAYARAN IURAN
                                               
         

                        NAMA                        :                                                                       
                        KELAS                       : 
                  TAHUN AJARAN     :


JL. PURUBAYA II NO 24 KECAMATAN MAGETAN   
KABUPATEN MAGETAN
TELP (0351) 893688 / 085648877346 KODE POS 63313




(Isi)
TAHUN PELAJARAN :
IURAN BULAN
TANGGAL PEMBAYARAN
BESAR IURAN
TANDA TANGAN PETUGAS
JANUARI



FEBRUARI



MARET



APRIL



MEI



JUNI



JULI



AGUSTUS



SEPTEMBER



OKTOBER



NOVEMBER



DESEMBER



Keterangan: Pembayaran SPP paling lambat tanggal 10 di bulan yang bersangkutan

                                                                                                 Magetan,
                                                                                                 Kepala Sekolah TK INTAN KASIH




Z.PENUTUP
            Demikian proposal pendirian program Taman Kanak-Kanak INTAN KASIH. Besar harapan kami dalam terwujudnya pendirian program ini Taman Kanak-Kanak INTAN KASIH , untuk dapat dijadikan sebagai tempat belajar bagi anak-anak usia dini. Atas perhatian dan bantuannya, kami haturkan terimakasih.

                  Kepala                                                                           Kepala
     TPA “INTAN KASIH”                                                          Sekertaris



   (Devy Intan Pujiawati, S.Pd)                                            (Lya Rizcy Amylia, S.Pd)


                                                            Mengetahui,
                                      Ketua Yayasan TPA “INTAN KASIH”


                                              
                                                             (Dra. Winda Wirasti M.Psi)







LAMPIRAN

9 komentar:

  1. Proposal lengkap bisa di emilkan bun ???

    BalasHapus
  2. Proposal lengkap bisa di emilkan bun ???

    BalasHapus
  3. setuju saya dukung demi anak indonesia yang cerdas

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum Bunda, Proposal bagus dan lengkap, kami sangat terinspirasi dan kalo boleh kami mohon dikirim ke e mail kami yp.alqurandarussalam@gmail.com, sebagai acuan kami rencana mendirikan taman pendidikan anak usia dini, sebelumnya kami ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  5. terimakasih bunda..gkapproposal yang bagus, mohon berkenan mengirimkan proposal lengkap nya ke email kami. terimakasih

    BalasHapus
  6. Proposal sangat bagus dan lengkap , boleh minta di kirim ke alamat email saya untuk bahan pembelajaran perkuliahan.. Terimakasih

    BalasHapus
  7. trima kasih,butuh untuk referensi pendirikan TK

    BalasHapus
  8. semoga sukses yah bu, ini contoh proposal paud sangat membantu sata bu. terimakasih Bu.

    BalasHapus
  9. Semoga sukses buk.....semoga ilmu yang ibuk dapat bisa ibuk bagi pula ke kami. Sehingga kami bisa seperti ibuk juga.buk BLH kah saya minta proposal yg lengkap buk untuk bahan kuliah saya..... terimakasih byk buk dari vebi

    BalasHapus