Jumat, 08 Mei 2015

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN MATAKULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM PAUD



RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Devy Intan Pujiawati, S. Pd 


PROGRAM STUDI                         :  S1 PG PAUD FIP UNESA
MATAKULIAH                               :  Pengembangan Kurikulum PAUD
KODE MATAKULIAH                  :  MKB 313
SEMESTER                                      : Empat
SKS                                                    : 3 (Tiga)
MK PRASYARAT                           : -
DOSEN PENGAMPU                     : Devy Intan Pujiawati, S. Pd,
CAPAIAN PEMBELAJARAN      : Mahasiswa mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan,    
                                                            isi/materi, prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan 
                                                            implikasinya dalam kelas.
PERTEMUAN KE
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN
INDIKATOR
BAHAN KAJIAN
METODE
BENTUK PEMBELAJARAN DAN PENGALAMAN BELAJAR
ALOKASI WAKTU
TEKNIK PENILAIAN
SUMBER BELAJAR
1
Mahasiswa memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi, prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam kelas
·   Memahami pentingnya materi kurikulum PAUD bagi guru

·   Mengidentifikasi tujuan mata kuliah kurikulum PAUD


·   Kurikulum PAUD bagi guru

·   Tujuan mata kuliah kurikulum PAUD


·   Ceramah
·   Diskusi Kelompok
·   Bentuk pembelajaran berupa kuliah
·   Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen tentang pentingnya materi kurikulum PAUD bagi guru

·   Bentuk pembelajaran berupa kuliah
·   Mahasiswa mencari dan membaca artikel- artikel dalam majalah AUD tentang fenomena perkembangan kurikulum PAUD dewasa ini, kemudian  mendiskusikan fenomena perkembangan tersebut.
150 menit
·   Tes tulis
·   Laporan
Media: Power point tentang pentingnya kurikulum PAUD

Artikel-artikel dalam majalah AUD

Sumber: Kostelnik, et al. (2002).
Developmentally
Appropriate
Curriculum
2
Mahasiswa memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi, prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam kelas
Menjelaskan hakekat perkembangan kurikulum:
·   Menjelaskan pengertian kurikulum menurut pendapat para ahli

·   Menjelaskan anatomi kurikulum

·   Menjelaskan landasan-landasan pengembangan kurikulum




Hakekat perkembangan kurikulum:
·   Pengertian kurikulum menurut pendapat para ahli

·   Anatomi kurikulum (tujuan, materi, strategi, evaluasi)

·   Landasan-landasan pengembangan kurikulum (filosofis, sosiologis, psikologis)

·   Pembelajaran Kooperatif
·   Diskusi kelompok
·   Bentuk pembelajaran berupa praktik dan kuliah
·   Mempelajari  hakekat perkembangan kurikulum melalui pembelajaran on-line dengan model NHT (Numbered Head Together).
·   Menugaskan mahasiswa untuk mencari landasan-landasan pengembangan kurikulum (filosofis, sosiologis, psikologis) melalui pembelajaran on-line model NHT (Numbered Head Together).
150 menit
·  Tes tulis
· Portofolio
Media:
·   Peta konsep kurikulum

Sumber: Tim Dosen Kurpem,
Kurikulum dan
Pembelajaran

·   Buku sumber 1, 2, 4
3
Mahasiswa memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi, prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam kelas
·   Menjelaskan pengertian kurikulum pendidikan anak usia dini.

·   Menjelaskan anatomi kurikulum PAUD

·   Menjelaskan karakteristik kurikulum PAUD
·Pengertian kurikulum PAUD
·Anatomi kurikulum (tujuan, materi, strategi, evaluasi)

·Karakteristik kurikulum PAUD:
-Berorientasi perkembangan anak
-Holistic
-Terpadu
-Menggunakan pendekatan tematik
·   Pembelajaran Kooperatif
·   Diskusi kelompok
·   Bentuk pembelajaran berupa praktik dan kuliah
·   Mempelajari  pengertian kurikulum PAUD melalui pembelajaran on-line dengan model NHT (Numbered Head Together).
·   Menugaskan mahasiswa untuk mencari anatomi kurikulum (tujuan, materi, strategi, evaluasi)
dan karakteristik kurikulum PAUD:
-Berorientasi perkembangan anak
-Holistic
-Terpadu
Menggunakan pendekatan tematik melalui pembelajaran on-line model NHT (Numbered Head Together).
150 menit
·   Portofolio
·   Unjuk kerja

Media: Peta konsep kurikulum PAUD

 Sumber:
Developmentally App. Curr.
Early Childhood
Curr.
Practical Guide
to Early
Childhood Curr.

4-5
Mahasiswa memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi, prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam kelas
·   Menjelaskan karakteristik kurikulum TK tahun 1968

·   Menjelaskan karakteristik kurikulum TK tahun 1976





·   Karakteristik kurikulum TK tahun 1968 (landasan, prinsip, tujuan, materi,strategi, evaluasi)

·   Karakteristik kurikulum TK 1976(landasan, prinsip, tujuan, materi,strategi, evaluasi)
· Studi kasus
· Diskusi kelompok
· Bentuk pembelajaran berupa kuliah.
· Berdiskusi dan persentasi membahas masalah-masalah dan karakteristik  kurikulum TK tahun 1968 melalui model problem based learning.
· Bentuk pembelajaran berupa kuliah.
· Berdiskusi dan persentasi membahas masalah-masalah dan karakteristik  kurikulum TK tahun 1976 melalui model problem based learning.
300 menit
·   Portofolio
·   Laporan
·   Unjuk kerja
Media:
·   PPT Peta konsep Kurikulum PAUD 1968, 1976.
6-7
Mahasiswa memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi, prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam kelas
Menjelaskan karakteristik kurikulum TK tahun 1984





Menjelaskan karakteristik kurikulum TK tahun 1994




Menjelaskan keunggulan dan kelemahan kurikulum TK 1968, 1976, 1984, 1994.
Karakteristik kurikulum TK 1984(landasan, prinsip, tujuan, materi, strategi, evaluasi)


Karakteristik kurikulum TK 1994(landasan, prinsip, tujuan, materi, strategi, dan evaluasi)

Keunggulan dan kelemahan kurikulum 1968, 1976, 1984, 1994.
· Studi kasus
· Pembelajaran berbasis masalah
· Diskusi kelompok
· Bentuk pembelajaran berupa kuliah.
· Berdiskusi dan persentasi membahas masalah-masalah dan karakteristik  kurikulum TK tahun 1984 melalui model problem based learning.
· Bentuk pembelajaran berupa kuliah
· Berdiskusi dan persentasi membahas keunggulan serta kelemahan kurikulum TK tahun 1994 melalui model problem based learning.
300 menit
·   Portofolio
·   Laporan
Unjuk kerja
Media:
·   PPT Peta konsep Kurikulum PAUD 1984, 1994.
8
UTS
150 menit
Tes tulis

9
Mahasiswa memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi, prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam kelas
·   Memahami latar belakang lahirnya Kurikulum TK 2004


·   Mengetahui konsep standar kompetensi kurikulum TK 2004


·   Menganalisis Pedoman Pengembangan Silabus Kurikulum TK 2004
·  Latar belakang lahirnya Kurikulum TK 2004

·  Konsep standar kompetensi kurikulum TK 2004

·  Pedoman Pengembangan Silabus Kurikulum TK 2004
· Studi kasus
· Pembelajaran berbasis masalah
· Bentuk pembelajaran berupa kuliah.
·   Berdiskusi membahas hasil observasi tentang latar belakang  lahirnya Kurikulum TK 2004 melalui model problem based learning.
·   Bentuk pembelajaran berupa kuliah.
·   Berdiskusi membahas hasil observasi tentang konsep standar kompetensi kurikulum TK 2004melalui model problem based learning.
·   Bentuk pembelajaran berupa kuliah.
·   Berdiskusi membahas hasil observasi tentang Pedoman Pengembangan Silabus Kurikulum TK 2004 melalui model problem based learning.
150 menit
· Portofolio
· Laporan
Unjuk kerja
Media:
PPT Peta konsep Kurikulum PAUD 2004.
10
Mahasiswa memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi, prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam kelas
·   Memahami latar belakang lahirnya Kurikulum KTSP


·   Mengetahui konsep standar kompetensi kurikulum KTSP


·   Menganalisis Pedoman Pengembangan Silabus Kurikulum KTSP
·Latar belakang lahirnya Kurikulum KTSP

·Konsep standar kompetensi kurikulum KTSP

·Pedoman Pengembangan Silabus Kurikulum KTSP
· Studi kasus
· Pembelajaran berbasis masalah
· Bentuk pembelajaran berupa kuliah.
·   Berdiskusi membahas hasil observasi tentang latar belakang  lahirnya Kurikulum KTSP melalui model problem based learning.
·   Bentuk pembelajaran berupa kuliah.
·   Berdiskusi membahas hasil observasi tentang konsep standar kompetensi kurikulum KTSP melalui model problem based learning.
·   Bentuk pembelajaran berupa kuliah.
·   Berdiskusi membahas hasil observasi tentang Pedoman Pengembangan Silabus Kurikulum KTSP melalui model problem based learning.
150 menit
· Portofolio
· Laporan
Unjuk kerja
Media:
PPT Peta konsep Kurikulum KTSP
11-12
Mahasiswa memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi, prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam kelas
·   Menjelaskan latar belakang lahirnya kurikulum PAUD non formal


·   Menjelaskan karakteristik kurikulum PAUD non formal
·   Latar belakang lahirnya kurikulum PAUD non formal

·   Karakteristik kurikulum PAUD non formal:
-Tujuan
-Materi
-Strategi
-Evaluasi
·   Ceramah
·   Diskusi kelompok
·   Bentuk pembelajaran berupa kuliah
·   Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen Latar belakang lahirnya kurikulum PAUD non formal
·   Bentuk pembelajaran berupa kuliah
·   Mahasiswa mencari artikel AUD dengan cara browsing di internet atau artikel majalah AUD tentang Karakteristik kurikulum PAUD non formal:
-Tujuan
-Materi
-Strategi
- Evaluasi
300 menit
· Tes Tulis
·Unjuk Kerja
·   Buku 1,3, 4  
·   Media: Peta konsep Kurikulum PAUD non formal Sumber: Menu Pembelajaran Generik untuk Anak Usia dini
·   Artikel- majalah AUD
·   Situs-situs web
13-14
Mahasiswa memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi, prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam kelas
·   Menjelaskan pengertian pembelajaran tema


·   Menjelaskan karakteristik pembelajaran tema

·   Menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran tema

·   Menjelaskan kriteria pemilihan tema

·   Menjabarkan tema ke dalam konsep dan kegiatan belajar untuk anak



·   Menjelaskan manfaat pembelajaran tematik bagi anak dan guru
·   Pengertian pembelajaran tema

·   Karakteristik pembelajaran tema

·   Prinsip-prinsip pembelajaran tema

·   Kriteria pemilihan tema

·   Penjabaran tematik ke dalam konsep dan kegiatan belajar untuk anak

·   Manfaat pembelajaran tematik bagi anak dan guru.
· Ceramah
· Tanya jawab
·   Bentuk pembelajaran berupa kuliah
·   Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen tentangpengertian pembelajaran tema
·   Bentuk pembelajaran berupa kuliah
·   Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen tentang Prinsip-prinsip pembelajaran tema
·   Bentuk pembelajaran berupa kuliah
·   Mahasiswa mendengarkan penjelasan tentang dosen Kriteria pemilihan tematik

·   Bentuk pembelajaran berupa kuliah
·   Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen tentangpengertian pembelajaran tematik

·   Bentuk pembelajaran berupa kuliah
·   Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen tentang penjabaran tematik ke dalam konsep dan kegiatan belajar untuk anak

·   Bentuk pembelajaran berupa kuliah
·   Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen tentang manfaat pembelajaran tematik bagi anak dan guru.
300 menit
·   Tes lisan
Media:
·   PPT pembelajaran tematik untuk Anak Usia dini
·   Buku Sumber 6, 7, 8

15
Mahasiswa memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi, prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam kelas
·         Menampilkan pengembangan tematik yang telah dibuatnya dalam diskusi kelompok

·         Menilai pengembangan tema yang disajikan oleh setiap kelompoknya.
Pengembangan tematik
· Diskusi kelompok
· Bentuk pembelajaran berupa kuliah.
· Berdiskusi dan mempresentasikan membahas hasil pengembangan tematik yang telah dibuatnya dalam diskusi kelompok
· Bentuk pembelajaran berupa kuliah.
· Berdiskusi dan menilai pengembangan tematik yang disajikan oleh setiap kelompoknya
150 menit
Tes Lisan
Media:
·   PPT
·   Buku Sumber 3, 5, 7
16
UAS
150 menit
Tes tulis

Evaluasi                      :
  1. Unjuk Kerja    : 10%
  2. Observasi        : 10%
  3. Tes Tulis          : 10%
  4. Portofolio        : 15%
  5. Praktik             : 30%
  6. Ujian Tulis       : 25%

Sumber Kepustakaan           ;
1.      Hariwijaya & Bertiani. 2009. PAUD Melejitkan Potensi Anak Dengan Pendidikan Sejak Dini. Yogyakarta: Mahadhika
Publishing
2.      Harianti, Diah. 1994. Program Kegiatan Belajar TK. Jakarta: Depdikbud
3.      Jamar Makmur Asmani. 2009. Managemen Strategi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press
4.      Nana Syaodih Sukmadinata. 1997. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
5.      Riyanto, Yatim. 2000. Pengembangan Kurikulum. Surabaya: Unesa University Press.
6.      _______. 1994. Petunjuk KBM TK Nomor 9, 10. Jakarta: Depdikbud.
7.      Zais, Robert S. 1976. Curriculum : Prinsiple and foundation: Happer and row, Publisher.

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

PROGRAM STUDI                                                 :  S1 PG PAUD FIP UNESA
MATAKULIAH                                                       :  Pengembangan Kurikulum PAUD
KODE MATAKULIAH                                          : MKB 313
SEMESTER                                                              : Empat
SKS                                                                            : 3 (Tiga)
PERTEMUAN KE                                                                   : 1
MK PRASYARAT                                                   : -
DOSEN PENGAMPU                                             : Devy Intan Pujiawati, S. Pd,
CAPAIAN PEMBELAJARAN                              : Mahasiswa mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
  prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
  kelas.
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN: Mahasiswa mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
  prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
  kelas.
INDIKATOR                                                           : 1. Memahami pentingnya materi kurikulum PAUD bagi guru
   2. Mengidentifikasi tujuan mata kuliah kurikulum PAUD

TUJUAN PEMBELAJARAN                               : 1. Mahasiswa dapat memahami pentingnya materi kurikulum PAUD bagi guru
    dini dengan baik.
   2. Mahasiswa dapat mengidentifikasi tujuan mata kuliah kurikulum PAUD
MATERI PELAJARAN                                         : 1. Kurikulum PAUD bagi guru
  2. Tujuan mata kuliah kurikulum PAUD
METODE DAN BENTUK PEMBELAJARAN  : Ceramah, diskusi kelompok
SUMBER BELAJAR                                              : Power point tentang pentingnya kurikulum PAUD, artikel-artikel dalam
  majalah AUDSumber: Kostelnik, et al. (2002). Developmentally Appropriate
 Curriculum
PROSEDUR PEMBELAJARAN                          : 150 menit
PERTEMUAN 1
Tahap Kegiatan
Rincian Kegiatan
Waktu (menit)
Pelaksanaan
Dosen
Mahasiswa
Kegiatan Awal
Apersepsi  menanyakan apa yang diketahui mahasiswa tentang kurikulum pendidikan anak usia dini

Menjawab pertanyaan dosen dan menyimak penjelasan yang disampaikan dosen
15

Kegiatan Inti
Menjelaskan pentingnya materi kurikulum PAUD bagi guru dini

Menjelaskan tentang mengidentifikasi tujuan mata kuliah kurikulum PAUD

Memperhatikan dan memberikan masukan atas presentasi hasil diskusi kelompok

Menyimak penjelasan yang disampaikan dosen

Mencari dan membaca artikel- artikel dalam majalah AUD tentang fenomena perkembangan kemampuan kognitif AUD dan mendiskusikan bersama kelompoknya dari hasil fenomena tersebut.

Secara bergantian setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan memperhatikan masukan atau saran dari kelompok lain dan dosen.
120

Kegiatan Penutup
Menyimpulkan dan memberikan pemantapan terhadap materi yang telah didiskusikan

Memberikan tindak lanjut membaca buku (modul) dan tugas untuk kegiatan perkuliahan berikutnya
Memperhatikan dan mencatat hasil kesimpulan

Melakukan atau melaksanakan tindak lanjut
15
PENILAIAN                                     : Tes Tulis dan Laporan         
LAMPIRAN
·         Lembar Kegiatan
·         Uraian Materi
·         Instrumen Penilaian dan Pedoman- pedoman/ rubric











SATUAN ACARA PERKULIAHAN

PROGRAM STUDI                                                 :  S1 PG PAUD FIP UNESA
MATAKULIAH                                                       :  Pengembangan Kurikulum PAUD
KODE MATAKULIAH                                          : MKB 313
SEMESTER                                                              : Empat
SKS                                                                            : 3 (Tiga)
PERTEMUAN KE                                                                   : 2
MK PRASYARAT                                                   : -
DOSEN PENGAMPU                                             : Devy Intan Pujiawati, S. Pd,
CAPAIAN PEMBELAJARAN                              : Mahasiswa mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
  prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
  kelas.
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN: Mahasiswa mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
  prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
  kelas.
INDIKATOR                                                            : 1. Menjelaskan hakekat perkembangan kurikulum:
  2. Menjelaskan pengertian kurikulum menurut  
      pendapat para ahli
3.   Menjelaskan anatomi kurikulum
4.   Menjelaskan landasan-landasan pengembangan kurikulum
TUJUAN PEMBELAJARAN                                : 1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian 
                                                                                       kurikulum menurut pendapat para ahli dengan 
                                                                                       baik.
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan anatomi 
      kurikulum dini dengan baik.
3. Mahasiswa mampu menjelaskan landasan- 
    landasan pengembangan kurikulum dini dengan 
   baik.
MATERI PELAJARAN                                         : Hakekat perkembangan kurikulum:
  1. Pengertian kurikulum menurut pendapat para ahli
2.    Anatomi kurikulum (tujuan, materi, strategi, evaluasi)
3.      Landasan-landasan pengembangan kurikulum (filosofis, sosiologis, psikologis)
METODE DAN BENTUK PEMBELAJARAN : Pembelajaran Kooperatif, diskusi kelompok
SUMBER BELAJAR                                              : Peta konsep kurikulum (Sumber: Tim Dosen 
Kurpem, Kurikulum dan Pembelajaran) Buku sumber 1, 2, 4
PROSEDUR PEMBELAJARAN                          : 150 menit
PERTEMUAN 2
Tahap Kegiatan
Rincian Kegiatan
Waktu (menit)
Pelaksanaan
Dosen
Mahasiswa
Kegiatan Awal
Apersepsi  menanyakan apa yang diketahui mahasiswa tentang pengertian kurikulum menurut pendapat para ahli

Menjawab dan menyimak penjelasan yang disampaikan dosen
15

Kegiatan Inti
Menjelaskan pengertian kurikulum menurut pendapat para ahli serta anatomi kurikulum (tujuan, materi, strategi, evaluasi), melalui pembelajaran on-line dengan model NHT dan membagi mahasiswa dalam 6 kelompok


Menugaskan mahasiswa untuk mencari landasan-landasan pengembangan kurikulum (filosofis, sosiologis, psikologis)  melalui pembelajaran on-line model NHT
Menyimak penjelasan yang disampaikan dosen




Mencari karakteristik landasan-landasan pengembangan kurikulum (filosofis, sosiologis, psikologis)melalui pembelajaran on-line model NHT dan mendiskusikan bersama kelompoknya
120

Kegiatan Penutup
Menyimpulkan dan memberikan pemantapan terhadap materi yang telah didiskusikan

Memberikan tindak lanjut membaca buku (modul) dan tugas untuk kegiatan perkuliahan berikutnya
Memperhatikan dan mencatat hasil kesimpulan

Melakukan atau melaksanakan tindak lanjut
15
PENILAIAN                                     : Tes Tulis dan Portofolio
LAMPIRAN
·         Lembar Kegiatan
·         Uraian Materi
·         Instrumen Penilaian dan Pedoman- pedoman/ rubric







SATUAN ACARA PERKULIAHAN

PROGRAM STUDI                                                 :  S1 PG PAUD FIP UNESA
MATAKULIAH                                                       :  Pengembangan Kurikulum PAUD
KODE MATAKULIAH                                          : MKB 313
SEMESTER                                                              : Empat
SKS                                                                            : 3 (Tiga)
PERTEMUAN KE                                                                   : 3
MK PRASYARAT                                                   : -
DOSEN PENGAMPU                                             : Devy Intan Pujiawati, S. Pd,
CAPAIAN PEMBELAJARAN                              : Mahasiswa mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
  prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
  kelas.
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN: Mahasiswa mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
  prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
  kelas.
INDIKATOR                                                                        : 1. Menjelaskan pengertian kurikulum PAUD menurut pendapat para ahli
              2. Menjelaskan anatomi kurikulum PAUD
                                                                                       3.Menjelaskan landasan-landasan pengembangan kurikulum PAUD
-Berorientasi perkembangan anak
-Holistic
-Terpadu
-Menggunakan pendekatan tematik
TUJUAN PEMBELAJARAN                                : 1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian kurikulum PAUD menurut
      pendapat para ahli dengan baik.
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan anatomi kurikulum PAUD dengan baik.
3. Mahasiswa mampu menjelaskan landasan-landasan pengembangan kurikulum   
    PAUD dini dengan baik.
MATERI PELAJARAN                                         : Hakekat perkembangan kurikulum PAUD:
1.       Pengertian kurikulum PAUD
2.       Anatomi kurikulum (tujuan, materi, strategi, evaluasi)
3.       Karakteristik kurikulum PAUD:
·      Berorientasi perkembangan anak
·      Holistic
·      Terpadu
·      Menggunakan pendekatan tematik
METODE DAN BENTUK PEMBELAJARAN  : Pembelajaran Kooperatif, diskusi kelompok
SUMBER BELAJAR                                              : Peta konsep kurikulum PAUD (Sumber: Tim Dosen Kurpem, Kurikulum dan
                                                                                      Pembelajaran) Buku sumber 1, 2, 4
PROSEDUR PEMBELAJARAN                          : 150 menit



PERTEMUAN 3
Tahap Kegiatan
Rincian Kegiatan
Waktu (menit)
Pelaksanaan
Dosen
Mahasiswa
Kegiatan Awal
Apersepsi  menanyakan apa yang diketahui mahasiswa tentang pengertian kurikulum menurut pendapat para ahli

Menjawab dan menyimak penjelasan yang disampaikan dosen
15

Kegiatan Inti
Menjelaskan pengertian kurikulum menurut pendapat para ahli serta anatomi kurikulum (tujuan, materi, strategi, evaluasi), melalui pembelajaran on-line dengan model NHT dan membagi mahasiswa dalam 6 kelompok


Menugaskan mahasiswa untuk mencari landasan-landasan pengembangan kurikulum Karakteristik kurikulum PAUD:
·   Berorientasi perkembangan anak
·   Holistic
·   Terpadu
Menggunakan pendekatan tematik melalui pembelajaran on-line model NHT
Menyimak penjelasan yang disampaikan dosen




Mencari karakteristik landasan-landasan pengembangan kurikulum (filosofis, sosiologis, psikologis)melalui pembelajaran on-line model NHT dan mendiskusikan bersama kelompoknya
120

Kegiatan Penutup
Menyimpulkan dan memberikan pemantapan terhadap materi yang telah didiskusikan

Memberikan tindak lanjut membaca buku (modul) dan tugas untuk kegiatan perkuliahan berikutnya
Memperhatikan dan mencatat hasil kesimpulan

Melakukan atau melaksanakan tindak lanjut
15
PENILAIAN                                     : Tes Tulis dan Portofolio
LAMPIRAN
·         Lembar Kegiatan
·         Uraian Materi
·         Instrumen Penilaian dan Pedoman- pedoman/ rubric

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

PROGRAM STUDI                                                 :  S1 PG PAUD FIP UNESA
MATAKULIAH                                                       :  Pengembangan Kurikulum PAUD
KODE MATAKULIAH                                          : MKB 313
SEMESTER                                                              : Empat
SKS                                                                            : 3 (Tiga)
PERTEMUAN KE                                                                   : 4-5
MK PRASYARAT                                                   : -
DOSEN PENGAMPU                                             : Devy Intan Pujiawati, S. Pd,
CAPAIAN PEMBELAJARAN                              : Mahasiswa mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
  prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
  kelas.
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN: Mahasiswa mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
  prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
  kelas.
INDIKATOR                                                           : 1. Menjelaskan karakteristik kurikulum TK tahun 1968
 2. Menjelaskan karakteristik kurikulum TK tahun 1976
TUJUAN PEMBELAJARAN                               : 1 Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik kurikulum TK tahun 1968
                 setelah berdiskusi kelompok dengan baik.
                                                                                     2. Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik kurikulum TK tahun 1976
     setelah berdiskusi kelompok dengan baik
MATERI PELAJARAN                                       : 1. Karakteristik kurikulum TK tahun 1968 (landasan, prinsip, tujuan,
    materi,strategi, evaluasi)
 2. Karakteristik kurikulum TK 1976(landasan, prinsip, tujuan, materi,strategi,
     evaluasi)  
METODE DAN BENTUK PEMBELAJARAN  : Studi kasus, diskusi kelompok
SUMBER BELAJAR                                              : PPT Peta konsep Kurikulum PAUD 1968, 1976.
PROSEDUR  PEMBELAJARAN                         : 300 menit
PERTEMUAN 4-5
Tahap Kegiatan
Rincian Kegiatan
Waktu (menit)
Pelaksanaan
Dosen
Mahasiswa
Kegiatan Awal
Mengemukakan langkah- langkah atau prosedur pelaksanaan presentasi kelompok, yang meliputi sistem penilaian, keaktifan dan masing- masing kelompok bertugas mengomentari hasil presentasi tersebut.

Menjawab dan menyimak penjelasan yang disampaikan dosen
30

Kegiatan Inti
Memperhatikan dan memberikan masukan atas presentasi hasil diskusi kelompok

Mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan memperhatikan masukan atau saran dari kelompok lain dan dosen tentang karakteristik kurikulum TK tahun 1968 (landasan, prinsip, tujuan, materi,strategi, evaluasi dan karakteristik kurikulum TK 1976(landasan, prinsip, tujuan, materi,strategi, evaluasi)  

240

Kegiatan Penutup
Menyimpulkan dan memberikan pemantapan terhadap materi yang telah didiskusikan

Memberikan tindak lanjut membaca buku (modul) dan tugas untuk kegiatan perkuliahan berikutnya
Memperhatikan dan mencatat hasil kesimpulan

Melakukan atau melaksanakan tindak lanjut
30
PENILAIAN                                     : Portofolio, Unjuk kerja        
LAMPIRAN
·         Lembar Kegiatan
·         Uraian Materi
·         Instrumen Penilaian dan Pedoman- pedoman/ rubric


SATUAN ACARA PERKULIAHAN

PROGRAM STUDI                                                 :  S1 PG PAUD FIP UNESA
MATAKULIAH                                                       :  Pengembangan Kurikulum PAUD
KODE MATAKULIAH                                          : MKB 313
SEMESTER                                                              : Empat
SKS                                                                            : 3 (Tiga)
PERTEMUAN KE                                                                   : 6-7
MK PRASYARAT                                                   : -
DOSEN PENGAMPU                                             : Devy Intan Pujiawati, S. Pd,
CAPAIAN PEMBELAJARAN                              : Mahasiswa mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
  prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
  kelas.
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN: Mahasiswa mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
  prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
  kelas.
INDIKATOR                                                                        : 1. Menjelaskan karakteristik kurikulum TK tahun 1984
  2. Menjelaskan karakteristik kurikulum TK tahun 1994
TUJUAN PEMBELAJARAN                                : 1. Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik kurikulum TK tahun 1984 setelah
      bekerja kelompok dengan baik
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik kurikulum TK tahun 1994 setelah
      bekerja kelompok dengan baik
MATERI PELAJARAN                                         : 1. Karakteristik kurikulum TK 1984(landasan, prinsip, tujuan, materi, strategi,
      evaluasi)
                                                                                     2. Karakteristik kurikulum TK 1994(landasan, prinsip, tujuan, materi, strategi,
      evaluasi)
METODE DAN BENTUK PEMBELAJARAN  : Studi kasus, diskusi kelompok, pembelajaran berbasis masalah
SUMBER BELAJAR                                              : PPT Peta konsep Kurikulum PAUD 1968, 1976.
PROSEDUR PEMBELAJARAN                          : 300 menit


PERTEMUAN 6-7
Tahap Kegiatan
Rincian Kegiatan
Waktu (menit)
Pelaksanaan
Dosen
Mahasiswa
Kegiatan Awal
Mengemukakan langkah- langkah atau prosedur pelaksanaan presentasi kelompok, yang meliputi sistem penilaian, keaktifan dan masing- masing kelompok bertugas mengomentari hasil presentasi tersebut.

Menjawab dan menyimak penjelasan yang disampaikan dosen
30

Kegiatan Inti
Memperhatikan dan memberikan masukan atas presentasi hasil diskusi kelompok

Mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan memperhatikan masukan atau saran dari kelompok lain dan dosen tentang karakteristik kurikulum TK tahun 1968 (landasan, prinsip, tujuan, materi,strategi, evaluasi dan karakteristik kurikulum TK 1976(landasan, prinsip, tujuan, materi,strategi, evaluasi)  

240

Kegiatan Penutup
Menyimpulkan dan memberikan pemantapan terhadap materi yang telah didiskusikan

Memberikan tindak lanjut membaca buku (modul) dan tugas untuk kegiatan perkuliahan berikutnya
Memperhatikan dan mencatat hasil kesimpulan

Melakukan atau melaksanakan tindak lanjut
30
PENILAIAN                                     : Portofolio, Laporan
Unjuk kerja    
LAMPIRAN
·         Lembar Kegiatan
·         Uraian Materi
·         Instrumen Penilaian dan Pedoman- pedoman/ rubric

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

PROGRAM STUDI                                                 :  S1 PG PAUD FIP UNESA
MATAKULIAH                                                       :  Pengembangan Kurikulum PAUD
KODE MATAKULIAH                                          : MKB 313
SEMESTER                                                              : Empat
SKS                                                                            : 3 (Tiga)
PERTEMUAN KE                                                                   : 9
MK PRASYARAT                                                   : -
DOSEN PENGAMPU                                             : Devy Intan Pujiawati, S. Pd,
CAPAIAN PEMBELAJARAN                              : Mahasiswa mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
  prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
  kelas.
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN: Mahasiswa mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
  prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
  kelas.
INDIKATOR                                                           : 1.  Memahami latar belakang lahirnya Kurikulum TK 2004
2.      Mengetahui konsep standar kompetensi kurikulum TK 2004
3.      Menganalisis Pedoman Pengembangan Silabus Kurikulum TK 2004
TUJUAN PEMBELAJARAN                               : 1. Mahasiswa mampu memahami latar belakang lahirnya Kurikulum TK
2004 setelah pemberian study kasus dengan baik
2.   Mahasiswa mampu mengetahui konsep standar kompetensi kurikulum TK 2004 setelah pemberian study kasus dengan baik
3.      Mahasiswa mampu menganalisis Pedoman Pengembangan Silabus Kurikulum TK 2004 setelah pemberian study kasus dengan baik
MATERI PELAJARAN                                         : 1 Latar belakang lahirnya Kurikulum TK 2004
2. Konsep standar kompetensi kurikulum TK 2004
3. Pedoman Pengembangan Silabus Kurikulum TK 2004
METODE DAN BENTUK PEMBELAJARAN  : Studi kasus, pembelajaran berbasis masalah
SUMBER BELAJAR                                              : PPT Peta konsep Kurikulum PAUD 2004.
PROSEDUR PEMBELAJARAN                          : 150 menit
PERTEMUAN 9
Tahap Kegiatan
Rincian Kegiatan
Waktu (menit)
Pelaksanaan
Dosen
Mahasiswa
Kegiatan Awal
Mengemukakan langkah- langkah atau prosedur pelaksanaan presentasi kelompok, yang meliputi sistem penilaian, keaktifan dan masing- masing kelompok bertugas mengomentari hasil presentasi tersebut.

Menjawab dan menyimak penjelasan yang disampaikan dosen
15

Kegiatan Inti
Memperhatikan dan memberikan masukan atas presentasi hasil diskusi kelompok

Mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan memperhatikan masukan atau saran dari kelompok lain dan dosen tentang latar belakang lahirnya Kurikulum TK 2004, konsep standar kompetensi kurikulum TK 2004, serta pedoman Pengembangan Silabus Kurikulum TK 2004

120

Kegiatan Penutup
Menyimpulkan dan memberikan pemantapan terhadap materi yang telah didiskusikan

Memberikan tindak lanjut membaca buku (modul) dan tugas untuk kegiatan perkuliahan berikutnya
Memperhatikan dan mencatat hasil kesimpulan

Melakukan atau melaksanakan tindak lanjut
15
PENILAIAN                                     : Portofolio, Laporan, Unjuk kerja     
LAMPIRAN
·         Lembar Kegiatan
·         Uraian Materi
·         Instrumen Penilaian dan Pedoman- pedoman/ rubric

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

PROGRAM STUDI                                                 :  S1 PG PAUD FIP UNESA
MATAKULIAH                                                       :  Pengembangan Kurikulum PAUD
KODE MATAKULIAH                                          : MKB 313
SEMESTER                                                              : Empat
SKS                                                                            : 3 (Tiga)
PERTEMUAN KE                                                                   : 10
MK PRASYARAT                                                   : -
DOSEN PENGAMPU                                             : Devy Intan Pujiawati, S. Pd,
CAPAIAN PEMBELAJARAN                              : Mahasiswa mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
  prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
  kelas.
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN: Mahasiswa mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
  prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
  kelas.
INDIKATOR                                                                        : 1. Memahami latar belakang lahirnya Kurikulum KTSP
2. Mengetahui konsep standar kompetensi kurikulum KTSP
3. Menganalisis Pedoman Pengembangan Silabus Kurikulum KTSP
TUJUAN PEMBELAJARAN                                : 1. Mahasiswa dapat memahami latar belakang lahirnya Kurikulum KTSP setelah
   diberi study kasus dengan baik
2. Mahasiswa dapat mengetahui konsep standar kompetensi kurikulum KTSP
   diberi study kasus dengan baik
4.      Mahasiswa dapat menganalisis Pedoman Pengembangan Silabus Kurikulum
KTSP diberi study kasus dengan baik
MATERI PELAJARAN                                       : 1. Latar belakang lahirnya Kurikulum KTSP
2. Konsep standar kompetensi kurikulum KTSP
3. Pedoman Pengembangan Silabus Kurikulum
METODE DAN BENTUK PEMBELAJARAN  : Studi kasus, Pembelajaran berbasis masalah
SUMBER BELAJAR                                              : PPT Peta konsep Kurikulum KTSP
PROSEDUR PEMBELAJARAN                          : 150 menit



PERTEMUAN 10
Tahap Kegiatan
Rincian Kegiatan
Waktu (menit)
Pelaksanaan
Dosen
Mahasiswa
Kegiatan Awal
Mengemukakan langkah- langkah atau prosedur pelaksanaan presentasi kelompok, yang meliputi sistem penilaian, keaktifan dan masing- masing kelompok bertugas mengomentari hasil presentasi tersebut.

Menjawab dan menyimak penjelasan yang disampaikan dosen
15

Kegiatan Inti
Memperhatikan dan memberikan masukan atas presentasi hasil diskusi kelompok

Mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan memperhatikan masukan atau saran dari kelompok lain dan dosen tentang latar belakang lahirnya Kurikulum KTSP, konsep standar kompetensi kurikulum KTSP, serta pedoman Pengembangan Silabus Kurikulum KTSP

120

Kegiatan Penutup
Menyimpulkan dan memberikan pemantapan terhadap materi yang telah didiskusikan

Memberikan tindak lanjut membaca buku (modul) dan tugas untuk kegiatan perkuliahan berikutnya
Memperhatikan dan mencatat hasil kesimpulan

Melakukan atau melaksanakan tindak lanjut
15
PENILAIAN                                     : Tes Tulis, Unjuk kerja, Laporan
LAMPIRAN
·         Lembar Kegiatan
·         Uraian Materi
·         Instrumen Penilaian dan Pedoman- pedoman/ rubric



SATUAN ACARA PERKULIAHAN

PROGRAM STUDI                                                 :  S1 PG PAUD FIP UNESA
MATAKULIAH                                                       :  Pengembangan Kurikulum PAUD
KODE MATAKULIAH                                          : MKB 313
SEMESTER                                                              : Empat
SKS                                                                            : 3 (Tiga)
PERTEMUAN KE                                                                   : 11-12
MK PRASYARAT                                                   : -
DOSEN PENGAMPU                                             : Devy Intan Pujiawati, S. Pd,
CAPAIAN PEMBELAJARAN                              : Mahasiswa mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
  prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
  kelas.
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN: Mahasiswa mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
  prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
  kelas.
INDIKATOR                                                                        : 1. Menjelaskan latar belakang lahirnya kurikulum PAUD non formal
              2. Menjelaskan karakteristik kurikulum PAUD non formal

TUJUAN PEMBELAJARAN                                : 1. Mahasiswa dapat menjelaskan latar belakang lahirnya kurikulum PAUD non
      formal setelah berdiskusi kelompok dengan baik
              2. Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik kurikulum PAUD non formal
                  setelah berdiskusi kelompok dengan baik
MATERI PELAJARAN                                         : 1. Latar belakang lahirnya kurikulum PAUD non formal
2. Karakteristik kurikulum PAUD non formal:
-Tujuan
-Materi
-Strategi
-Evaluasi
METODE DAN BENTUK PEMBELAJARAN  : Ceramah, diskusi kelompok
SUMBER BELAJAR                                              : Buku 1,3, 4; peta konsep Kurikulum PAUD non formal Sumber: Menu
  Pembelajaran Generik untuk Anak Usia dini, Artikel- majalah AUD, Situs-situs
  web
PROSEDUR PEMBELAJARAN                          : 300 menit



PERTEMUAN 11-12
Tahap Kegiatan
Rincian Kegiatan
Waktu (menit)
Pelaksanaan
Dosen
Mahasiswa
Kegiatan Awal
Apersepsi  menanyakan apa yang diketahui mahasiswa tentang
Menjawab dan menyimak penjelasan yang disampaikan dosen
30

Kegiatan Inti
Menjelaskan Latar belakang lahirnya kurikulum PAUD non formal

Memperhatikan dan memberikan masukan atas presentasi hasil diskusi kelompok

Menyimak penjelasan yang disampaikan dosen

Mencari dan membaca artikel- artikel dalam majalah AUD tentang . Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik kurikulum PAUD non formal dan mendiskusikan bersama kelompoknya dari hasil fenomena tersebut.

Secara bergantian setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan memperhatikan masukan atau saran dari kelompok lain dan dosen.
240

Kegiatan Penutup
Menyimpulkan dan memberikan pemantapan terhadap materi yang telah didiskusikan

Memberikan tindak lanjut membaca buku (modul) dan tugas untuk kegiatan perkuliahan berikutnya
Memperhatikan dan mencatat hasil kesimpulan

Melakukan atau melaksanakan tindak lanjut
30
PENILAIAN                                     : Tes Tulis dan Laporan         
LAMPIRAN
·         Lembar Kegiatan
·         Uraian Materi
·         Instrumen Penilaian dan Pedoman- pedoman/ rubric



SATUAN ACARA PERKULIAHAN

PROGRAM STUDI                                                 :  S1 PG PAUD FIP UNESA
MATAKULIAH                                                       :  Pengembangan Kurikulum PAUD
KODE MATAKULIAH                                          : MKB 313
SEMESTER                                                              : Empat
SKS                                                                            : 3 (Tiga)
PERTEMUAN KE                                                                   : 13-14
MK PRASYARAT                                                   : -
DOSEN PENGAMPU                                             : Devy Intan Pujiawati, S. Pd,
CAPAIAN PEMBELAJARAN                              : Mahasiswa mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
  prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
  kelas.
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN: Mahasiswa mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
  prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
  kelas.
INDIKATOR                                                              : 1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian pembelajaran tematik
   setelah diberi penguatan dengan tepat
2.Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik pembelajaran tematik setelah berdiskusi dengan tepat
3.Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran tematik setelah diberi penguatan dengan tepat
4.Mahasiswa mampu menjelaskan kriteria pemilihan tematik setelah diberi penguatan dengan tepat
5.Mahasiswa mampu menjabarkan tematik ke dalam konsep dan kegiatan belajar untuk anak setelah diberi penguatan dengan tepat
6.Mahasiswa mampu menjelaskan manfaat pembelajaran tematik bagi anak dan guru PAUD setelah diberi penguatan dengan tepat
TUJUAN PEMBELAJARAN                                : 1 Menjelaskan pengertian pembelajaran tematik
2.Menjelaskan karakteristik pembelajaran tematik
3.Menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran tematik
4.Menjelaskan kriteria pemilihan tematik
5.Menjabarkan tematik ke dalam konsep dan kegiatan belajar untuk anak
6.Menjelaskan manfaat pembelajaran tematik bagi anak dan guru PAUD
MATERI PELAJARAN                                         : 1 Pengertian pembelajaran tematik
2. Karakteristik pembelajaran tematik
3. Prinsip-prinsip pembelajaran tematik
4. Kriteria pemilihan tematik
5. Penjabaran tematik ke dalam konsep dan kegiatan belajar untuk anak
6. Manfaat pembelajaran tematik bagi anak dan guru.
METODE DAN BENTUK PEMBELAJARAN  : Ceramah, Tanya jawab
SUMBER BELAJAR                                              : PPT pembelajaran tematik untuk Anak Usia dini, Buku Sumber 6, 7, 8
PROSEDUR PEMBELAJARAN                          : 300 menit
PERTEMUAN 13-14
Tahap Kegiatan
Rincian Kegiatan
Waktu (menit)
Pelaksanaan
Dosen
Mahasiswa
Kegiatan Awal
Apersepsi  menanyakan apa yang diketahui mahasiswa tentang pembelajaran tematik
Menjawab dan menyimak penjelasan yang disampaikan dosen
15

Kegiatan Inti
Menjelaskan pengertian pembelajaran tematik
Menjelaskan karakteristik pembelajaran tematik
Menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran tematik
Menjelaskan kriteria pemilihan tematik
Menjabarkan tematik ke dalam konsep dan kegiatan belajar untuk anak
Menjelaskan manfaat pembelajaran tematik bagi anak dan guru PAUD
Menyimak penjelasan yang disampaikan dosen

Membaca buku sumber


120

Kegiatan Penutup
Tanya jawab dengan mahasiswa

Menyimpulkan dan memberikan pemantapan terhadap materi yang telah didiskusikan

Memberikan tindak lanjut membaca buku (modul) dan tugas untuk kegiatan perkuliahan berikutnya
Tanya jawab dengan dosen

Memperhatikan dan mencatat hasil kesimpulan

Melakukan atau melaksanakan tindak lanjut
15
PENILAIAN                                     : Tes Lisan      
LAMPIRAN
·         Lembar Kegiatan
·         Uraian Materi
·         Instrumen Penilaian dan Pedoman- pedoman/ rubric




SATUAN ACARA PERKULIAHAN

PROGRAM STUDI                                                 :  S1 PG PAUD FIP UNESA
MATAKULIAH                                                       :  Pengembangan Kurikulum PAUD
KODE MATAKULIAH                                          : MKB 313
SEMESTER                                                              : Empat
SKS                                                                            : 3 (Tiga)
PERTEMUAN KE                                                                   : 15
MK PRASYARAT                                                   : -
DOSEN PENGAMPU                                             : Devy Intan Pujiawati, S. Pd,
CAPAIAN PEMBELAJARAN                              : Mahasiswa mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
  prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
  kelas.
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN: Mahasiswa mampu memahami konsep kurikulum PAUD, tujuan, isi/materi,
  prinsip pengembangan kurikulum, model kurikulum dan implikasinya dalam
  kelas.
INDIKATOR                                                                        : 1. Menampilkan pengembangan tematik yang telah dibuatnya dalam diskusi
      kelompok

   2. Menilai pengembangan tema yang disajikan oleh setiap kelompoknya.

TUJUAN PEMBELAJARAN                                : 1. Mahasiswa dapat menampilkan pengembangan tema yang telah dibuatnya
      dalam diskusi dengan baik kelompok
   2. Mahasiswa dapat menilai pengembangan tema yang disajikan oleh setiap

       kelompoknya dengan baik
MATERI PELAJARAN                                         : Pengembangan tema
METODE DAN BENTUK PEMBELAJARAN  : Diskusi kelompok
SUMBER BELAJAR                                              : PPT Buku Sumber 3, 5, 7
PROSEDUR PEMBELAJARAN                          : 150 menit
PERTEMUAN 15
Tahap Kegiatan
Rincian Kegiatan
Waktu (menit)
Pelaksanaan
Dosen
Mahasiswa
Kegiatan Awal
Mengemukakan langkah- langkah atau prosedur pelaksanaan presentasi kelompok, yang meliputi sistem penilaian, keaktifan dan masing- masing kelompok bertugas mengomentari hasil presentasi tersebut.

Menjawab dan menyimak penjelasan yang disampaikan dosen
15

Kegiatan Inti
Memperhatikan dan memberikan masukan atas presentasi hasil diskusi kelompok

Mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan memperhatikan masukan atau saran dari kelompok lain dan dosen tentang tematik yang telah dibuatnya dalam diskusi kelompok

120

Kegiatan Penutup
General review

Mengemukakan langkah- langkah atau prosedur pelaksanaan presentasi kelompok, yang meliputi sistem penilaian, keaktifan dan masing- masing kelompok bertugas mengomentari hasil presentasi tersebut.

Menjawab dan menyimak penjelasan yang disampaikan dosen
15
PENILAIAN                                     : Tes Tulis Lisan         
LAMPIRAN
·         Lembar Kegiatan
·         Uraian Materi
·         Instrumen Penilaian dan Pedoman- pedoman/ rubric
Sumber Kepustakaan           ;
1.      Hariwijaya & Bertiani. 2009. PAUD Melejitkan Potensi Anak Dengan Pendidikan Sejak Dini. Yogyakarta: Mahadhika
Publishing
2.      Harianti, Diah. 1994. Program Kegiatan Belajar TK. Jakarta: Depdikbud
3.      Jamar Makmur Asmani. 2009. Managemen Strategi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press
4.      Nana Syaodih Sukmadinata. 1997. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
5.      Riyanto, Yatim. 2000. Pengembangan Kurikulum. Surabaya: Unesa University Press.
6.      _______. 1994. Petunjuk KBM TK Nomor 9, 10. Jakarta: Depdikbud.
7.      Zais, Robert S. 1976. Curriculum : Prinsiple and foundation: Happer and row, Publisher.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar