RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Devy Intan Pujiawati, S. Pd
PROGRAM STUDI :
S1 PG PAUD FIP UNESA
MATAKULIAH : Pengembangan
Kurikulum PAUD
KODE
MATAKULIAH : MKB 313
SEMESTER :
Empat
SKS : 3
(Tiga)
MK PRASYARAT : -
DOSEN PENGAMPU : Devy
Intan Pujiawati, S. Pd,
CAPAIAN
PEMBELAJARAN : Mahasiswa
mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan,
isi/materi, prinsip pengembangan
kurikulum, model kurikulum dan
implikasinya dalam kelas.
PERTEMUAN KE
|
KEMAMPUAN
AKHIR YANG DIHARAPKAN
|
INDIKATOR
|
BAHAN KAJIAN
|
METODE
|
BENTUK PEMBELAJARAN DAN PENGALAMAN BELAJAR
|
ALOKASI WAKTU
|
TEKNIK PENILAIAN
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
Mahasiswa memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan,
isi/materi, prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya
dalam kelas
|
· Memahami
pentingnya materi kurikulum PAUD bagi guru
· Mengidentifikasi
tujuan mata kuliah kurikulum PAUD
|
· Kurikulum
PAUD bagi guru
· Tujuan
mata kuliah kurikulum PAUD
|
· Ceramah
· Diskusi
Kelompok
|
· Bentuk
pembelajaran berupa kuliah
· Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen tentang pentingnya materi kurikulum
PAUD bagi guru
· Bentuk pembelajaran berupa kuliah
· Mahasiswa mencari dan membaca artikel- artikel dalam
majalah AUD tentang fenomena
perkembangan kurikulum PAUD dewasa ini, kemudian mendiskusikan fenomena
perkembangan tersebut.
|
150
menit
|
· Tes tulis
· Laporan
|
Media: Power point tentang pentingnya kurikulum PAUD
Artikel-artikel dalam majalah AUD
Sumber: Kostelnik, et al. (2002).
Developmentally Appropriate Curriculum |
2
|
Mahasiswa memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan,
isi/materi, prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya
dalam kelas
|
Menjelaskan hakekat perkembangan kurikulum:
· Menjelaskan
pengertian kurikulum menurut pendapat para ahli
· Menjelaskan
anatomi kurikulum
· Menjelaskan
landasan-landasan pengembangan kurikulum
|
Hakekat perkembangan kurikulum:
· Pengertian
kurikulum menurut pendapat para ahli
· Anatomi
kurikulum (tujuan, materi, strategi, evaluasi)
· Landasan-landasan
pengembangan kurikulum (filosofis, sosiologis, psikologis)
|
· Pembelajaran
Kooperatif
· Diskusi kelompok
|
· Bentuk pembelajaran berupa praktik dan kuliah
· Mempelajari hakekat
perkembangan kurikulum melalui pembelajaran on-line dengan model NHT (Numbered Head
Together).
· Menugaskan
mahasiswa untuk mencari landasan-landasan
pengembangan kurikulum (filosofis, sosiologis, psikologis) melalui
pembelajaran on-line model NHT (Numbered Head Together).
|
150
menit
|
· Tes tulis
· Portofolio
|
Media:
· Peta
konsep kurikulum
Sumber: Tim Dosen Kurpem,
Kurikulum dan Pembelajaran
· Buku sumber 1,
2, 4
|
3
|
Mahasiswa memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan,
isi/materi, prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya
dalam kelas
|
· Menjelaskan
pengertian kurikulum pendidikan anak usia dini.
· Menjelaskan
anatomi kurikulum PAUD
· Menjelaskan
karakteristik kurikulum PAUD
|
·Pengertian
kurikulum PAUD
·Anatomi
kurikulum (tujuan, materi, strategi, evaluasi)
·Karakteristik
kurikulum PAUD:
-Berorientasi perkembangan anak
-Holistic
-Terpadu
-Menggunakan pendekatan tematik
|
· Pembelajaran
Kooperatif
· Diskusi kelompok
|
· Bentuk pembelajaran berupa praktik dan kuliah
· Mempelajari pengertian
kurikulum PAUD melalui pembelajaran on-line dengan model NHT (Numbered Head
Together).
· Menugaskan
mahasiswa untuk mencari anatomi kurikulum (tujuan,
materi, strategi, evaluasi)
dan karakteristik kurikulum PAUD:
-Berorientasi perkembangan anak
-Holistic
-Terpadu
Menggunakan pendekatan tematik melalui pembelajaran on-line
model NHT (Numbered Head
Together).
|
150
menit
|
·
Portofolio
·
Unjuk kerja
|
Media: Peta konsep kurikulum PAUD
Sumber:
Developmentally App. Curr. Early Childhood Curr. Practical Guide to Early Childhood Curr. |
4-5
|
Mahasiswa memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan,
isi/materi, prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya
dalam kelas
|
· Menjelaskan
karakteristik kurikulum TK tahun 1968
· Menjelaskan
karakteristik kurikulum TK tahun 1976
|
· Karakteristik
kurikulum TK tahun 1968 (landasan, prinsip, tujuan, materi,strategi,
evaluasi)
· Karakteristik
kurikulum TK 1976(landasan, prinsip, tujuan, materi,strategi, evaluasi)
|
·
Studi kasus
·
Diskusi kelompok
|
·
Bentuk pembelajaran berupa kuliah.
·
Berdiskusi dan persentasi membahas masalah-masalah dan
karakteristik kurikulum TK tahun 1968
melalui model problem based learning.
·
Bentuk pembelajaran berupa kuliah.
·
Berdiskusi dan persentasi membahas masalah-masalah dan
karakteristik kurikulum TK tahun 1976
melalui model problem based learning.
|
300
menit
|
·
Portofolio
·
Laporan
·
Unjuk kerja
|
Media:
· PPT
Peta konsep Kurikulum PAUD 1968, 1976.
|
6-7
|
Mahasiswa memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan,
isi/materi, prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
kelas
|
Menjelaskan karakteristik kurikulum TK tahun 1984
Menjelaskan karakteristik kurikulum TK tahun 1994
Menjelaskan keunggulan dan kelemahan kurikulum TK 1968, 1976,
1984, 1994.
|
Karakteristik kurikulum TK 1984(landasan, prinsip, tujuan, materi,
strategi, evaluasi)
Karakteristik kurikulum TK 1994(landasan, prinsip, tujuan,
materi, strategi, dan evaluasi)
Keunggulan dan kelemahan kurikulum 1968, 1976, 1984, 1994.
|
·
Studi kasus
·
Pembelajaran berbasis masalah
·
Diskusi kelompok
|
·
Bentuk pembelajaran berupa kuliah.
·
Berdiskusi dan persentasi membahas
masalah-masalah dan karakteristik
kurikulum TK tahun 1984 melalui model problem based learning.
·
Bentuk pembelajaran berupa kuliah
·
Berdiskusi dan persentasi membahas
keunggulan serta kelemahan kurikulum TK tahun 1994 melalui model problem
based learning.
|
300
menit
|
·
Portofolio
·
Laporan
Unjuk kerja
|
Media:
· PPT
Peta konsep Kurikulum PAUD 1984, 1994.
|
8
|
UTS
|
150
menit
|
Tes
tulis
|
|
||||
9
|
Mahasiswa memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan,
isi/materi, prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya
dalam kelas
|
· Memahami
latar belakang lahirnya Kurikulum TK 2004
· Mengetahui
konsep standar kompetensi kurikulum TK 2004
· Menganalisis
Pedoman Pengembangan Silabus Kurikulum TK 2004
|
·
Latar belakang lahirnya Kurikulum TK
2004
·
Konsep standar kompetensi kurikulum TK
2004
·
Pedoman Pengembangan Silabus Kurikulum
TK 2004
|
·
Studi kasus
·
Pembelajaran berbasis masalah
|
·
Bentuk pembelajaran berupa kuliah.
· Berdiskusi
membahas hasil observasi tentang latar belakang lahirnya Kurikulum TK 2004
melalui model problem based learning.
· Bentuk pembelajaran berupa kuliah.
· Berdiskusi
membahas hasil observasi tentang konsep standar kompetensi kurikulum TK 2004melalui
model problem based learning.
· Bentuk pembelajaran berupa kuliah.
· Berdiskusi
membahas hasil observasi tentang Pedoman Pengembangan Silabus Kurikulum TK 2004 melalui
model problem based learning.
|
150
menit
|
· Portofolio
· Laporan
Unjuk kerja
|
Media:
PPT Peta konsep Kurikulum PAUD 2004.
|
10
|
Mahasiswa memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan,
isi/materi, prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya
dalam kelas
|
· Memahami
latar belakang lahirnya Kurikulum KTSP
· Mengetahui
konsep standar kompetensi kurikulum KTSP
· Menganalisis
Pedoman Pengembangan Silabus Kurikulum KTSP
|
·Latar
belakang lahirnya Kurikulum KTSP
·Konsep
standar kompetensi kurikulum KTSP
·Pedoman
Pengembangan Silabus Kurikulum KTSP
|
·
Studi kasus
·
Pembelajaran berbasis masalah
|
·
Bentuk pembelajaran berupa kuliah.
· Berdiskusi
membahas hasil observasi tentang latar belakang lahirnya Kurikulum KTSP melalui
model problem based learning.
· Bentuk pembelajaran berupa kuliah.
· Berdiskusi
membahas hasil observasi tentang konsep standar kompetensi kurikulum KTSP melalui
model problem based learning.
· Bentuk pembelajaran berupa kuliah.
· Berdiskusi
membahas hasil observasi tentang Pedoman Pengembangan Silabus Kurikulum KTSP melalui
model problem based learning.
|
150
menit
|
· Portofolio
· Laporan
Unjuk
kerja
|
Media:
PPT Peta konsep Kurikulum KTSP
|
11-12
|
Mahasiswa memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan,
isi/materi, prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya
dalam kelas
|
· Menjelaskan
latar belakang lahirnya kurikulum PAUD non formal
· Menjelaskan
karakteristik kurikulum PAUD non formal
|
· Latar
belakang lahirnya kurikulum PAUD non formal
· Karakteristik
kurikulum PAUD non formal:
-Tujuan
-Materi
-Strategi
-Evaluasi
|
· Ceramah
· Diskusi
kelompok
|
·
Bentuk
pembelajaran berupa kuliah
· Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen Latar
belakang lahirnya kurikulum PAUD non formal
· Bentuk pembelajaran berupa kuliah
· Mahasiswa mencari artikel AUD dengan cara browsing di
internet atau artikel majalah AUD tentang Karakteristik kurikulum
PAUD non formal:
-Tujuan
-Materi
-Strategi
- Evaluasi
|
300
menit
|
·
Tes Tulis
·Unjuk Kerja
|
·
Buku 1,3, 4
·
Media: Peta konsep Kurikulum PAUD non
formal Sumber: Menu Pembelajaran Generik untuk Anak Usia dini
·
Artikel- majalah AUD
· Situs-situs
web
|
13-14
|
Mahasiswa memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan,
isi/materi, prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya
dalam kelas
|
· Menjelaskan
pengertian pembelajaran tema
· Menjelaskan
karakteristik pembelajaran tema
· Menjelaskan
prinsip-prinsip pembelajaran tema
· Menjelaskan
kriteria pemilihan tema
· Menjabarkan
tema ke dalam konsep dan kegiatan belajar untuk anak
· Menjelaskan
manfaat pembelajaran tematik bagi anak dan guru
|
· Pengertian
pembelajaran tema
· Karakteristik
pembelajaran tema
· Prinsip-prinsip
pembelajaran tema
· Kriteria
pemilihan tema
· Penjabaran
tematik ke dalam konsep dan kegiatan belajar untuk anak
· Manfaat
pembelajaran tematik bagi anak dan guru.
|
· Ceramah
· Tanya jawab
|
·
Bentuk
pembelajaran berupa kuliah
·
Mahasiswa
mendengarkan penjelasan dosen tentangpengertian
pembelajaran tema
·
Bentuk
pembelajaran berupa kuliah
· Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen tentang
Prinsip-prinsip pembelajaran tema
·
Bentuk
pembelajaran berupa kuliah
· Mahasiswa mendengarkan penjelasan tentang
dosen Kriteria
pemilihan tematik
·
Bentuk
pembelajaran berupa kuliah
·
Mahasiswa
mendengarkan penjelasan dosen tentangpengertian
pembelajaran tematik
·
Bentuk
pembelajaran berupa kuliah
· Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen tentang
penjabaran tematik ke dalam konsep dan kegiatan belajar untuk anak
·
Bentuk
pembelajaran berupa kuliah
·
Mahasiswa
mendengarkan penjelasan dosen tentang manfaat
pembelajaran tematik bagi anak dan guru.
|
300
menit
|
· Tes lisan
|
Media:
· PPT
pembelajaran tematik untuk Anak Usia dini
· Buku
Sumber 6, 7, 8
|
15
|
Mahasiswa memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan,
isi/materi, prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya
dalam kelas
|
·
Menampilkan pengembangan tematik yang
telah dibuatnya dalam diskusi kelompok
·
Menilai pengembangan tema yang
disajikan oleh setiap kelompoknya.
|
Pengembangan tematik
|
· Diskusi
kelompok
|
·
Bentuk pembelajaran berupa kuliah.
·
Berdiskusi dan mempresentasikan
membahas hasil pengembangan tematik yang telah dibuatnya dalam diskusi kelompok
·
Bentuk pembelajaran berupa kuliah.
·
Berdiskusi dan menilai
pengembangan tematik yang disajikan oleh setiap kelompoknya
|
150
menit
|
Tes
Lisan
|
Media:
· PPT
· Buku Sumber 3,
5, 7
|
16
|
UAS
|
150
menit
|
Tes
tulis
|
|
Evaluasi :
- Unjuk Kerja :
10%
- Observasi :
10%
- Tes Tulis :
10%
- Portofolio :
15%
- Praktik : 30%
- Ujian Tulis :
25%
Sumber
Kepustakaan ;
1.
Hariwijaya
& Bertiani. 2009. PAUD Melejitkan
Potensi Anak Dengan Pendidikan Sejak Dini. Yogyakarta: Mahadhika
Publishing
2.
Harianti,
Diah. 1994. Program Kegiatan Belajar TK.
Jakarta: Depdikbud
3.
Jamar
Makmur Asmani. 2009. Managemen Strategi
Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press
4.
Nana
Syaodih Sukmadinata. 1997. Pengembangan
Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
5.
Riyanto,
Yatim. 2000. Pengembangan Kurikulum.
Surabaya: Unesa University Press.
6.
_______.
1994. Petunjuk KBM TK Nomor 9, 10.
Jakarta: Depdikbud.
7.
Zais,
Robert S. 1976. Curriculum : Prinsiple
and foundation: Happer and row, Publisher.
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
PROGRAM STUDI : S1 PG PAUD FIP UNESA
MATAKULIAH : Pengembangan
Kurikulum PAUD
KODE
MATAKULIAH :
MKB 313
SEMESTER : Empat
SKS : 3 (Tiga)
PERTEMUAN
KE : 1
MK PRASYARAT : -
DOSEN PENGAMPU : Devy Intan
Pujiawati, S. Pd,
CAPAIAN PEMBELAJARAN : Mahasiswa
mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
prinsip
pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
kelas.
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN: Mahasiswa mampu
memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
prinsip pengembangan kurikulum, model
kurikulum dan implikasinya dalam
kelas.
INDIKATOR : 1. Memahami pentingnya materi kurikulum PAUD bagi guru
2. Mengidentifikasi tujuan mata kuliah kurikulum PAUD
TUJUAN PEMBELAJARAN : 1.
Mahasiswa dapat memahami pentingnya materi kurikulum
PAUD bagi guru
dini
dengan baik.
2. Mahasiswa dapat mengidentifikasi tujuan mata kuliah
kurikulum PAUD
MATERI PELAJARAN :
1.
Kurikulum PAUD bagi guru
2. Tujuan mata kuliah kurikulum PAUD
METODE DAN BENTUK PEMBELAJARAN : Ceramah, diskusi kelompok
SUMBER BELAJAR :
Power point tentang pentingnya kurikulum PAUD, artikel-artikel
dalam
majalah AUDSumber:
Kostelnik, et al. (2002). Developmentally Appropriate
Curriculum
PROSEDUR PEMBELAJARAN : 150 menit
PERTEMUAN 1
Tahap
Kegiatan
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu (menit)
|
Pelaksanaan
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
|||
Kegiatan Awal
|
Apersepsi
menanyakan apa yang diketahui mahasiswa tentang kurikulum pendidikan
anak usia dini
|
Menjawab
pertanyaan dosen dan menyimak penjelasan yang disampaikan dosen
|
15
|
|
Kegiatan Inti
|
Menjelaskan pentingnya materi kurikulum PAUD bagi
guru dini
Menjelaskan tentang mengidentifikasi
tujuan mata kuliah kurikulum PAUD
Memperhatikan dan
memberikan masukan atas presentasi hasil diskusi kelompok
|
Menyimak
penjelasan yang disampaikan dosen
Mencari dan
membaca artikel- artikel dalam majalah AUD tentang fenomena
perkembangan kemampuan kognitif AUD dan mendiskusikan bersama kelompoknya dari hasil
fenomena tersebut.
Secara bergantian
setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan
memperhatikan masukan atau saran dari kelompok lain dan dosen.
|
120
|
|
Kegiatan Penutup
|
Menyimpulkan dan
memberikan pemantapan terhadap materi yang telah didiskusikan
Memberikan tindak
lanjut membaca buku
(modul) dan tugas untuk kegiatan perkuliahan berikutnya
|
Memperhatikan dan
mencatat hasil kesimpulan
Melakukan atau
melaksanakan tindak lanjut
|
15
|
PENILAIAN : Tes Tulis dan Laporan
LAMPIRAN
·
Lembar Kegiatan
·
Uraian Materi
·
Instrumen Penilaian dan Pedoman- pedoman/ rubric
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
PROGRAM STUDI : S1 PG PAUD FIP UNESA
MATAKULIAH :
Pengembangan Kurikulum PAUD
KODE
MATAKULIAH : MKB 313
SEMESTER :
Empat
SKS :
3 (Tiga)
PERTEMUAN
KE : 2
MK PRASYARAT :
-
DOSEN PENGAMPU : Devy Intan
Pujiawati, S. Pd,
CAPAIAN PEMBELAJARAN : Mahasiswa
mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
prinsip
pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
kelas.
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN: Mahasiswa mampu
memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
prinsip pengembangan kurikulum, model
kurikulum dan implikasinya dalam
kelas.
INDIKATOR : 1. Menjelaskan hakekat perkembangan kurikulum:
2. Menjelaskan pengertian kurikulum menurut
pendapat para ahli
3. Menjelaskan
anatomi kurikulum
4. Menjelaskan
landasan-landasan pengembangan kurikulum
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Mahasiswa mampu menjelaskan
pengertian
kurikulum menurut pendapat para ahli
dengan
baik.
2. Mahasiswa mampu menjelaskan anatomi
kurikulum dini
dengan baik.
3. Mahasiswa
mampu menjelaskan landasan-
landasan pengembangan
kurikulum dini dengan
baik.
MATERI PELAJARAN :
Hakekat perkembangan
kurikulum:
1. Pengertian kurikulum
menurut pendapat para ahli
2.
Anatomi kurikulum (tujuan, materi, strategi, evaluasi)
3.
Landasan-landasan
pengembangan kurikulum (filosofis, sosiologis, psikologis)
METODE DAN BENTUK PEMBELAJARAN : Pembelajaran Kooperatif,
diskusi
kelompok
SUMBER BELAJAR :
Peta konsep kurikulum (Sumber:
Tim Dosen
Kurpem, Kurikulum dan Pembelajaran) Buku sumber 1,
2, 4
PROSEDUR PEMBELAJARAN :
150 menit
PERTEMUAN 2
Tahap
Kegiatan
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu (menit)
|
Pelaksanaan
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
|||
Kegiatan Awal
|
Apersepsi
menanyakan apa yang diketahui mahasiswa tentang pengertian kurikulum menurut pendapat para ahli
|
Menjawab dan menyimak
penjelasan yang disampaikan dosen
|
15
|
|
Kegiatan Inti
|
Menjelaskan pengertian kurikulum
menurut pendapat para ahli serta anatomi kurikulum (tujuan, materi, strategi,
evaluasi), melalui
pembelajaran on-line dengan model NHT dan membagi mahasiswa dalam 6 kelompok
Menugaskan mahasiswa untuk mencari landasan-landasan
pengembangan kurikulum (filosofis, sosiologis, psikologis) melalui pembelajaran on-line model NHT
|
Menyimak
penjelasan yang disampaikan dosen
Mencari karakteristik
landasan-landasan pengembangan kurikulum (filosofis, sosiologis,
psikologis)melalui pembelajaran on-line model NHT dan mendiskusikan bersama kelompoknya
|
120
|
|
Kegiatan Penutup
|
Menyimpulkan dan
memberikan pemantapan terhadap materi yang telah didiskusikan
Memberikan tindak
lanjut membaca buku
(modul) dan tugas untuk kegiatan perkuliahan berikutnya
|
Memperhatikan dan
mencatat hasil kesimpulan
Melakukan atau
melaksanakan tindak lanjut
|
15
|
PENILAIAN : Tes Tulis dan Portofolio
LAMPIRAN
·
Lembar Kegiatan
·
Uraian Materi
·
Instrumen Penilaian dan Pedoman- pedoman/ rubric
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
PROGRAM STUDI : S1 PG PAUD FIP UNESA
MATAKULIAH :
Pengembangan Kurikulum PAUD
KODE
MATAKULIAH : MKB 313
SEMESTER :
Empat
SKS :
3 (Tiga)
PERTEMUAN
KE : 3
MK PRASYARAT :
-
DOSEN PENGAMPU : Devy Intan
Pujiawati, S. Pd,
CAPAIAN PEMBELAJARAN : Mahasiswa
mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
prinsip
pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
kelas.
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN: Mahasiswa mampu
memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
prinsip pengembangan kurikulum, model
kurikulum dan implikasinya dalam
kelas.
INDIKATOR : 1. Menjelaskan pengertian
kurikulum PAUD menurut pendapat para ahli
2. Menjelaskan anatomi kurikulum PAUD
3.Menjelaskan landasan-landasan pengembangan
kurikulum PAUD
-Berorientasi perkembangan anak
-Holistic
-Terpadu
-Menggunakan pendekatan tematik
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Mahasiswa mampu menjelaskan
pengertian kurikulum PAUD menurut
pendapat para ahli dengan baik.
2. Mahasiswa mampu menjelaskan anatomi kurikulum PAUD
dengan baik.
3. Mahasiswa
mampu menjelaskan landasan-landasan pengembangan
kurikulum
PAUD dini dengan baik.
MATERI PELAJARAN :
Hakekat perkembangan
kurikulum PAUD:
1.
Pengertian kurikulum PAUD
2.
Anatomi kurikulum (tujuan,
materi, strategi, evaluasi)
3.
Karakteristik kurikulum
PAUD:
· Berorientasi perkembangan anak
· Holistic
· Terpadu
· Menggunakan pendekatan tematik
METODE DAN BENTUK PEMBELAJARAN : Pembelajaran
Kooperatif, diskusi kelompok
SUMBER BELAJAR :
Peta konsep kurikulum
PAUD (Sumber: Tim Dosen Kurpem, Kurikulum dan
Pembelajaran) Buku sumber 1,
2, 4
PROSEDUR PEMBELAJARAN :
150 menit
PERTEMUAN 3
Tahap
Kegiatan
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu (menit)
|
Pelaksanaan
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
|||
Kegiatan Awal
|
Apersepsi
menanyakan apa yang diketahui mahasiswa tentang pengertian kurikulum menurut pendapat para ahli
|
Menjawab dan menyimak
penjelasan yang disampaikan dosen
|
15
|
|
Kegiatan Inti
|
Menjelaskan pengertian kurikulum
menurut pendapat para ahli serta anatomi kurikulum (tujuan, materi, strategi,
evaluasi), melalui
pembelajaran on-line dengan model NHT dan membagi mahasiswa dalam 6 kelompok
Menugaskan mahasiswa untuk
mencari landasan-landasan pengembangan kurikulum Karakteristik kurikulum
PAUD:
·
Berorientasi perkembangan anak
·
Holistic
·
Terpadu
Menggunakan
pendekatan tematik
melalui pembelajaran on-line model NHT
|
Menyimak
penjelasan yang disampaikan dosen
Mencari karakteristik
landasan-landasan pengembangan kurikulum (filosofis, sosiologis,
psikologis)melalui pembelajaran on-line model NHT dan mendiskusikan bersama kelompoknya
|
120
|
|
Kegiatan Penutup
|
Menyimpulkan dan
memberikan pemantapan terhadap materi yang telah didiskusikan
Memberikan tindak
lanjut membaca buku
(modul) dan tugas untuk kegiatan perkuliahan berikutnya
|
Memperhatikan dan
mencatat hasil kesimpulan
Melakukan atau
melaksanakan tindak lanjut
|
15
|
PENILAIAN : Tes Tulis dan Portofolio
LAMPIRAN
·
Lembar Kegiatan
·
Uraian Materi
·
Instrumen Penilaian dan Pedoman- pedoman/ rubric
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
PROGRAM STUDI : S1 PG PAUD FIP UNESA
MATAKULIAH :
Pengembangan Kurikulum PAUD
KODE
MATAKULIAH : MKB 313
SEMESTER :
Empat
SKS :
3 (Tiga)
PERTEMUAN
KE : 4-5
MK PRASYARAT :
-
DOSEN PENGAMPU : Devy Intan
Pujiawati, S. Pd,
CAPAIAN PEMBELAJARAN : Mahasiswa
mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
prinsip
pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
kelas.
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN: Mahasiswa mampu
memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
prinsip pengembangan kurikulum, model
kurikulum dan implikasinya dalam
kelas.
INDIKATOR : 1. Menjelaskan
karakteristik kurikulum TK tahun 1968
2. Menjelaskan karakteristik kurikulum TK
tahun 1976
TUJUAN PEMBELAJARAN : 1 Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik kurikulum TK tahun 1968
setelah berdiskusi kelompok dengan baik.
2.
Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik kurikulum TK tahun 1976
setelah berdiskusi kelompok dengan baik
MATERI PELAJARAN :
1.
Karakteristik kurikulum
TK tahun 1968 (landasan, prinsip, tujuan,
materi,strategi, evaluasi)
2. Karakteristik kurikulum TK 1976(landasan,
prinsip, tujuan, materi,strategi,
evaluasi)
METODE DAN BENTUK PEMBELAJARAN : Studi kasus, diskusi kelompok
SUMBER BELAJAR :
PPT Peta konsep Kurikulum PAUD 1968,
1976.
PROSEDUR PEMBELAJARAN :
300 menit
PERTEMUAN 4-5
Tahap
Kegiatan
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu (menit)
|
Pelaksanaan
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
|||
Kegiatan Awal
|
Mengemukakan
langkah- langkah atau prosedur pelaksanaan presentasi kelompok, yang meliputi
sistem penilaian, keaktifan dan masing- masing kelompok bertugas mengomentari
hasil presentasi tersebut.
|
Menjawab
dan menyimak penjelasan yang disampaikan dosen
|
30
|
|
Kegiatan Inti
|
Memperhatikan dan
memberikan masukan atas presentasi hasil diskusi kelompok
|
Mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan
memperhatikan masukan atau saran dari kelompok lain dan dosen
tentang karakteristik kurikulum TK tahun 1968 (landasan, prinsip,
tujuan, materi,strategi, evaluasi dan karakteristik kurikulum TK
1976(landasan, prinsip, tujuan, materi,strategi, evaluasi)
|
240
|
|
Kegiatan Penutup
|
Menyimpulkan dan
memberikan pemantapan terhadap materi yang telah didiskusikan
Memberikan tindak
lanjut membaca buku
(modul) dan tugas untuk kegiatan perkuliahan berikutnya
|
Memperhatikan dan
mencatat hasil kesimpulan
Melakukan atau
melaksanakan tindak lanjut
|
30
|
PENILAIAN :
Portofolio, Unjuk kerja
LAMPIRAN
·
Lembar Kegiatan
·
Uraian Materi
·
Instrumen Penilaian dan Pedoman- pedoman/ rubric
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PROGRAM STUDI : S1 PG PAUD FIP UNESA
MATAKULIAH :
Pengembangan Kurikulum PAUD
KODE
MATAKULIAH : MKB 313
SEMESTER :
Empat
SKS :
3 (Tiga)
PERTEMUAN
KE : 6-7
MK PRASYARAT :
-
DOSEN PENGAMPU : Devy Intan
Pujiawati, S. Pd,
CAPAIAN PEMBELAJARAN : Mahasiswa
mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
prinsip
pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
kelas.
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN: Mahasiswa mampu
memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
prinsip pengembangan kurikulum, model
kurikulum dan implikasinya dalam
kelas.
INDIKATOR : 1. Menjelaskan
karakteristik kurikulum TK tahun 1984
2. Menjelaskan karakteristik kurikulum TK tahun 1994
TUJUAN PEMBELAJARAN : 1. Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik kurikulum TK
tahun 1984 setelah
bekerja kelompok
dengan baik
2. Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik kurikulum TK tahun 1994
setelah
bekerja kelompok dengan baik
MATERI PELAJARAN :
1. Karakteristik kurikulum TK 1984(landasan, prinsip, tujuan, materi,
strategi,
evaluasi)
2. Karakteristik kurikulum TK 1994(landasan,
prinsip, tujuan, materi, strategi,
evaluasi)
METODE DAN BENTUK
PEMBELAJARAN : Studi kasus, diskusi
kelompok, pembelajaran
berbasis masalah
SUMBER BELAJAR :
PPT Peta konsep Kurikulum PAUD 1968,
1976.
PROSEDUR PEMBELAJARAN :
300 menit
PERTEMUAN 6-7
Tahap
Kegiatan
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu (menit)
|
Pelaksanaan
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
|||
Kegiatan Awal
|
Mengemukakan
langkah- langkah atau prosedur pelaksanaan presentasi kelompok, yang meliputi
sistem penilaian, keaktifan dan masing- masing kelompok bertugas mengomentari
hasil presentasi tersebut.
|
Menjawab
dan menyimak penjelasan yang disampaikan dosen
|
30
|
|
Kegiatan Inti
|
Memperhatikan dan
memberikan masukan atas presentasi hasil diskusi kelompok
|
Mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan
memperhatikan masukan atau saran dari kelompok lain dan dosen
tentang karakteristik kurikulum TK tahun 1968 (landasan, prinsip,
tujuan, materi,strategi, evaluasi dan karakteristik kurikulum TK
1976(landasan, prinsip, tujuan, materi,strategi, evaluasi)
|
240
|
|
Kegiatan Penutup
|
Menyimpulkan dan
memberikan pemantapan terhadap materi yang telah didiskusikan
Memberikan tindak
lanjut membaca buku
(modul) dan tugas untuk kegiatan perkuliahan berikutnya
|
Memperhatikan dan
mencatat hasil kesimpulan
Melakukan atau
melaksanakan tindak lanjut
|
30
|
PENILAIAN :
Portofolio, Laporan
Unjuk
kerja
LAMPIRAN
·
Lembar Kegiatan
·
Uraian Materi
·
Instrumen Penilaian dan Pedoman- pedoman/ rubric
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PROGRAM STUDI : S1 PG PAUD FIP UNESA
MATAKULIAH :
Pengembangan Kurikulum PAUD
KODE
MATAKULIAH : MKB 313
SEMESTER :
Empat
SKS :
3 (Tiga)
PERTEMUAN
KE : 9
MK PRASYARAT :
-
DOSEN PENGAMPU : Devy Intan
Pujiawati, S. Pd,
CAPAIAN PEMBELAJARAN : Mahasiswa
mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
prinsip
pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
kelas.
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN: Mahasiswa mampu
memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
prinsip pengembangan kurikulum, model
kurikulum dan implikasinya dalam
kelas.
INDIKATOR : 1. Memahami latar belakang lahirnya
Kurikulum TK 2004
2.
Mengetahui
konsep standar kompetensi kurikulum TK 2004
3.
Menganalisis
Pedoman Pengembangan Silabus Kurikulum TK 2004
TUJUAN PEMBELAJARAN : 1. Mahasiswa mampu memahami latar belakang lahirnya
Kurikulum TK
2004
setelah pemberian study kasus dengan baik
2.
Mahasiswa mampu mengetahui konsep standar kompetensi
kurikulum TK 2004 setelah pemberian study kasus dengan baik
3.
Mahasiswa mampu menganalisis Pedoman Pengembangan
Silabus Kurikulum TK 2004 setelah pemberian study kasus dengan baik
MATERI PELAJARAN :
1 Latar belakang lahirnya Kurikulum TK
2004
2. Konsep
standar kompetensi kurikulum TK 2004
3. Pedoman
Pengembangan Silabus Kurikulum TK 2004
METODE DAN BENTUK PEMBELAJARAN : Studi kasus, pembelajaran
berbasis masalah
SUMBER BELAJAR :
PPT Peta konsep Kurikulum PAUD 2004.
PROSEDUR PEMBELAJARAN :
150 menit
PERTEMUAN 9
Tahap
Kegiatan
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu (menit)
|
Pelaksanaan
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
|||
Kegiatan Awal
|
Mengemukakan
langkah- langkah atau prosedur pelaksanaan presentasi kelompok, yang meliputi
sistem penilaian, keaktifan dan masing- masing kelompok bertugas mengomentari
hasil presentasi tersebut.
|
Menjawab dan
menyimak penjelasan yang disampaikan dosen
|
15
|
|
Kegiatan Inti
|
Memperhatikan dan
memberikan masukan atas presentasi hasil diskusi kelompok
|
Mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan
memperhatikan masukan atau saran dari kelompok lain dan dosen tentang latar belakang lahirnya Kurikulum TK 2004, konsep standar
kompetensi kurikulum TK 2004, serta pedoman Pengembangan Silabus Kurikulum TK
2004
|
120
|
|
Kegiatan Penutup
|
Menyimpulkan dan
memberikan pemantapan terhadap materi yang telah didiskusikan
Memberikan tindak
lanjut membaca buku
(modul) dan tugas untuk kegiatan perkuliahan berikutnya
|
Memperhatikan dan
mencatat hasil kesimpulan
Melakukan atau
melaksanakan tindak lanjut
|
15
|
PENILAIAN
: Portofolio, Laporan, Unjuk kerja
LAMPIRAN
·
Lembar Kegiatan
·
Uraian Materi
·
Instrumen Penilaian dan Pedoman- pedoman/ rubric
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
PROGRAM STUDI : S1 PG PAUD FIP UNESA
MATAKULIAH :
Pengembangan Kurikulum PAUD
KODE
MATAKULIAH : MKB 313
SEMESTER :
Empat
SKS :
3 (Tiga)
PERTEMUAN
KE : 10
MK PRASYARAT :
-
DOSEN PENGAMPU : Devy Intan
Pujiawati, S. Pd,
CAPAIAN PEMBELAJARAN : Mahasiswa
mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
prinsip
pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
kelas.
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN: Mahasiswa mampu
memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
prinsip pengembangan kurikulum, model
kurikulum dan implikasinya dalam
kelas.
INDIKATOR : 1. Memahami
latar belakang lahirnya Kurikulum KTSP
2. Mengetahui konsep standar kompetensi kurikulum KTSP
3. Menganalisis Pedoman Pengembangan Silabus Kurikulum KTSP
TUJUAN
PEMBELAJARAN : 1. Mahasiswa dapat memahami latar belakang lahirnya
Kurikulum KTSP setelah
diberi
study kasus dengan baik
2. Mahasiswa dapat mengetahui konsep standar kompetensi
kurikulum KTSP
diberi study kasus dengan
baik
4.
Mahasiswa dapat menganalisis Pedoman Pengembangan Silabus
Kurikulum
KTSP diberi study kasus
dengan baik
MATERI PELAJARAN :
1.
Latar belakang lahirnya
Kurikulum KTSP
2. Konsep standar kompetensi kurikulum KTSP
3. Pedoman Pengembangan Silabus Kurikulum
METODE DAN BENTUK PEMBELAJARAN : Studi kasus, Pembelajaran berbasis masalah
SUMBER BELAJAR :
PPT Peta konsep
Kurikulum KTSP
PROSEDUR PEMBELAJARAN :
150 menit
PERTEMUAN 10
Tahap
Kegiatan
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu (menit)
|
Pelaksanaan
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
|||
Kegiatan Awal
|
Mengemukakan
langkah- langkah atau prosedur pelaksanaan presentasi kelompok, yang meliputi
sistem penilaian, keaktifan dan masing- masing kelompok bertugas mengomentari
hasil presentasi tersebut.
|
Menjawab
dan menyimak penjelasan yang disampaikan dosen
|
15
|
|
Kegiatan Inti
|
Memperhatikan dan
memberikan masukan atas presentasi hasil diskusi kelompok
|
Mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan
memperhatikan masukan atau saran dari kelompok lain dan dosen tentang latar belakang lahirnya Kurikulum KTSP, konsep standar
kompetensi kurikulum KTSP, serta pedoman Pengembangan Silabus Kurikulum KTSP
|
120
|
|
Kegiatan Penutup
|
Menyimpulkan dan
memberikan pemantapan terhadap materi yang telah didiskusikan
Memberikan tindak
lanjut membaca buku
(modul) dan tugas untuk kegiatan perkuliahan berikutnya
|
Memperhatikan dan
mencatat hasil kesimpulan
Melakukan atau
melaksanakan tindak lanjut
|
15
|
PENILAIAN : Tes Tulis, Unjuk kerja, Laporan
LAMPIRAN
·
Lembar Kegiatan
·
Uraian Materi
·
Instrumen Penilaian dan Pedoman- pedoman/ rubric
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
PROGRAM STUDI : S1 PG PAUD FIP UNESA
MATAKULIAH :
Pengembangan Kurikulum PAUD
KODE
MATAKULIAH : MKB 313
SEMESTER :
Empat
SKS :
3 (Tiga)
PERTEMUAN
KE : 11-12
MK PRASYARAT :
-
DOSEN PENGAMPU : Devy Intan
Pujiawati, S. Pd,
CAPAIAN PEMBELAJARAN : Mahasiswa
mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
prinsip
pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
kelas.
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN: Mahasiswa mampu
memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
prinsip pengembangan kurikulum, model
kurikulum dan implikasinya dalam
kelas.
INDIKATOR : 1. Menjelaskan latar belakang lahirnya kurikulum PAUD non formal
2. Menjelaskan karakteristik kurikulum PAUD non formal
TUJUAN PEMBELAJARAN : 1. Mahasiswa dapat menjelaskan latar belakang lahirnya
kurikulum PAUD non
formal setelah berdiskusi kelompok dengan baik
2. Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik kurikulum PAUD non formal
setelah berdiskusi kelompok
dengan baik
MATERI PELAJARAN :
1.
Latar belakang lahirnya
kurikulum PAUD non formal
2. Karakteristik kurikulum PAUD non formal:
-Tujuan
-Materi
-Strategi
-Evaluasi
METODE DAN BENTUK
PEMBELAJARAN : Ceramah, diskusi kelompok
SUMBER BELAJAR :
Buku
1,3,
4; peta konsep Kurikulum
PAUD non formal Sumber: Menu
Pembelajaran Generik untuk
Anak Usia dini, Artikel- majalah AUD,
Situs-situs
web
PROSEDUR PEMBELAJARAN : 300 menit
PERTEMUAN 11-12
Tahap
Kegiatan
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu (menit)
|
Pelaksanaan
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
|||
Kegiatan Awal
|
Apersepsi
menanyakan apa yang diketahui mahasiswa tentang
|
Menjawab dan menyimak
penjelasan yang disampaikan dosen
|
30
|
|
Kegiatan Inti
|
Menjelaskan Latar
belakang lahirnya kurikulum PAUD non formal
Memperhatikan dan
memberikan masukan atas presentasi hasil diskusi kelompok
|
Menyimak
penjelasan yang disampaikan dosen
Mencari dan membaca artikel- artikel dalam majalah AUD tentang .
Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik kurikulum PAUD non formal dan mendiskusikan bersama kelompoknya dari hasil
fenomena tersebut.
Secara bergantian
setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan
memperhatikan masukan atau saran dari kelompok lain dan dosen.
|
240
|
|
Kegiatan Penutup
|
Menyimpulkan dan
memberikan pemantapan terhadap materi yang telah didiskusikan
Memberikan tindak
lanjut membaca buku
(modul) dan tugas untuk kegiatan perkuliahan berikutnya
|
Memperhatikan dan
mencatat hasil kesimpulan
Melakukan atau
melaksanakan tindak lanjut
|
30
|
PENILAIAN : Tes Tulis dan Laporan
LAMPIRAN
·
Lembar Kegiatan
·
Uraian Materi
·
Instrumen Penilaian dan Pedoman- pedoman/ rubric
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
PROGRAM STUDI : S1 PG PAUD FIP UNESA
MATAKULIAH :
Pengembangan Kurikulum PAUD
KODE
MATAKULIAH : MKB 313
SEMESTER :
Empat
SKS :
3 (Tiga)
PERTEMUAN
KE : 13-14
MK PRASYARAT :
-
DOSEN PENGAMPU : Devy Intan
Pujiawati, S. Pd,
CAPAIAN PEMBELAJARAN : Mahasiswa
mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
prinsip
pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
kelas.
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN: Mahasiswa mampu
memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
prinsip pengembangan kurikulum, model
kurikulum dan implikasinya dalam
kelas.
INDIKATOR :
1.
Mahasiswa mampu menjelaskan
pengertian pembelajaran tematik
setelah
diberi penguatan dengan tepat
2.Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik pembelajaran tematik
setelah berdiskusi dengan tepat
3.Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip
pembelajaran tematik setelah diberi penguatan dengan tepat
4.Mahasiswa mampu menjelaskan kriteria pemilihan tematik
setelah diberi penguatan dengan tepat
5.Mahasiswa mampu menjabarkan tematik ke dalam konsep dan
kegiatan belajar untuk anak setelah diberi penguatan dengan tepat
6.Mahasiswa mampu menjelaskan manfaat pembelajaran tematik
bagi anak dan guru PAUD setelah diberi penguatan dengan tepat
TUJUAN PEMBELAJARAN : 1 Menjelaskan pengertian pembelajaran tematik
2.Menjelaskan karakteristik pembelajaran tematik
3.Menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran tematik
4.Menjelaskan kriteria pemilihan tematik
5.Menjabarkan tematik ke dalam konsep dan kegiatan belajar untuk
anak
6.Menjelaskan manfaat pembelajaran tematik bagi anak dan guru PAUD
MATERI PELAJARAN :
1 Pengertian pembelajaran tematik
2. Karakteristik pembelajaran tematik
3. Prinsip-prinsip pembelajaran tematik
4. Kriteria pemilihan tematik
5. Penjabaran tematik ke dalam konsep dan kegiatan belajar untuk
anak
6. Manfaat pembelajaran tematik bagi anak dan guru.
METODE DAN BENTUK
PEMBELAJARAN : Ceramah, Tanya jawab
SUMBER BELAJAR :
PPT pembelajaran
tematik untuk Anak Usia dini, Buku Sumber 6, 7, 8
PROSEDUR PEMBELAJARAN :
300 menit
PERTEMUAN 13-14
Tahap
Kegiatan
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu (menit)
|
Pelaksanaan
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
|||
Kegiatan Awal
|
Apersepsi
menanyakan apa yang diketahui mahasiswa tentang pembelajaran tematik
|
Menjawab dan menyimak
penjelasan yang disampaikan dosen
|
15
|
|
Kegiatan Inti
|
Menjelaskan pengertian pembelajaran tematik
Menjelaskan karakteristik pembelajaran tematik
Menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran tematik
Menjelaskan kriteria pemilihan tematik
Menjabarkan tematik ke dalam konsep dan kegiatan belajar untuk
anak
Menjelaskan manfaat pembelajaran tematik bagi anak dan guru PAUD
|
Menyimak
penjelasan yang disampaikan dosen
Membaca buku
sumber
|
120
|
|
Kegiatan Penutup
|
Tanya jawab
dengan mahasiswa
Menyimpulkan dan
memberikan pemantapan terhadap materi yang telah didiskusikan
Memberikan tindak
lanjut membaca buku
(modul) dan tugas untuk kegiatan perkuliahan berikutnya
|
Tanya jawab
dengan dosen
Memperhatikan dan
mencatat hasil kesimpulan
Melakukan atau
melaksanakan tindak lanjut
|
15
|
PENILAIAN : Tes Lisan
LAMPIRAN
·
Lembar Kegiatan
·
Uraian Materi
·
Instrumen Penilaian dan Pedoman- pedoman/ rubric
SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
PROGRAM STUDI : S1 PG PAUD FIP UNESA
MATAKULIAH :
Pengembangan Kurikulum PAUD
KODE
MATAKULIAH : MKB 313
SEMESTER :
Empat
SKS :
3 (Tiga)
PERTEMUAN
KE : 15
MK PRASYARAT :
-
DOSEN PENGAMPU : Devy Intan
Pujiawati, S. Pd,
CAPAIAN PEMBELAJARAN : Mahasiswa
mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
prinsip
pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
kelas.
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN: Mahasiswa mampu
memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
prinsip pengembangan kurikulum, model
kurikulum dan implikasinya dalam
kelas.
INDIKATOR : 1. Menampilkan
pengembangan tematik yang telah dibuatnya dalam diskusi
kelompok
2. Menilai pengembangan tema yang disajikan
oleh setiap kelompoknya.
TUJUAN PEMBELAJARAN : 1. Mahasiswa dapat menampilkan pengembangan tema yang telah
dibuatnya
dalam diskusi dengan
baik kelompok
2. Mahasiswa dapat menilai pengembangan tema
yang disajikan oleh setiap
kelompoknya dengan baik
MATERI PELAJARAN :
Pengembangan tema
METODE DAN BENTUK
PEMBELAJARAN : Diskusi
kelompok
SUMBER BELAJAR :
PPT Buku Sumber 3, 5, 7
PROSEDUR PEMBELAJARAN :
150 menit
PERTEMUAN 15
Tahap
Kegiatan
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu (menit)
|
Pelaksanaan
|
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
|||
Kegiatan Awal
|
Mengemukakan
langkah- langkah atau prosedur pelaksanaan presentasi kelompok, yang meliputi
sistem penilaian, keaktifan dan masing- masing kelompok bertugas mengomentari
hasil presentasi tersebut.
|
Menjawab
dan menyimak penjelasan yang disampaikan dosen
|
15
|
|
Kegiatan Inti
|
Memperhatikan dan
memberikan masukan atas presentasi hasil diskusi kelompok
|
Mempresentasikan
hasil diskusinya di depan kelas dan memperhatikan masukan atau saran dari kelompok lain dan
dosen
tentang tematik yang telah dibuatnya dalam diskusi
kelompok
|
120
|
|
Kegiatan Penutup
|
General review
Mengemukakan
langkah- langkah atau prosedur pelaksanaan presentasi kelompok, yang meliputi
sistem penilaian, keaktifan dan masing- masing kelompok bertugas mengomentari
hasil presentasi tersebut.
|
Menjawab
dan menyimak penjelasan yang disampaikan dosen
|
15
|
PENILAIAN : Tes Tulis Lisan
LAMPIRAN
·
Lembar Kegiatan
·
Uraian Materi
·
Instrumen Penilaian dan Pedoman- pedoman/ rubric
Sumber
Kepustakaan ;
1.
Hariwijaya
& Bertiani. 2009. PAUD Melejitkan
Potensi Anak Dengan Pendidikan Sejak Dini. Yogyakarta: Mahadhika
Publishing
2.
Harianti,
Diah. 1994. Program Kegiatan Belajar TK.
Jakarta: Depdikbud
3.
Jamar
Makmur Asmani. 2009. Managemen Strategi
Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press
4.
Nana
Syaodih Sukmadinata. 1997. Pengembangan
Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
5.
Riyanto,
Yatim. 2000. Pengembangan Kurikulum.
Surabaya: Unesa University Press.
6.
_______.
1994. Petunjuk KBM TK Nomor 9, 10.
Jakarta: Depdikbud.
7.
Zais,
Robert S. 1976. Curriculum : Prinsiple
and foundation: Happer and row, Publisher.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar