RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: TK TERATAI
Bidang
pengembangan : KOGNITIF
Kelompok
:
A
Alokasi
waktu : 20 Menit
A. Standar kompetensi
Sains sederhana
B.
Kompetensi dasar
Mengkreasikan sesuatu sesuai dengan idenya
sendiri.
C.
HASIL BELAJAR
Anak
dapat mencoba dan membedakan
bermacam-macam suara
D.
INDIKATOR
Mencoba dan membedakan bermacam-macam suara
1. KOGNITIF
a.
Proses : - Menyebutkan
macam-macam suara binatang
- Menebak suara binatang dari rekaman macam-macam suara binatang
- Menirukan
macam-macam suara binatang
2. PSIKOMOTOR
a.
Melatih koordinasi pendengaran
dan suara untuk menirukan macam-macam suara binatang
3. AFEKTIF
a. Keberanian anak untuk tampil di depan kelas menirukan macam-macam suara
binatang
E. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
KOGNITIF
a. PROSES =
Dengan mendengarkan suara hewan dari hp ,anak mengetahui
suara-suara
hewan..
2.
PSIKOMOTOR
a.
Melalui pelatihan koordinasi pendengaran
dan suara anak untuk
menirukan macam-macam suara binatang.
3. AFEKTIF
a.
Anak mampu
menjawab pertanyaan tentang informasi macam-macam suara binatang
b.
Dengan melatih
keberanian anak untuk tampil di depan kelas menirukan macam-macam suara
binatang
4.
MATERI
PEMBELAJARAN
c. Menyebutkan
macam-macam suara binatang
d. Menebak
suara binatang dari rekaman macam-macam suara binatang
e. Menirukan
macam-macam suara binatang
f.
Melatih koordinasi
pendengaran dan suara untuk menirukan macam-macam suara binatang
g.
Mampu menjawab
pertanyaan tentang informasi macam-macam suara binatang
h.
Melatih keberanian anak
untuk tampil di depan kelas menirukan macam-macam suara binatang
G. MODEL PEMBELAJARAN
a. Model
pembelajaran kelompok
H.
LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN
- Pendahuluan
(5 menit)
Kegiatan
|
Penilaian oleh pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Sebelum
masuk ke kelas, anak berbaris di halaman dan masuk kelas dengan bergiliran
2. Ketika
dalam kelas, anak dipimpin untuk berdoa bersama sebelum memulai kegiatan.
Setelah itu anak dibiasakan untuk mengucapkan salam.
3. Untuk
menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, guru memimpin untuk bernyanyi“ Anak
ayam” bersama.
|
|
|
|
|
- Kegiatan inti
Kegiatan
|
Penilaian oleh pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Sebelum
memulai kegiatan, guru bercakap-cakap tentang “siapa yang punya binatang
peliharaan dirumah?”, “siapa yang dirumah mempunyai kucing?”, “bagaimana ya
bunyi kucing?” dll.
2. Guru
memberikan suatu permainan yang berhubungan dengan suara. Permainnya yaitu
menebak macam-macam suara binatang (kucing, burung, ayam, anjing)
3. Sebelumnya,
guru menjelaskan tentang permainan dan kesepakatan yang akan dilakukan.
4. Kemudian
guru membagi anak menjadi dua kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari
tiga orang.
5. Dua
kelompok yang sudah dibagi, diminta berjajar menjadi 2 banjar.
6. Setelah
itu guru memanggil anak yang paling depan dari masing-masing kelompok untuk maju
dan mendengarkan suara apa yang ia dengarkan melalui heatset.
7. Ketika
anak yang paling depan berhasil menjawab dengan benar, kemudian anak “Tos”
dengan teman yang ada di belakangnya dan lari kebarisan yang paling belakang.
8. Kemudian
begitu seterusnya sampai semua anak mendapatkan giliran.
9. Anak
menirukan macam-macam suara binatang
|
|
|
|
|
- Penutup (5 menit)
Kegiatan
|
Penilaian oleh pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Tanya
jawab tentang kegiatan yang telah dilaksanakan, yaitu bertanya jawab tentang
berbagai suara hewan.
2. Bernyanyi
bersama lagu “Hely”
3. Beres-beres
sebelum pulang sambil bernyanyi bersama lagu “Beres-beres”
4. Guru
memimpin doa sebelum pulang, kemudian mengucapkan salam
5. Anak-anak
pulang dengan bersalaman dengan guru secara bergiliran
|
|
|
|
|
KriteriaPenilaian Proses :









= Anak mampu mengidentifikasi dua macam suara hewan setelah diperdengarkan suara hewan,dengan benar sesuai suara yang didengarkan.

Kriteria Penilaian kinerja/psikomotor









= Anak
dapat mendengarkan dan menirukan 2 macam suara binatang.





= Anak
dapat menjawab 4 pertanyaan macam-macam suara



= Anak dapat menjawab 3 pertanyaan
macam-macam suara binatang


= Anak dapat menjawab 2 pertanyaan
macam-macam suara binatang

= Anak dapat menjawab 1 pertanyaan macam-macam suara binatang
dan berani maju menirukan suara binatang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar