Senin, 03 November 2014

ASSESMEN INFORMASI PERKEMBANGAN ANAK


TUGAS ASSESMEN
INFORMASI PERKEMBANGAN ANAK




OLEH:
                                        NAMA:  DEVY INTAN PUJIAWATI
                                        NIM    :   101684010
                                        KELAS   :  A 2010






UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
S1 PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
2011

INFORMASI PERKEMBANGAN ANAK
A.  Identitas Anak:
1.              Nama                                                         : Hendra Purwo Aji
2.              Tempat dan tanggal lahir/umur                 : Magetan, 12 Januari 2007
3.              Jenis kelamin                                             : Laki-Laki
4.              Agama                                                       : Islam
5.              Status anak                                                : Anak Kandung
6.              Anak ke dari jumlah saudara                    : 2 dari 2 saudara
7.              Nama sekolah                                            : TK Handayani Plaosan
8.              Kelompok                                                 :  A 1
9.                  Alamat                                                    : Jalan raya plaosan, Manding Plaosan.  Kecamatan Plaosan
B.         Riwayat Kelahiran:
1.      Perkembangan masa kehamilan                    : Normal
2.       Penyakit pada masa kehamilan                    : Batuk pilek, panas, dan muntah-muntah.
3.      Usia kandungan                                         : 9 bulan 10 hari
4.      Riwayat proses kelahiran                              : Melahirkan dengan cara normal
5.      Tempat kelahiran                                           : RSUD Dr Sayidiman
6.      Penolong proses kelahiran                             : Dokter
7.         Gangguan pada saat bayi lahir                    : Badan sering panas
8.      Berat bayi                                                     : 2,6 kg
9.      Panjang bayi                                                  : 39 cm
10.     Tanda-tanda kelainan pada bayi                    : Badan yang sering panas


C.   Perkembangan Masa Balita:
1.          Menyusu ibunya hingga umur                     : 1,5 tahun
2.          Minum susu kaleng hingga umur                : -
3.          Imunisasi (lengkap/tidak)                            : lengkap
4.          Pemeriksaan/penimbangan rutin/tdk           : rutin
5.            Kualitas makanan                                     : memenuhi makanan bergizi untuk anak
6.          Kuantitas makan                                         : Kurang baik
7.          Kesulitan makan (ya/tidak)                         : tidak

D.  Perkembangan Fisik:
1.          Dapat berdiri pada umur                   : 1 tahun 7 bulan
2.          Dapat berjalan pada umur                 : 2 tahun 6 bulan
3.          Naik sepeda roda tiga pada umur      : -
4.          Naik sepeda roda dua pada umur      : -
5.          Bicara dengan kalimat lengkap          : -
6.          Kesulitan gerakan yang dialami          : Gerakan yang berhubungan    dengan keseimbangan
7.          Status gizi balita (baik/kurang)          : Baik
8.          Riwayat kesehatan (baik/kurang)     : Baik
9.          Penggunaan tangan dominan                          : -

E.  Perkembangan Bahasa :
1.      Meraba/berceloteh pada umur             : 1 tahun 4 bulan
2.      Mengucapkan satu suku kata yang bermakna kalimat (mis. Buk berarti ibu) pada umur                                                                     : 2 tahun 5 bulan
3.      Berbicara dengan satu kata bermakna pada umur      : 2 tahun 7 bulan
4.      Berbicara dengan kalimat lengkap sederhana pada umur       : 2 tahun, 2 bulan  

F.  Perkembangan Sosial:
1.              Hubungan dengan saudara     :  Baik
2.              Hubungan dengan teman       :  Baik
3.              Hubungan dengan orangtua   :  Baik
4.              Hobi                                       : Bermain
5.              Minat khusus                         :  Musik

G.  Perkembangan Pendidikan:
1.              Masuk TK umur                   :  5 Tahun
2.              Lama Pendidikan di TK        : 2 Tahun
3.              Kesulitan selama di TK        :  Anak sudah bosan dengan Pelajaran di TK
4.              Pernak tidak naik kelas       :  Tidak Pernah
5.              Pelayanan khusus yang pernah diterima anak         : -
6.              Prestasi belajar yang dicapai  : -
7.              Keterangan lain yang dianggap perlu : -

Diisi tanggal, 27 Desember 2011
                                                                                           Orang tua,



                                                                                            (Teguh Pujianto)   

Isian Form 2
DATA ORANG TUA/WALI SISWA
(Diisi orang tua/wali siswa)
                            1. Nama                                    : Hendra Purwo Aji 
                            2. SD/MI                                  : SDN KEPOLOREJO II
                            3. Kelas                                     : 1 (Satu)

A.Identitas Orang tua/wali
    Ayah:
1.   Nama Ayah                          : Teguh Pujianto
2.   Umur                                    : 42 Tahun
3.   Agama                                  : Islam
4.   Status ayah                           : Ayah Kandung
5.   Pendidikan Tertinggi            : STM
6.   Pekerjaan Pokok                   : Swasta
7.   Alamat tinggal                      : Jln Purubaya II Blok A.24 Magetan
Ibu:
1.   Nama Ibu                              : Eni Dwi Sulistyowati
2.   Umur                                    : 40 Tahun
3.   Agama                                  : Islam
4.   Status Ibu                             : Ibu Kandung
5.   Pendidikan Tertinggi            : S 1 Bahasa Indonesia
6.   Pekerjaan Pokok                   : PNS
7.   Alamat tinggal                      :  Jln Purubaya II Blok A.24 Magetan
Wali:
1.  Nama                                    : -
2.  Umur                                    : -
3.  Agama                                  : -
4.  Status perkawinan                : -
5.  Pend. Tertinggi                     : -
6.  Pekerjaan                              : -
7.  Alamat                                  : -
8.  Hubungan Keluarga             : -

B. Hubungan Orang tua-anak
1.      Kedua orang tua satu rumah                                 : Iya
2.      Anak satu rumah dengan kedua orang tua            : Iya
3.      Anak diasuh wali/saudara                                     : Tidak

C. Sosial Ekonomi Orangtua
1.      Jabatan formal ayah di kantor (jika ada)               : Karyawan
2.      Jabatan formal ibu di kantor (jika ada)                 : Guru kelas
3.      Jabatan informal ayah di luar kantor (jika ada)     : -
4.      Jabatan informal ibu di luar kantor (jika ada)     : -
5.      Rata-rata penghasilan (kedua orangtua) perbulan : 1.500.000,-

D.Tanggungan dan Tanggapan Keluarga
1.      Jumlah anak                    : 2 (dua)
2.      Ysb. Anak yang ke          : 2 (dua)
3.      Persepsi orang tua terhadap anak ysb   : Sangat sayang
4.      Kesulitan orang tua terhadap anak ysb.: Sulit 
                                                                  berkomunikasi
5.      Harapan orang tua terhadap pendidikan anak ysb.    :  Agar anak tidak mudah bosan
6.      Bantuan yang diharapkan orang tua untuk anak ysb.: Memberikan layanan terbaik untuk anak

Diisi tanggal : 27 Desember 2011
Orang tua/wali Murid


                                                                                                             (Teguh Pujianto)







ALAT IDENTIFIKASI ANAK SULIT BERKONSENTRASI

Nama anak                                          : Hendra Purwo Aji
Kelas                                                   : Kelompok A1
Diisi tanggal                                        : 27 Desember 2011
Guru Kelas                                          : Devy Intan Pujiawati

NO
GEJALA YANG DIAMATI
HASIL
KETERANGAN
YA
TIDAK
1.
Membaca pada usia lebih muda,

ü   

Anak mampu membaca pada usia 2 tahun, 2 bulan
2.
 Sering kesulitan untu Membaca lebih cepat dan lebih banyak
ü   

Anak sudah mampu membaca dengan lancar
3.
Memiliki perbendaharaan kata yang luas
ü   

Dalam hal komunikasi dengan orang lain anak sering menggunakan kata-kata yang sering di ucapkan orang yang lebih tua dari umurnya

4.

 Mempunyai rasa ingin tahu yang kuat,

ü   

Dalam proses pembelajaran anak selalu banyak bertanya kepada guru

5.
Mempunayi minat yang luas, juga terhadap masalah orang dewasa
ü   

Anak cenderung bertanya ketika guru ada sesuatu yang ia ingin tahu
6
Mempunyai inisiatif dan dapat berkeja sendiri,
ü   

Anak selalu memiliki inisiatif lebih dari teman-temannya yang lain
7
Menunjukkan keaslian (orisinalitas) dalam ungkapan verbal,

ü   
Kadang anak meniru dari kata-kata guru
8
Memberi jawaban-jawaban yang baik,
ü   

Ketika anak di tanya pasti memberikan jawaban-jawaban yang memuaskan
9
Dapat memberikan banyak gagasan,
ü   

Ketika anak di tanya pasti memberikan jawaban-jawaban yang tidak di fikirkan teman-temannya yang lain
10
Luwes dalam berpikir
ü   

Apa yang anak fikirkan selalu sesuai dengan apa yang telah di konsepkan guru
11
Terbuka terhadap rangsangan-rangsangan dari lingkungan
ü   

Anak selalu menanggapi rangsang yang di berikan oleh guru
12
Mempunyai pengamatan yang tajam,
ü   

Anak selalu mengomentari hal2 yang baru iya lihat
13
Dapat berkonsentrasi untuk jangka waktu panjang, terutama terhadap tugas atau bidang yang diminati,
ü   

Ketika anak bernyanyi ia selalu terlihat bersemangat dan tidak mau berhenti bernyanyi
14
Berpikir kritis, juga terhadap diri sendiri,

ü   

Anak selalu berceloteh tentang penampilan dia hari ini
15
Senang mencoba hal-hal baru,
ü   

Ketika selesai bermain anak selalu mencoba permainan-permainan yang baru
16
Mempunyai daya abstraksi, konseptualisasi, dan sintesis yang tinggi,


ü   
Kadang anak malah bermain sesuai dengan keinginannya sendiri
17
Senang terhadap kegiatan intelektual dan pemecahan-pemecahan masalah, 

ü   

Anak selalu senang bermain lego, puzzel dan selalu berhasil menyelesaikannya dengan cepat.
18
Cepat menangkap hubungan sebab ­akibat,

ü   

Anak selalu pintar menghubungkan satu kegiatan dengan kegiatan secara bersamaan
19
Berperilaku terarah pada tujuan,

ü   

Apapun yang anak lakukan selalu sesuai dengan apa yang guru perintahkan
20
Mempunyai daya imajinasi  yang kuat,

ü   

Ketika dalam pelajaran melukis anak selalu mengambar hal-hal yang unik-unik
21
Mempunyai banyak kegemaran (hobi),

ü   
Anak paling gemar dengan bernyanyi
22
Mempunyai daya ingat yang kuat,
ü   

Anak selalu mengingat hal-hal yang di ajarkan kepadanya kemarin.
23
Tidak cepat puas dengan prestasinya,

ü   

Anak selalu melakukan sesuatu yang baru ketika dia telah menyelesaikan tugas yang dia berikan
24
Peka (sensitif) serta menggunakan firasat (intuisi),

ü   
Anak kadang melakukan hal-hal sesuai dengan apa yang ia inginkan
25
Menginginkan kebebasan dalam gerakan dan tindakan.

ü   

Anak selalu menginginkan segala sesuatu hal yang menurutnya menarik
            Standart:18                                                                Magetan, 27 Desember 2011
                                                                                    Yang mengamati,

                                                                                     
                                                                                           (Devy Intan Pujiawati)





















Isian Form 4
DAFTAR ANAK YANG BERINDIKASI BERKELAINAN DAN MEMERLUKAN PELAYANAN KHUSUS


            1. TK                         : Handayani Plaosan
            2. Kelompok             : A 1
           3. Nama Guru Kelas  : Devy Intan Pujiawati

No.
Nama
L/P
Uraian/kasus Masalah
Keterangan
1.       


Hendra Purwo Aji








L



1.       Anak selalu menyelesaikan segala sesuatu yang disuruh dan di perintah oleh guru dengan sangat baik melampaui teman-teman sebayanya(Gifted)
2.       Keluarga sederhana, penghasilan rata rata   Perbulan Rp.1.500.000, dengan jumlah tanggungan keluarga 4 orang dan sangat sayang dengannya.

1.      Dalam proses pembelajaran, anak selalu lebih baik dari teman-teman sebayanya

Dibuat Tangal : 27 Desember 2011
                                                                                                                             Guru Kelas,

                                                                                   
                                                                                                                     ( Devy Intan Pujiawati )






PROGRAM ASESMEN

1.      ASESMEN AKADEMIK

No
Asesmen Akademik
Keterangan
1.
Tema : DIRI SENDIRI
a. Mengenal anggota tubuh

a. Anak sudah mengenal nama-nama masing-masing anggota tubuh, tapi dalam menunjuk bagian tubuh dengan menyebutkan nama anggota tubuh tersebut anak masih sering terbalik.
Misal : Menunjuk bagian kaki, tapi menyebut nama itu lutut, dsb.

2.      ASESMEN NON AKADEMIK

No
Asesmen Non Akademik
Keterangan
1
Motorik Kasar:
a.       Melompat 10 langkah dengan satu kaki
a.       Kemampuan motorik kasar anak dalam melompat dengan satu kaki masih lamban, anak hanya mampu melompat sebanyak 2 langkah.















PROGRAM INTERVENSI

1.      INTERVENSI AKADEMIK

No
Intervensi Akademik
Keterangan
1
a.       Anak mampu memahami dan bisa memahami tentang bagian tumbuhan yang di tunjuk
a.        Melatih anak secara mendetail tentang bagian bagian tumbuhan secara lebih detail

2.    INTERVENSI NON AKADEMIK

No
Intervensi Non Akademik
Keterangan
1
Anak  mampu melompat 4 langkah dengan menggunakan satu kaki padahal teman-temannya hanya mampu melompat 2 langkah saja.
Melatih koordinasi motorik kaki, dan keseimbangan agar anak mampu melompat 6 langkah dengan satu kaki secara sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar