Senin, 03 November 2014

Membuat Tujuan Kegiatan AUD dengan Rumus ABCD



RPP
Permainan Anda Mendengar Apa yang saya Dengar

Kelompok                   : TK A
Kegiatan                      : Menebak macam-macam suara binatang
Konsep                        : Mengenal macam-macam suara binatang
Tujuan Kegiatan          :
·         A = Anak TK A
·         B = Mampu mengenal empat macam suara binatang yang sudah direkam
·         C = Setelah pendengaran suara rekaman
·         D = Dengan benar sesuai suara yang didengarkan
Metode                        :
·         Bermain, bercakap-cakap
Bahan dan alat                        :
1.      Hp
2.      Headset
Prosedur/Petunjuk       :
A.    Pembukaan
1.      Sebelum masuk ke kelas, anak berbaris di halaman dan masuk kelas dengan bergiliran
2.      Ketika dalam kelas, anak dipimpin untuk berdoa bersama sebelum memulai kegiatan. Dan setelah itu anak dibiasakan untuk mengucapkan salam.
3.      Untuk menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, guru memimpin untuk bernyanyi “ kodok ngorek” bersama.
B.     Inti
1.      Sebelum memulai kegiatan, guru bercakap-cakap tentang berbagai macam bahan masakan yang memiliki rasa yang berbeda-beda. Misalnya, gula rasanya manis.
2.      Guru memberikan suatu permainan yang berhubungan dengan rasa. Permainnya yaitu mengidentifikasi bahan masakan yang memiliki empat macam rasa yang berbeda-beda, yaitu manis, asin, pahit, dan juga masam.
3.      Sebelumnya, guru menjelaskan tentang bahan masakan yang disediakan, yaitu gula, garam, kopi, dan jeruk nipis.
4.      Kemudian, anak diminta untuk mengidentifikasi bahan masakan tersebut dengan merasakan masing-masing bahan masakan tersebut tanpa melihat (mata tertutup).
5.      Kegiatan ini dilakukan secara individu sehingga setiap anak bergiliran maju untuk mencicipi setiap bahan masakan tersebut.
6.      Untuk bahan masakan yang memiliki rasa yang kuat seperti rasa pahit guru menyediakan permen untuk diberikan kepada anak setelah mencicipi bahan masakan yang rasanya pahit. Hal ini untuk menghilangkan rasa pahit yang telah dicicipi oleh anak.
C.     Penutup
1.      Bercakap-cakap tentang kegiatan yang telah dilaksanakan, yaitu bercakap-cakap tentang berbagai macam bahan masakan berdasarkan rasanya.
2.      Bernyanyi bersama
3.      Beres-beres untuk bergegas pulang
4.      Berdoa
5.      Salam
6.      Pulang

Kriteria Penilaian :
= Anak mampu mengidentifikasi empat bahan masakan setelah diberi  contoh, dengan benar, dan tanpa melihat
= Anak mampu mengidentifikasi tiga bahan masakan setelah diberi contoh, dengan benar, dan tanpa melihat
= Anak mampu mengidentifikasi dua bahan masakan setelah diberi contoh, dengan benar, namun dengan mengintip
= Anak mampu mengidentifikasi satu bahan masakan setelah diberi contoh, dengan benar, namun dengan membuka penutup mata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar