TUGAS ASSESMEN
INFORMASI PERKEMBANGAN ANAK
OLEH:
NAMA: DEVY INTAN PUJIAWATI
NIM :
101684010
KELAS : A
2010
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
S1 PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK
USIA DINI
2011
INFORMASI PERKEMBANGAN ANAK
A. Identitas
Anak:
1.
Nama :
Hendra Purwo Aji
2.
Tempat dan
tanggal lahir/umur : Magetan, 12 Januari 2007
3.
Jenis kelamin :
Laki-Laki
4.
Agama :
Islam
5.
Status anak :
Anak Kandung
6.
Anak ke dari
jumlah saudara : 2 dari 2 saudara
7.
Nama sekolah : TK
Handayani Plaosan
8.
Kelompok : A 1
9.
Alamat : Jalan raya plaosan, Manding Plaosan. Kecamatan Plaosan
B.
Riwayat Kelahiran:
1. Perkembangan masa kehamilan : Normal
2. Penyakit pada masa kehamilan : Batuk pilek, panas, dan muntah-muntah.
3. Usia kandungan : 9 bulan 10 hari
4. Riwayat proses kelahiran :
Melahirkan dengan cara normal
5. Tempat kelahiran :
RSUD Dr Sayidiman
6. Penolong proses kelahiran : Dokter
7.
Gangguan pada
saat bayi lahir :
Badan sering panas
8. Berat bayi
: 2,6 kg
9. Panjang bayi :
39 cm
10. Tanda-tanda kelainan pada bayi : Badan yang sering panas
C.
Perkembangan Masa Balita:
1.
Menyusu
ibunya hingga umur : 1,5 tahun
2.
Minum susu
kaleng hingga umur : -
3.
Imunisasi
(lengkap/tidak) :
lengkap
4.
Pemeriksaan/penimbangan
rutin/tdk : rutin
5.
Kualitas makanan : memenuhi makanan bergizi untuk anak
6.
Kuantitas
makan : Kurang baik
7.
Kesulitan
makan (ya/tidak) : tidak
D.
Perkembangan Fisik:
1.
Dapat berdiri
pada umur : 1 tahun 7
bulan
2.
Dapat
berjalan pada umur : 2
tahun 6 bulan
3.
Naik sepeda
roda tiga pada umur : -
4.
Naik sepeda
roda dua pada umur : -
5.
Bicara dengan
kalimat lengkap : -
6.
Kesulitan
gerakan yang dialami : Gerakan yang berhubungan dengan keseimbangan
7.
Status gizi
balita (baik/kurang) :
Baik
8.
Riwayat
kesehatan (baik/kurang) : Baik
9.
Penggunaan
tangan dominan : -
E.
Perkembangan Bahasa :
1. Meraba/berceloteh pada umur : 1 tahun 4 bulan
2. Mengucapkan satu suku kata yang bermakna kalimat
(mis. Buk berarti ibu) pada umur : 2 tahun 5 bulan
3. Berbicara dengan satu kata bermakna pada umur : 2 tahun 7 bulan
4. Berbicara dengan kalimat lengkap sederhana pada
umur : 2 tahun, 2 bulan
F.
Perkembangan Sosial:
1.
Hubungan
dengan saudara : Baik
2.
Hubungan
dengan teman : Baik
3.
Hubungan
dengan orangtua : Baik
4.
Hobi : Bermain
5.
Minat
khusus : Musik
G.
Perkembangan Pendidikan:
1.
Masuk TK
umur : 5 Tahun
2.
Lama
Pendidikan di TK : 2 Tahun
3.
Kesulitan
selama di TK : Anak sudah bosan dengan Pelajaran di TK
4.
Pernak tidak
naik kelas : Tidak Pernah
5.
Pelayanan
khusus yang pernah diterima anak :
-
6.
Prestasi
belajar yang dicapai : -
7.
Keterangan
lain yang dianggap perlu : -
Diisi tanggal,
27 Desember 2011
Orang tua,
(Teguh Pujianto)
Isian
Form 2
DATA ORANG TUA/WALI SISWA
(Diisi orang tua/wali siswa)
1. Nama : Hendra Purwo Aji
2. SD/MI : SDN KEPOLOREJO II
3. Kelas : 1 (Satu)
A.Identitas Orang tua/wali
Ayah:
1. Nama Ayah :
Teguh Pujianto
2. Umur :
42 Tahun
3. Agama :
Islam
4. Status ayah :
Ayah Kandung
5. Pendidikan Tertinggi : STM
6. Pekerjaan Pokok :
Swasta
7. Alamat tinggal :
Jln Purubaya II Blok A.24 Magetan
Ibu:
1. Nama Ibu :
Eni Dwi Sulistyowati
2. Umur :
40 Tahun
3. Agama :
Islam
4. Status Ibu :
Ibu Kandung
5. Pendidikan Tertinggi : S 1 Bahasa Indonesia
6. Pekerjaan Pokok :
PNS
7. Alamat tinggal : Jln Purubaya II Blok A.24 Magetan
Wali:
1. Nama :
-
2. Umur :
-
3. Agama :
-
4. Status perkawinan :
-
5. Pend. Tertinggi :
-
6. Pekerjaan :
-
7. Alamat :
-
8. Hubungan Keluarga :
-
B.
Hubungan Orang tua-anak
1. Kedua orang tua satu rumah :
Iya
2. Anak satu rumah dengan kedua orang tua : Iya
3.
Anak
diasuh wali/saudara :
Tidak
C. Sosial Ekonomi Orangtua
1. Jabatan formal ayah di kantor (jika ada) : Karyawan
2. Jabatan formal ibu di kantor (jika ada) : Guru kelas
3. Jabatan informal ayah di luar kantor (jika ada) : -
4. Jabatan informal ibu di luar kantor (jika ada) : -
5. Rata-rata penghasilan (kedua orangtua) perbulan :
1.500.000,-
D.Tanggungan dan Tanggapan Keluarga
1. Jumlah anak : 2 (dua)
2. Ysb. Anak yang ke : 2 (dua)
3. Persepsi orang tua terhadap anak ysb : Sangat
sayang
4. Kesulitan orang tua terhadap anak ysb.: Sulit
berkomunikasi
5. Harapan orang tua terhadap pendidikan anak
ysb. :
Agar anak tidak mudah bosan
6. Bantuan yang diharapkan orang tua untuk anak ysb.:
Memberikan layanan terbaik untuk anak
Diisi
tanggal : 27 Desember 2011
Orang
tua/wali Murid
(Teguh Pujianto)
ALAT IDENTIFIKASI
ANAK SULIT BERKONSENTRASI
Nama anak
: Hendra Purwo Aji
Kelas : Kelompok A1
Diisi tanggal : 27 Desember 2011
Guru Kelas : Devy Intan
Pujiawati
NO
|
GEJALA YANG DIAMATI
|
HASIL
|
KETERANGAN
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
1.
|
Membaca pada usia lebih muda,
|
ü
|
|
Anak mampu
membaca pada usia 2 tahun, 2 bulan
|
2.
|
Sering kesulitan untu Membaca lebih cepat dan lebih banyak
|
ü
|
|
Anak sudah
mampu membaca dengan lancar
|
3.
|
Memiliki
perbendaharaan kata yang luas
|
ü
|
|
Dalam hal komunikasi
dengan orang lain anak sering menggunakan kata-kata yang sering di ucapkan
orang yang lebih tua dari umurnya
|
4.
|
Mempunyai rasa ingin tahu yang kuat,
|
ü
|
|
Dalam proses
pembelajaran anak selalu banyak bertanya kepada guru
|
5.
|
Mempunayi minat
yang luas, juga terhadap masalah orang dewasa
|
ü
|
|
Anak cenderung bertanya
ketika guru ada sesuatu yang ia ingin tahu
|
6
|
Mempunyai
inisiatif dan dapat berkeja sendiri,
|
ü
|
|
Anak selalu
memiliki inisiatif lebih dari teman-temannya yang lain
|
7
|
Menunjukkan
keaslian (orisinalitas) dalam ungkapan verbal,
|
|
ü
|
Kadang anak
meniru dari kata-kata guru
|
8
|
Memberi
jawaban-jawaban yang baik,
|
ü
|
|
Ketika anak di
tanya pasti memberikan jawaban-jawaban yang memuaskan
|
9
|
Dapat memberikan
banyak gagasan,
|
ü
|
|
Ketika anak di
tanya pasti memberikan jawaban-jawaban yang tidak di fikirkan teman-temannya
yang lain
|
10
|
Luwes dalam
berpikir
|
ü
|
|
Apa yang anak
fikirkan selalu sesuai dengan apa yang telah di konsepkan guru
|
11
|
Terbuka terhadap
rangsangan-rangsangan dari lingkungan
|
ü
|
|
Anak selalu
menanggapi rangsang yang di berikan oleh guru
|
12
|
Mempunyai
pengamatan yang tajam,
|
ü
|
|
Anak selalu
mengomentari hal2 yang baru iya lihat
|
13
|
Dapat
berkonsentrasi untuk jangka waktu panjang, terutama terhadap tugas atau
bidang yang diminati,
|
ü
|
|
Ketika anak
bernyanyi ia selalu terlihat bersemangat dan tidak mau berhenti bernyanyi
|
14
|
Berpikir kritis, juga terhadap diri sendiri,
|
ü
|
|
Anak selalu
berceloteh tentang penampilan dia hari ini
|
15
|
Senang mencoba
hal-hal baru,
|
ü
|
|
Ketika selesai
bermain anak selalu mencoba permainan-permainan yang baru
|
16
|
Mempunyai daya abstraksi, konseptualisasi, dan sintesis yang
tinggi,
|
|
ü
|
Kadang anak
malah bermain sesuai dengan keinginannya sendiri
|
17
|
Senang terhadap kegiatan intelektual dan pemecahan-pemecahan
masalah,
|
ü
|
|
Anak selalu
senang bermain lego, puzzel dan selalu berhasil menyelesaikannya dengan
cepat.
|
18
|
Cepat menangkap hubungan sebab akibat,
|
ü
|
|
Anak selalu
pintar menghubungkan satu kegiatan dengan kegiatan secara bersamaan
|
19
|
Berperilaku terarah pada tujuan,
|
ü
|
|
Apapun yang
anak lakukan selalu sesuai dengan apa yang guru perintahkan
|
20
|
Mempunyai daya imajinasi yang kuat,
|
ü
|
|
Ketika dalam
pelajaran melukis anak selalu mengambar hal-hal yang unik-unik
|
21
|
Mempunyai banyak kegemaran (hobi),
|
|
ü
|
Anak paling
gemar dengan bernyanyi
|
22
|
Mempunyai daya ingat yang kuat,
|
ü
|
|
Anak selalu
mengingat hal-hal yang di ajarkan kepadanya kemarin.
|
23
|
Tidak cepat puas dengan prestasinya,
|
ü
|
|
Anak selalu
melakukan sesuatu yang baru ketika dia telah menyelesaikan tugas yang dia
berikan
|
24
|
Peka (sensitif) serta menggunakan firasat (intuisi),
|
|
ü
|
Anak kadang
melakukan hal-hal sesuai dengan apa yang ia inginkan
|
25
|
Menginginkan kebebasan dalam gerakan dan tindakan.
|
ü
|
|
Anak selalu
menginginkan segala sesuatu hal yang menurutnya menarik
|
Standart:18 Magetan, 27 Desember 2011
Yang mengamati,
(Devy Intan
Pujiawati)
Isian Form 4
DAFTAR ANAK YANG
BERINDIKASI BERKELAINAN DAN MEMERLUKAN PELAYANAN KHUSUS
1. TK : Handayani
Plaosan
2. Kelompok : A 1
3. Nama Guru Kelas : Devy Intan Pujiawati
No.
|
Nama
|
L/P
|
Uraian/kasus
Masalah
|
Keterangan
|
1.
|
Hendra Purwo Aji
|
L
|
1. Anak selalu
menyelesaikan segala sesuatu yang disuruh dan di perintah oleh guru dengan
sangat baik melampaui teman-teman sebayanya(Gifted)
2. Keluarga sederhana,
penghasilan rata rata Perbulan Rp.1.500.000,
dengan jumlah tanggungan keluarga 4 orang dan sangat sayang dengannya.
|
1. Dalam proses
pembelajaran, anak selalu lebih baik dari teman-teman sebayanya
|
Dibuat Tangal : 27 Desember 2011
Guru Kelas,
( Devy Intan Pujiawati )
PROGRAM ASESMEN
1. ASESMEN AKADEMIK
No
|
Asesmen Akademik
|
Keterangan
|
1.
|
Tema : DIRI
SENDIRI
a. Mengenal
anggota tubuh
|
a. Anak sudah
mengenal nama-nama masing-masing anggota tubuh, tapi dalam menunjuk bagian
tubuh dengan menyebutkan nama anggota tubuh tersebut anak masih sering
terbalik.
Misal :
Menunjuk bagian kaki, tapi menyebut nama itu lutut, dsb.
|
2.
ASESMEN NON
AKADEMIK
No
|
Asesmen Non Akademik
|
Keterangan
|
1
|
Motorik Kasar:
a.
Melompat 10 langkah dengan satu kaki
|
a.
Kemampuan motorik kasar anak dalam melompat dengan satu
kaki masih lamban, anak hanya mampu melompat sebanyak 2 langkah.
|
PROGRAM
INTERVENSI
1. INTERVENSI AKADEMIK
No
|
Intervensi
Akademik
|
Keterangan
|
1
|
a.
Anak mampu memahami dan bisa memahami tentang bagian
tumbuhan yang di tunjuk
|
a.
Melatih anak secara mendetail tentang bagian bagian
tumbuhan secara lebih detail
|
2. INTERVENSI NON AKADEMIK
No
|
Intervensi Non Akademik
|
Keterangan
|
1
|
Anak mampu
melompat 4 langkah dengan menggunakan satu kaki padahal teman-temannya hanya
mampu melompat 2 langkah saja.
|
Melatih koordinasi motorik kaki, dan keseimbangan agar anak mampu
melompat 6 langkah dengan satu kaki secara sempurna.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar