Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH)
Usia : 5-6 Tahun
Kelompok : B
Semester / Minggu : I
/ XVI
Tema /
Sub Tema /
Sub sub Tema :
Binatang/Binatang Bersayap/Burung Dara
Hari/ tanggal : Selasa
Kompetensi
Inti (KI)
KI-1,KI -2 ,KI 3,KI-4
Kompetensi Dasar
(KD
1.1, 2.7, 3.3,4.3,3.5,4.5,3.15, 4.15
I.
MUATAN MATERI
- NAM 1.1.3 Bersyair bernafaskan agama
- SE 2.7.2 Mau mendengar ketika orang lain
berbicara
- F.MK 3.3.3 Melakukan permainan fisik, misal
kupu hinggap di bunga
- F.MH 3.3.9 Mencipta bentuk dengan lidi/batang
korek api
- F.K 3.4.3 Membersihkan peralatan makan
setelah digunakan
- B 3.11.2 Menggunakan dan menjawab pertanyaan
tentang informasi
- KOG 4.6.3 Mengelompokkan 2 kumpulan benda
yang sama jumlahnya, yang tidak sama, yang lebih banyak atau lebih
sedikit
- S 4.14.1 Bermain alat musik bersama teman
|
II.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Anak mampu mengucapkan
doa-doa pendek dan melakukan sesuai agama yang dianutnya
2.
Anak
dapat sabar menunggu giliran
3.
Anak
dapat menirukan gerakan binatang
4.
Anak
dapat menggambar
bebas dengan berbagai media (spidol, kapur tulis, arang, dll) dengan gambar
burung dara
5.
Anak
dapat mengurus
dirinya sendiri tanpa bantuan misal : mandi, menyisir rambut, memasang
kancing, mencuci dan melap tangan, mengikat tali sepatu
6.
Anak
dapat memberikan inisiatif dalam memilih tema permainan
(seperti; “ayo kita pura-pura terbang seperti burung dara”)
7.
Anak
dapat menari
menurut musik yang didengar
8.
Anak
dapat mendengarkan
dan menceritakan kembali cerita secara urut
9.
LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN (KBM)
I.
Kegiatan Awal (30 menit)
·
Berdoa
·
Ikrar
·
senam
II.
Kegiatan Inti (60 menit)
-
Mengamati
Anak duduk melingkar lalu mengamati gambar burung
dara yang diberikan guru lalu anak
di minta menyebutkan bagian-bagian tubuh burung dara
-
Menanya
Anak melakukan proses menanya tentang warna
burung dara dan perbedaannya dengan burung lainnya
-
Mengumpulkan
informasi, menalar, mengkomunikasi
Area bahasa
Kegiatan : Menggunakan
dan menjawab pertanyaan tentang informasi
Area seni
Kegiatan :
bermain alat music bersama teman
Area drama
Bermain drama
cerita tentang burung dara
III.
Istirahat/makan (30 menit)
IV.
Kegiatan Akhir (30 menit)
10. ALAT/MEDIA/SUMBER
BELAJAR
11. METODE
PEMBELAJARAN
12. ALAT/TEKNIK
PENILAIAN KEGIATAN ANAK
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini anak dapat :
1.
Anak dapat menghargai orang lain
dilingkungan sekitarnya
2.
Anak dapat memiliki prilaku santun
kepada orang tua
3.
Anak dapat melakukan gerakan berlari
dengan tantangan
4.
Anak dapat menyebutkan bilangan
5.
Anak dapat menggunakan kalimat pendek
dengan bercerita
6.
Anak dapat menunjukkan kelenturan otot
tangan dalam kegiatan mewarnai gambar
7.
Anak dapat menggenal benda dengan
menyusun leggo
E.
Media/
alat/ bahan
/ sumber belajar
Media :
Gambar
burung dara dan bagian-bagian tubuhnya
Alat
penilaian : Hasil karya,unjuk
kerja ,observasi
Sumber
belajar : Crayon,leggo,anak dan
guru
F. Metode :
Bercakap-cakap,Pemberian
tugas,Demonstrasi
G. Kegiatan Pembelajaran
No
|
Tahap Pembelajaran
|
Aktivitas Guru
|
Aktivitas Anak
|
Alokasi Waktu
|
|
Opening cirle
|
Bernyanyi
Melakukan
gerakan berlari
|
Bernyanyi
Meniru gerakan
berlari
|
15
menit
|
1
|
Pendahuluan
|
Salam
Berdoa sebelum
kegiatan guru menunjuk salah satu anak untuk memimpin
Melafalkan asmaul
husna
Pembinaan keimanan
Membaca kalimat
toyyiba “tasbih”sebagai tanda syukur atas nikmat allah
|
Memimpin doa
Membaca
tasbih
|
|
|
|
Motivasi dan Apersepsi
|
Percakapan anak dg
guru
|
|
|
|
Materi pagi dan
menyampaikan tema yg dilakukan
|
Menyimak
|
|
II
|
Inti
|
a.
mengamati
Menunjukkan
gambar burung dara
b.
Menanya
Anak
didorong untuk bertanya warna dan perbedaan burung dara dengan burung yang
lain
c.
Mengumpulkan informasi dan mengkomunikasikan
d.
Anak memperhatikan penjelasan
guru tentang kegiatan diarea yg dilakukan
|
Anak mengamati gambar burung dara
Anak bertanya tentang apa yang telah diamati pada gambar
Anak mengamati gambar dengan angkanya
Anak mengamati gambar,dan mewarnai
|
|
III
|
Istirahat
|
Menunjuk
salah satu anak untuk memimpin doa sebelum makan
|
Anak
membaca doa sebelum dan sesudah makan
|
|
IV
|
Penutup
|
Bercerita “burung
dara”
Diskusi kegiatan
satu hari/recolling-menginformasikan kegiatan untuk besok
-berdoa sebelum
pulang dan salam
|
Anak
mendengarkan cerita dan menjawab isi cerita
Diskusi
kegiatan satu
Hari
-Berdoa
salam
|
|
FORMAT
PENILAIAN
Kompetensi
Inti
(KI)
|
Kompetensi
yang di capai
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
Sikap Spiritual
|
-mengembangkan rasa syukur atas
nikmat yg diberi berupa anggota keluarga
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
-
Mengembangkan sikap dan prilaku santun terhadap
orang tua
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
-Mengetahui
uruttan angka dari 1-4
-Menyebutkan
benda yang tinggi dan yang rendah
-Mengetahui
cara mewarnai dan alat yang digunakan untuk mewarna
Menyebutkan
nama alat yg digunakan menyusun /membuat bentuk
-Mengenal
cara berlari dg menggunakan tongkat
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
- Menebali
angka sesuai dengan urutannya
-Mengurutkan
benda sesuai dengan tinggi rendahnya
Mewarnai
gambar adik dan kakak
Menyusun
leggo menjadi mainan kesukaan kakak dan adik
-Berlari
dengan membawa tongkat
|
|
|
|
|
MULOK
|
- Melafalkan
bacaan tasbih
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar