RPP
Permainan Anda Mendengar Apa yang saya Dengar
Kelompok : TK
A
Kegiatan : Menebak
macam-macam suara binatang
Konsep : Mengenal macam-macam suara binatang
Tujuan Kegiatan :
·
A = Anak
TK A
·
B = Mampu
mengenal empat macam suara binatang yang sudah direkam
·
C = Setelah
pendengaran suara rekaman
·
D =
Dengan benar sesuai suara yang didengarkan
Metode :
·
Bermain,
bercakap-cakap
Bahan dan alat :
1. Hp
2. Headset
Prosedur/Petunjuk :
A. Pembukaan
1. Sebelum
masuk ke kelas, anak berbaris di halaman dan masuk kelas dengan bergiliran
2. Ketika
dalam kelas, anak dipimpin untuk berdoa bersama sebelum memulai kegiatan. Dan
setelah itu anak dibiasakan untuk mengucapkan salam.
3. Untuk
menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, guru memimpin untuk bernyanyi “ kodok ngorek” bersama.
B. Inti
1. Sebelum
memulai kegiatan, guru bercakap-cakap tentang berbagai macam bahan masakan yang
memiliki rasa yang berbeda-beda. Misalnya, gula rasanya manis.
2. Guru
memberikan suatu permainan yang berhubungan dengan rasa. Permainnya yaitu
mengidentifikasi bahan masakan yang memiliki empat macam rasa yang
berbeda-beda, yaitu manis, asin, pahit, dan juga masam.
3. Sebelumnya,
guru menjelaskan tentang bahan masakan yang disediakan, yaitu gula, garam,
kopi, dan jeruk nipis.
4. Kemudian,
anak diminta untuk mengidentifikasi bahan masakan tersebut dengan merasakan
masing-masing bahan masakan tersebut tanpa melihat (mata tertutup).
5. Kegiatan
ini dilakukan secara individu sehingga setiap anak bergiliran maju untuk
mencicipi setiap bahan masakan tersebut.
6. Untuk
bahan masakan yang memiliki rasa yang kuat seperti rasa pahit guru menyediakan
permen untuk diberikan kepada anak setelah mencicipi bahan masakan yang rasanya
pahit. Hal ini untuk menghilangkan rasa pahit yang telah dicicipi oleh anak.
C. Penutup
1.
Bercakap-cakap tentang
kegiatan yang telah dilaksanakan, yaitu bercakap-cakap tentang berbagai macam
bahan masakan berdasarkan rasanya.
2. Bernyanyi
bersama
3. Beres-beres
untuk bergegas pulang
4. Berdoa
5. Salam
6. Pulang
Kriteria Penilaian :
=
Anak mampu mengidentifikasi empat bahan masakan setelah diberi contoh, dengan benar, dan tanpa melihat
= Anak mampu
mengidentifikasi tiga bahan masakan setelah diberi contoh, dengan benar, dan
tanpa melihat
= Anak mampu
mengidentifikasi dua bahan masakan setelah diberi contoh, dengan benar, namun
dengan mengintip
= Anak mampu mengidentifikasi satu bahan
masakan setelah diberi contoh, dengan benar, namun dengan membuka penutup mata
Tidak ada komentar:
Posting Komentar